23 Manfaat Sari Buah Kurma Ajwa Muda Untuk Ibu Hamil

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 4 Januari 2020 13:00
23 Manfaat Sari Buah Kurma Ajwa Muda Untuk Ibu Hamil
Kurma adalah buah asal negeri Arab yang identik dengan bulan puasa. Selain menjadi sumber glukosa alami, kurma juga dipercaya memiliki segudang khasiat lain.

Siapa yang nggak kenal sama buah yang satu ini. Buah asal negeri jazirah Arab dengan rasa manis ini ramai dicari ketika bulan puasa. Buah ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat lho.

Kurma adalah buah yang tumbuh sepanjang tahun. Buah yang sering disebut sebagai buah nabi ini kaya akan nutrisi seperti karbohidrat sederhana (gula, sukrosa dan fruktosa). Hampir 70 persen dari kurma terdiri dari karbohidrat. Adapun nutrisi lainnya seperti:

- 7 gr serat
- 2 gr protein
- 20 persen kalium harian
- 14 persen kebutuhan magnesium harian
- 18 persen tembaka
- 15 persen mangan
- 5 persen zat besi
- 12 persen vitamain B6

Lalu apa saja manfaat kurma untuk tubuh? berikut ini kami akan rangkum beberapa jenis dan olahan kurma serta manfaatnya untuk tubuh. Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma

ilustrasi sari kurmailustrasi sari kurma © 2020 https://www.diadona.id/jitaksara.com

Sari kurma adalah minuman herbal yang berasal dari buah kurma. Semua manfaat kurma bisa kamu dapatakan dalam sari kurma ini. Kurma mengandung protein, lemak, mineral, zat besi dan asam folat.

Lalu apa saja sih manfaat sari kurma?

1. Mencegah kanker

Manfaat sari kurma yang pertama adalah mencegah kanker. Kurma mengandung vitamin A dan telah dikenal memiliki sifat antioksidan yang mencegah terjadinya penyakint kanker paru-paru dan rongga mulut.

2. Meningkatkan kadar oksigen dalam darah

Manfaat sari kurma yang kedua adalah dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Sri kurma menjadi sumber zat besi yang baik. Zat besi merupakan komponen hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.

3. Menjaga kesehatan usus

Manfaat sari kurma berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan usus. Kurma mengandung serat dan dapat mencegah penyerapan kolesterol yang terjadi dalam usus. Selain itu, serat dalam kurma juga membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi paparan dan dapat mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat sari kurma berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Zat kalium dalam kurma merupakan komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

5. Melancarkan buang air besar

Manfaat sari kurma yang kelima adalah melancarkan buang air besar. Kurma kaya akan serat dan dapat menjadi laksatif alami, sehingga sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kurma Muda

Ilustrasi kurma mudaIlustrasi kurma muda © demuria.co.id

Umumnya kita lebih sering mengenal kurma kering dibandingkan kurma muda. Hal ini karena ketersediaan kurma muda yang terbatas serta harganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan kurma kering. Namun, perlu kamu tahu, kurma muda menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan lho. Apa saja sih manfaat kurma muda? Yuk kita simak!

1. Memberi energi instan

Manfaat kurama muda yang pertama adalah dapat memberikan energi instan. Kurma muda memiliki kandungan fruktosa yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh sehingga mampu memberi energi pada tubuh. Karena itu, nggak heran kalau kurma muda sangat dianjurkan dikonsumsi ketika berbuka puasa setelah tubuh kekurangan energi seharian.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kurma muda yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan mata. Kurma muda mengandung vitamin A dan zeaxanthin di dalamnya. Hal ini dapat melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia.

3. Kaya akan zat besi

Manfaat kurma muda berikutnya adalah kaya akan zat besi. Dalam 100 gr kurma muda terkandung sekitar 0,90 mg zat besi atau 11 persen dari kebutuhan zat besi yang disarankan. Zat besi penting dalam pembentukan sel darah merah.

4. Membantu mencegah stroke dan jantung koroner

Manfaat kurma muda selanjutnya adalah dapat mencegah stroke dan penyakit jantung. Kurma muda mengandung kalium yang mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung agar stabil.

5. Baik untuk ibu hamil

Manfaat kurma muda yang kelima adalah baik untuk ibu hamil. Kurma muda mengandung hormon oksitosin yang diketahui dapat membantu mempercepat proses kelahiran dna mencegah terjadinya pendarahan saat melahirkan.

Selain itu, kandungan fitoestrogen dalam kurma muda yang memiliki aktivitas estrogenik den memiliki struktur serupa dengan estrogen alami wanita, dipercaya mampu meningkatkan kesuburan wanita.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kurma

Ilustrasi kurmaIlustrasi kurma © https://suaramuslim.net

Buah kurma memiliki ribuan varietas di dunia. Namun, secara umum hanya dikelompokkan dalam 3 kategori yaitu lunak, semi lunak, dan kering. Perbedaan buah ini didasari oleh lama waktu panen di pohon.

Perbedaan tingkat kematangan juga berpengaruh pada kandungan nutrisi buah ini. Misalnya kurma muda lebih sedikit kandungan kalori dan gulanya ketimbang kurma kering. Per 100 gr kurma kering mengandung 284 kalori dan 76 karbohidrat. Sementara kurma segar mengandung hanya 142 kalori dan 37 gr karbohidrat.

Selain itu, buah kurma segar memiliki kandungan air, serat, dan protein yang lebih banyak daripada yang kering.

Dibalik itu semua, buah yang mempunyai rasa manis ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Berikut adalah manfaat buah kurma.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah kurma yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Kurma mengandung serat yang tidak larut. Makanan yang kaya akan serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan.

2. Mencegah diabetes

Buah kurma memang memiliki rasa manis. Namun ternyata buah ini justru mencegah kamu dari risiko diabetes. Hal ini karena kandungan serat yang ada dalam buah kurma ini dapat mengurangi risiko diabetes. Serat yang nggak mudah larut membantu mengontrol kadar gula darah.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah kurma yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang. Buah kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat kurma yang satu ini bisa mencegah kamu dari penyakit osteoporosis.

4. Mencegah anemia

Manfaat kurma yang lainnya adalah dapat mencegah anemia. Buah kurma kaya akan zat besi sehingga baik untuk mencegah anemia.

5. Menjaga kesehatan otak

Manfaat kurma yang kelima adalah dapat menjaga kesehatan otak. Menurut penelitian dari Neural Degeneration Research menemukan buah ini dapat menghambat produksi protein pemicu peradangan di otak.

Selain itu, menurut penelitian, buah kurma juga dapat mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © 2019 https://www.diadona.id / @ kaylaitsines

Buah kurma dipercaya bisa memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Apa saja sih manfaat kurma untuk ibu hamil. Berikut ulasannya.

1. Sumber energi

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber energi. Selama hamil, kamu membutuhkan energi lebih banyak. Sehingga makan kurma setiap hari bisa memberi asupan gula yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mencegah sembelit saat hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang kedua adalah dapat mencegah sembelit saat hamil. Kurma kaya akan serat sehinga bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menghindari sembelit untuk ibu hamil.

3. Produksi asam amino

Manfaat kurma untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber protein yang dibutuhkan untuk produksi asam amino. Kurma memberikan asupan protein yang cukup untuk membantu tubuh memproduksi asam amino yang dibutuhkan tubuh dan janin.

4. Mencegah terjadinya bayi lahir cacat

Manfaat kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat mencegah bayi lahir cacat. Kandungan asam folat dalam kurma bermanfaat untuk mencegah cacat lahir yang bisa menyerang otak dan tulang belakang.

5. Sumber vitamin K

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang kelima adalah sebagai sumber vitamin K. Vitamin K berguna untuk membantu pertumbuhan tulang pada janin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kurma Ajwa

Ilustrasi kurma ajwaIlustrasi kurma ajwa © fruitcity.pk

Kurma Ajwa atau kurma nabi adalah kurma yang sangat disukai Rasulullah SAW. Kurma Ajwa memiliki warna yang lebih hitam daripada kurma biasa. Selain itu, kurma ajwa adalah kurma dengan harga yang cukup mahal.

Beberapa alasan harganya mahal adalah karena buah ini merupakan buah yang paling disukai oleh Rasulullah. Kemudian buah ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Yaitu penawar racun dan baik untuk ibu hamil. Selain itu, kurma ajwa juga memiliki rasa yang lebih enak dan empuk

Adapun manfaat kurma ajwa untuk tubuh yaitu:

1. Kesuburan

Manfaat kurma ajwa yang pertama adalah dapat meningkatkan kesuburan pada wanita maupun pria. Kurma ajwa memiliki hormon botosin yang dapat meningkatkan gerak peristaltik otot polos wanita. Selain itu, katalisasi peredaran darah dalam jaringan yang memperlancar aliran darah menuju rahim yang dapat meningkatkan kesehatan rahim.

Kurma ajwa juga bisa meningkatkan kualitas sperma pada pria. Hal ini karena kurma ajwa mengandung estradiol dan flavonoid sehingga kulaitas sperma jadi lebih baik untuk proses pembuahan.

2. Untuk hamil

Manfaat kurma ajwa yang kedua adalah baik untuk ibu hamil. Kurma ajwa dapat menjadikan bayi cerdas dan santun, mengatasi sembelit pada bumil, sumber protein asam amino, sumber energi, membantu pertumbuhan tulang, dan mempermudah proses melahirkan.

3. Untuk kesehatan

Manfaat kurma ajwa yang terakhir adalah baik untuk kesehatan. Selain sebagai penawar racun, kurma ajwa juga baik dalam mengatasi anemia dan mengatasi penyakit maag. Kurma ajwa juga baik dalam mencegah jantung, menjaga kesehatan usus dan mencega diabetes. Mengonsumsi kurma ajwa juga dapat menjaga kesehatan tulang dan membantu mengurangi berat badan secara alami.

Nah ternyata banyak ya jenis dan manfaat dari kurma. Apalagi berbagai jenis kurma semuanya sangat bermanfaat untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar