24 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan dan Kesehatan Badan Kamu

Reporter : Sofi
Selasa, 31 Desember 2019 14:33
24 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan dan Kesehatan Badan Kamu
Teh hijau adalah teh yang sering kita jumpai untuk biasa dikonsumsi. Selain itu manfaat teh hiijau juga bisa untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat teh hijau untuk kecantikan dan kesehatan.

Teh hijau telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki beragam manfaat. Manfaat teh hijau sudah digunakan oleh banyak orang untuk menambah kecantikan wajah, menurunkan berat badan, hingga mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini disebabkan karena teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai manfaat teh hijau.

1 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet

ilustrasi wanita dietilustrasi wanita diet © rawpixel.com

Manfaat teh hijau untuk diet ini cukup dipercaya oleh orang-orang yang menajalankannya. Meminum teh hijau secara teratur akan membantumu untuk menurunkan berat badan secara alami dan perlahan. Berikut penjelasan manfaat teh hijau untuk diet yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan pembakaran lemak

Membakar lemak saat olahraga akan lebih banyak ketika kamu minum teh hijau. Manfaat teh hijau yang pertama adalah untuk meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika kamu sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

2. Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak

Manfaat teh hijau selanjutnya untuk penurunan berat badan adalah memindah lemak yang ada di dalam sel lemak. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

3. Membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori

Manfaat teh hijau lainnya untuk diet adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Agar penurunan berat badan yang kamu jalani bisa berlangsung sukses, maka kamu perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Dan kamu bisa mencapainya secara alami dengan bantuan teh hijau.

5. Menghilangkan lemak abdominal

Lemak abdominal adalah jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini terkait dengan munculnya peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin minum teh hijau berguna untuk membakar lemak ini secara signifikan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Ilustrasi Teh HijauIlustrasi Teh Hijau © 2019 https://www.diadona.id / @pixabay

Manfaat teh hijau sebagai kesehatan bukannlah terjadi tanpa sebab. Teh ini memang mengandung banyak manfaat kesehatan. Untuk mengetahui manfaat teh hijau lebih jauh lagi, berikut manfaat tersebut.

1. Menurunkan resiko kanker

Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal ini memberi manfaat teh hijau untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Sebab diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

2. Meningkatkan fungsi otak

Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

3. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang menjadi epidemi saat ini. Namun jangan khawatir. Sebab kamu bisa menurunkan risiko diabetes dengan manfaat teh hijau. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.

4. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa kamu cegah dengan manfaat teh hijau. Sebab minum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi. Peminum teh hijau pun memiliki risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah 31%.

5. Meningkatkan kesehatan oral

Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Hijau Untuk Wajah

Ilustrasi PerempuanIlustrasi Perempuan © 2019 https://www.diadona.id/onthedotwoman.com

Manfaat teh hijau untuk wajah tentu tidak menjadi sebuah rahasia lagi. Banyak dari produk kecantikan menggunakan teh hijau sebagai bahan utama mereka, terlebih produk kecantikan untuk wajah. Berikut manfaat teh hijau untuk wajah yang bisa kamu ketahui.

1. Mempercantik kulit wajah

Sebuah penelitian di tahun 2003 yang dilakukan oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa manfaat teh hijau dengan mengonsumsinya akan mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mencegah penuaan

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penuaan.

3. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

4. Berfungsi sebagai toner kulit

Kamu bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit juga. Manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulitmu adalah mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulitmu.

5. Mengobati jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin bersifat anti bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minum Teh Hijau

ilustrasi wanita meminum tehilustrasi wanita meminum teh © rawpixel.com

Bisa dikatakan bahwa teh hijau adalah minuman paling sehat. Hal ini karena teh hijau sarat dengan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek kuat pada tubuh. Dengan minum teh hijau akan banyak khasiat yang dirasakan. Berikut manfaat teh hijau jika kamu meminumnya.

1. Dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat kamu lebih cerdas

Kafein telah dipelajari secara intensif sebelum dan secara konsisten mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori. Namun, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang mampu melewati sawar darah otak. Studi menunjukkan bahawa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi keduanya sangat ampuh dalam meningkatkan fungsi otak.

2. Menurunkan risiko Alzheimer dan Parkison

Manfaat teh hijau jika di minum berikutnya adalah dapat menurunkan risiko Alzheimer dan Parkison. Senyawa bioaktif dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada otak. Mereka dapat mengurangi risiko Alzheimer dan Parkison, 2 gangguan neurodegeneratif.

3. Membunuh bakteri yang meningkatkan kesehatan gigi dan menurunkan risiko infeksi

Manfaat teh hijau ini dapat menurunkan risiko infeksi dan meningkatkan kesehatan gigi, menurunkan risiko karies dan mengurangi bau mulut. Hal ini karena katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan beberapa virus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Masker Teh Hijau

ilustrasi wanita memakai maskerilustrasi wanita memakai masker © rawpixel.com

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang berlimpah yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit dan tubuh. Manfaat teh hijau bisa dijadikan masker alami yang dapat digunakan secara berkala. Agar hasil lebih maksimal, penggunaan masker teh hijau perlu disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Berikut cara menggunakan masker teh hijau sesuai jenis kulit.

1. Masker teh hijau dan kunyit

Kunyit dan teh hijau jika dipadukan bersama menjadi masker bisa membantu menenangkan kulit dan menghindari kulit dari jerawat. Masker ini cocok untuk kulit normal, dan berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:
- 1 sendok teh tepung beras
- 1/4 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok teh teh hijau (ambil dari kantung teh celup)

Cara:
- Campurkan bahan hingga membentuk konsistensi pasta.
- Oleskan campuran ini ke wajah. Hindari terlalu dekat dengan mata dan mulut.
- Biarkan campuran selama sekitar 15-20 menit.
- Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

2. Masker teh hijau dengan mint

Masker dengan teh hijau dan daun mint membantu membersihkan dan mengencangkan kulit. Ini menenangkan iritasi kulit dan memiliki efek pendinginan yang menyegarkan pada kulit. Bahan yang terkandung membantu mengobati iritasi kulit sambil memperbaiki kulit.

Bahan:
- 3 sendok makan daun teh hijau
- 1 sendok makan madu mentah
- 2 sendok makan daun mint

Cara:
- Blender atau haluskan bahan sampai mendapatkan campuran halus.
- Oleskan campuran ini ke wajah. Hindari terlalu dekat dengan mata dan mulut.
- Biarkan campuran selama sekitar 15-20 menit.
- Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

3. Masker teh hijau dan lemon

Masker wajah ini membantu kulit meningkatkan vitamin C sambil membantu mengontrol produksi minyak. Teh hijau membantu menyehatkan kulit sementara jus lemon menghilangkan minyak berlebih. Masker ini juga membantu menghilangkan noda berkat sifat pencerahan ringan lemon.

Bahan:
- 1 sendok makan daun teh hijau
- 1 sendok makan air lemon

Cara:
- Campurkan kedua bahan ini sampai mendapatkan konsistensi pasta. Tambahkan air secukupnya ke dalam campuran jika perlu.
- Oleskan campuran ini ke wajah. Hindari terlalu dekat dengan mata dan mulut.
- Biarkan campuran selama sekitar 10 menit.
- Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

4. Masker teh hijau dan avokad

Alpukat adalah sumber antioksidan yang berlimpah. Buah ini juga kaya vitamin B dan asam lemak yang membantu melembabkan dan menyehatkan kulit. Masker wajah ini tidak hanya melembabkan kulit tetapi juga memelihara, meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bahan:
- 1 sendok makan alpukat matang - dihaluskan
- 2 sendok makan teh hijau

Cara:
- Campurkan kedua bahan hingga membentuk pasta.
- Oleskan pada wajah dan hindari area mata dan mulut.
- Biarkan campuran selama sekitar 15-20 menit.
- Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

5. Masker teh hijau dan yogurt

Yogurt kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D, dan karenanya melembabkan, melawan jerawat, menghilangkan noda, dan mengurangi kulit terbakar dan perubahan warna kulit. Yogurt sangat ringan dan mengurangi iritasi pada kulit, sehingga ideal untuk kulit sensitif.

Bahan:
- 1 sendok teh air lemon
- 1 sendok teh teh hijau
- 1 sendok tah yogurt

Cara:
- Campurkan semua bahan sampai rata dan membentuk pasta
- Oleskan campuran masker ke wajah. Hindari area mata dan mulut.
- Diamkan masker di wajah selama sekitar 15-20 menit.
- Bilas campuran dengan air dingin, keringkan kulit dan dan lembabkan dengan krim pelembab.

6. Masker teh hijau dan pisang

Jika kulit terasa lelah dan kusam, ini adalah paket wajah yang sempurna untuk Anda. Pisang kaya akan kalium, yang membantu melembapkan kulit sementara vitamin B-nya meningkatkan kesehatan kulit dengan meningkatkan elastisitas dan aktivitas antioksidan. Dalam kombinasi dengan teh hijau, pisang menciptakan masker wajah peremajaan yang sempurna untuk semua jenis kulit.

Bahan:
- 2 sdt teh hijau
- 1 pisang matang - dihaluskan

Cara:
- Campurkan bahan sampai halus
- Oleskan campuran ini ke wajah. Hindari terlalu dekat dengan mata dan mulut.
- Diamkan campuran selama sekitar 15-20 menit.
- Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

Dari daftar di atas, apakah ada manfaat dari teh hijau yang sudah kamu ketahui atau ada daftar yang belum tertulis pada daftar di atas? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar