25 Manfaat Jus Sayur Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Jumat, 3 Januari 2020 16:39
25 Manfaat Jus Sayur Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Pasti kalian sudah pernah mendengar atau mengetahui sayur pare. Siapa sangka di balik rasanya yang pahit, pare mempunyai segudang manfaat? Berikut manfaat pare yang dapat kamu ketahui.

Kita dapat menemukan pare di mana saja. di pasar, atau di supermarket. Banyak orang tidak menyukainya karena rasanya yang pahit. Tetapi tidak sedikit juga yang menyukai pare ini.

Tapi orang-orang sering kali menggunakan pare ini untuk kepentingan kesehatan atau kecantikan karena kandungan khasiatnya yang memang banyak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat pare yang dapat kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Pare

parepare © thehealthy.com

Sayur pare ini adalah sumber nutrisi baik seperti serat, vitamin C, folt dan vitamin A. Dari kandungan tersebut, tentu banyak manfaat pare yang didapatkan. Berikut adalah manfaat sayur pare.

1. Mengobati masalah kulit

Senyawa antifungi dan antibakteri yang ada dalam pare melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.

2. Mengendalikan gula darah

Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Manfaat pare bisa membantu menurunkan gula darah. Konsumsi pare dapat membantu sel-sel dalam tubuh mendapatkan glukosa sebagai makanan. Manfaat pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat pare mengandung antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

4. Melawan sel kanker

Manfaat pare lainnya adalah melawan sel-sel kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa pare memiliki sifat antikanker dan berpotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.

5. Baik untuk pencernaan

Masalah perut dan pencernaan bisa diatasi dengan konsumsi pare secara teratur. Rasa pahit pare ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan, meredakan sembelit dan masalah pencernaan lain.

6. Baik untuk sistem pernapasan

Kandungan nutrisi baik dalam pare juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya menjaga kesehatan pernapasan. Pare bermanfaat untuk memperlancar kinerja sistem pencernaan, meredakan batuk, dan baik dikonsumsi oleh penderita asma.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Pare

jus parejus pare © http://everydaycookingwithmira.com/

Dalam mengkonsumsi pare, untuk mempermudah dalam penyerapan nutrisinya dapat dilakukan dengan membuat jus pare. Berikut adalah manfaat jus pare yang harus kamu ketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Pare mempunyai kandungan rendah kalori tetapi tinggi serat. Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak pare juga dapat membantu mengurangi lemak perut dan berat badan.

2. Menjadikan kulit sehat dan cantik

Manfaat pare dari vitamin-vitamin yang terkandung di dalam pare dapat membantu kulit dalam pemulihan dari penyakit seperti eczema dan psoriasis. Manfaat pare selain itu pare juga memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, menjadikan kulit bebas toksin. Inilah kunci kulit yang sehat bercahaya dan bebas jerawat.

3. Meningkatkan energi

Tubuh membutuhkan nutrisi khusus untuk meningkatkan energi. Selain itu, mengonsumsi pare secara teratur juga mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah tidur.

4. Masalah rambut rontok

Konsumsi jus pare secara teratur dapat berdampak baik untuk kesehatan rambut. Salah satu manfaat pare untuk kesehatan rambut adalah mampu mengatasi masalah rambut rontok.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehatilustrasi wanita sehat © hackensackmeridianhealth.org

Banyak manfaat pare untuk kesehatan, karena pare dengan kandungan yang ada dipercaya untuk mengobati beberapa macam penyakit. Apa saja kah itu? Berikut adalah manfaat pare untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pare mengandung flavonoid seperti alpa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata. Sehingga, manfaat pare lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

2. Meningkatkan kesehatan tulang dan penyembuhan luka

Manfaat pare juga mengandung vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Vitamin K juga membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, dengan demikian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko mengalami patah tulang.

3. Membantu mengobati HIV dan Herpes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirus, dapat membantu mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

4. Meredakan asma

Manfaat pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam. Pare memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

5. Menjaga kesehatan hati

Selain sistem pencernaan, pare juga memiliki manfaat sebagai detoksifikan atau pembersih hati. Pare mampu meningkatkan produksi enzim dalam hari dan mengurangi penyerapan alkohol yang merugikan hati.

6. Membersihkan darah

Kandungan antioksidan dalam pare berperan penting dalam menjaga aliran darah agar tetap bersih. Dengan aliran darah yang lancar dan bersih, kesehatan tubuh akan terjaga secara menyeluruh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

Ilustrasi Wajah CantikIlustrasi Wajah Cantik © 2019 https://www.diadona.id/@wonderslist

Selain untuk kesehatan, pare ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut manfaat pare untuk kecantikan.

1. Membantu produktivitas kolagen di dalam tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam pare akan membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah. Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

2. Menangkal radikal bebas

Mengonsumsi seporsi pare akan memenuhi 54% kebutuhan tubuh akan vitamin C. Manfaat pare adalah vitamin C yang terkandung di dalam pare akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Manfaat pare bisa mengurangi resiko kanker kulit dan kerusakan sel.

3. Mengobati ruam kemerahan karena paparan sinar UV

Air rebusan pare atau jus pare segar merupakan pendingin kulit yang baik. Keduanya cukup efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi karena sengatan sinar ultra violet.

4. Mengatasi masalah jerawat

Tidak hanya itu, masalah jerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan pare. Dengan aliran darah yang lancar, gangguan aliran darah di kulit wajah juga tidak akan terganggu, sehingga penumpukan kotoran di bawah kulit penyebab jerawat bisa dicegah.

5. Mencegah penuaan dini

Di dalam pare terdapat kandungan biotin dan zinc yang ampuh untuk merawat kulit, melindunginya dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Inilah yang membuat pare sangat baik dikonsumsi oleh wanita muda yang ingin tampak awet muda.

6. Mengatasi ketombe

Tidak hanya masalah rambut berminyak dan rontok, ketombe yang bisa muncul kapan saja, juga bisa diatasi dengan memanfaatkan pare. Sahabat Dream bisa menggunakan larutan pare untuk campuran sampo atau minyak rambut dan memakainya secara rutin.

7. Mencegah uban

Paparan sinar UV tidak hanya merusak kulit saja, tapi juga merusak rambut. Salah satunya, membuat rambut lebih cepat beruban. Untuk mengatasinya, kalian bisa membuat sampo atau minyak alami dari pare dan memakainya secara rutin.

8. Mengatasi rambut berminyak

Selain memanfaatkan pare jadi jus, kamu bisa mencampurkan jus pare dengan beberapa tetes cuka apel untuk mengatasi rambut berminyak. Lakukan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu, dan rasakan perbedaannya.

9. Membuat rambut berkilau

Manfaat pare selanjutnya adalah mampu membuat rambut tampak lebih sehat, lebat dan berkilau. Apalagi jika memanfaatkan pare sebagai sampo atau minyak alami, ditambah konsumsi jus pare secara teratur. Dijamin rambut jadi lebih sehat.

Jadi setelah kamu mengetahui manfaat pare di atas, apakah kamu masih ragu untuk mengkonsumsi pare? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar