23 Manfaat Kulit Pisang Ambon untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Reporter : Sofi
Kamis, 9 Januari 2020 11:52
23 Manfaat Kulit Pisang Ambon untuk Kecantikan Wajah dan Rambut
Percaya tidak kalau kulit pisang ternyata dapat dimanfaatkan untuk kecantikan wajah, rambut dan kesehatanmu? Berikut adalah manfaat kulit pisang yang tidak boleh kamu sia-sia kan.

Pisang adalah makanan kesukaan semua orang. Selain rasanya yang enak, pisang mengandung serat, nutrisi penting seperti kalium, dan antioksidan seperti vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak dari orang membuang kulit pisang yang mana sebenarnya mengandung manfaat yang tidak kalah banyaknya. Manfaat kulit pisang ini dapat dimanfaatkan untuk kecantikan hingga kesehatan. Apa sajakah manfaat kulit pisang itu? Berikut adalah manfaat kulit pisang yang sudah di rangkum dari beberapa sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

Ilustrasi WanitaIlustrasi Wanita © 2020 https://www.diadona.id

Manfaat kulit pisang dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah. Salah satu manfaat kulit pisang ini adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajahmu. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat kulit pisang untuk wajah.

1. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang pertama adalah mengatasai jerawat. Ternyata kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan kulit pisang pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

2. Mengurangi kerutan

Manfaat kulit pisang selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kerutan yang ada di wajah. Cara memanfaatkan kulit pisang untuk mengurangi kerutan adalah dengan membuat masker dari kulit pisang dengan tambahan sedikit madu. Kamu cukup mengambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

3. Membuat wajah lebih bersinar

Kamu bisa membuat wajahmu lebih bersinar atau lebih berseri-seri menggunakan kulit pisang. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke wajah setiap sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Usahakan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari, agar hasil lebih maksimal.

4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Caranya kamu bisa membuat masker dari kulit pisang yang sudah di haluskan kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Basuh dengan air bersih, dan lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Melembapkan kulit

Kulit pisang mengandung nutrisi pelembap yang bisa menjaga agar kulit tidak kering. Haluskan kulit pisang, lalu campurkan dengan satu kuning telur omega. Aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2019 https://www.diadona.id

Manfaat kuling bisa juga bisa digunakan untuk kecantikan lainnya seperti menghilangkan kutil. Berikut adlah manfaat kulit pisang untuk kecantikan lebih lengkapnya.

1. Menghilangkan mata panda

Ternyata kulit pisang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya dengan menyiapkan kulit pisang dan gel lidah buaya. Ambil bagian dalam kulit pisang, dan daging lidah buaya. Campurkan kedua bahan ini lalu oleskan di sekitar mata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

2. Memutihkan gigi

Manfaat kulit pisang selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang berwarna kuning agar terlihat lebih cerah. Caranya dengan menggosok kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit setelah menggosoknya. Kemudian bersihkan gigi seperti seperti biasa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi.

3. Menghilangkan kutil

Kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan kutil. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Diamkan semalaman.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang untuk Rambut

Ilustrasi Wanita Sisir RambutIlustrasi Wanita Sisir Rambut © 2019 https://www.diadona.id

Selain untuk wajah, manfaat kulit pisang juga bisa digunakan untuk menutrisi rambut. Berikut manfaat kulit pisang untuk rambut.

1. Melembutkan rambut

Kandungan vitamin A dan C dalam buah pisang akan menjadikan rambutmu lembut, mudah diatur, dan tidak kering. Untuk menjadikan buah pisang sebagai perawatan rambut alami, kamu tinggal menghaluskan satu buah pisang, lalu campurkan dengan minyak kelapa.

Bahan:
- 1 buah pisang matang, haluskan
- 1 sendok makan minyak kelapa

Cara:
- Campur pisang yang sudah halus dan minyak kelapa sampai rata.

- Oleskan campuran tadi pada batang rambut.

- Diamkan selama 15 atau 20 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

- Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

2. Mencegah rambut rontok

Vitamin dan minyak esensial dalam buah pisang jika dipadu dengan protein yogurt akan menutrisi kulit kepala sekaligus melapisi batang rambut agar tidak mudah patah.

Bahan:
- 1 buah pisang matang, haluskan
- 1 sendok makan yogurt

Cara:
- Buat campuran masker dari daging buah pisang matang dengan yogurt. Aduk hingga merata kemudian terapkan pada kulit kepala kamu.

- Lakukan pijatan lembut agar peredaran darah di kulit kepala lancar dan nutrisi dari masker dapat terserap sempurna.

- Diamkan selama 15 menit hingga 20 menit. Setelah itu bilas kulit kepala dan rambut dengan air dingin.

3. Atasi rambut kering

Pisang dan madu adalah bahan-bahan yang sangat ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering dan kusam. Dan manfaat yang sama juga bisa didapatkan oleh rambutmu.

Bahan:
- 1 pisang matang, haluskan
- 3 sendok makan madu organik

Cara:
- Buat masker rambut dari campuran tiga sendok madu dengan pisang matang.

- Terapkan pada rambut kamu saat masih basah setelah dikeramas. Biarkan masker rambut selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air dingin.

Ilustrasi RambutIlustrasi Rambut © 2019 https://www.diadona.id/@more

4. Atasi rambut kering dan rusak

Mungkin rambutmu terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia atau terlalu banyak terpapar sinar matahari sehingga menyebabkan rambutmu kering dan rusak. Agar kondisinya kembali seperti semula, kamu bisa membuat masker rambut dari pisang dan minyak almond. Masker sederhana ini efektif untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak.

Bahan:
- 1 buah pisang matang, haluskan
- 1 sendok teh minyak almond

Cara:
- Campurkan daging buah pisang yang sudah dilumatkan dengan beberapa tetes minyak almond.

- Aplikasikan di seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujung, kemudian biarkan selama 10-15 menit.

5. Atasi rambut rusak karena proses kimiawi

Banyak proses kimiawi yang dapat merusak rambut seperti pewarnaan rambut, smoothing, rebonding, dll. Hal ini mengakibatkan rambut rusak, kering, dan bercabang. Coba pulihkan kondisinya dengan bahan-bahan yang kaya pelembap seperti pisang, madu, santan, dan minyak zaitun.

Bahan:
- 1-2 buah pisang matang (sesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut)
- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan santan kental
- 1 sendok makan minyak kelapa
- 1 sendok makan minyak zaitun
- Beberapa tetes air mawar

Cara:
- Potong-potong buah pisang. Campurkan dengan santan, madu, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Kemudian haluskan semua bahan tadi dengan sendok atau blender.

- Begitu semua bahan tercampur rata dan sudah halus, tambahkan beberapa tetes air mawar untuk memberikan aroma harum. Aduk rata dengan menggunakan sendok.

- Sisir rambut yang sudah dikeramas sampai tidak ada rambut yang kusut. Kemudian ambil sisir yang bergigi jarang dan celupkan ke dalam masker pisang yang kamu buat. Ratakan masker ke seluruh bagian rambut menggunakan sisir tadi.

- Tutupi kepala menggunakan shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Biarkan rambut kering secara alami.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang Ambon

Ilustrasi Kulit PisangIlustrasi Kulit Pisang © mnn.com

Ada banyak macam pisang yang mempunyai manfaat tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah rasa, dan tekstur dari buah pisang tersebut. Salah satu jenis pisang yang digemari adalah pisang ambon. Kulit dari pisang ambon in ijuga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut manfaat kulit pisang ambon yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan kolesterol

Kuit pisang memiliki kadar serat yang cukup tinggi dan serat yang tinggi pada makanan bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi kulit pisang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh kita.

2. Pembentukan otot

Manfaat kulit pisang yang jarang diketahui oleh sebagain besar orang adalah bisa membentuk otot. Kandungan kalium dan elektrolit dalam kulit pisang ternyata bisa memberikan kontribusi yang baik pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan mengatur asam basa di tubuh manusia.

3. Mencegah kanker

Kulit pisang kaya akan antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang bisa menyebabkan tumor dan kanker. Namun masih perlu adanya peneltian lebih lanjut akan manfaat kulit pisang untuk mencegah kanker dan tumor.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan serat yang tinggi pada kulit pisang bisa membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Hal ini akan menyebabkan proses detoksifikasi tubuh berjalan lebih lancar dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

5. Menghilangkan rasa gatal

Kulit pisang dapat membantu menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga. Memijat benjolan digigit serangga dengan bagian dalam kulit pisang dapat memberikan efek tersebut. Cara ini juga diklaim bekerja pada ruam akibat poison ivy atau poison oak.

6. Menenangkan kulit psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang bisa membuat kulit meradang kemerahan. Untuk mengobati kulit yang sedang sakit dan mengurangi rasa gatal, oleskan kulit pisang di atasnya.

Ilustrasi Rambut KusamIlustrasi Rambut Kusam © 2020 https://www.diadona.id / matrix.com

7. Menurunkan berat badan

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah menurunkan berat badan, dan dengan mengonsumsi kulit pisang ini. Setelah dibersihkan, konsumsi kulit pisang seperti biasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa kehilangan berat badan sebanyak 2 kilogram tiap bulan karena kebiasaan ini.

8. Membantu melancarkan buang air besar

Salah satu cara terbaik agar BAB tetap teratur adalah memastikan kamu mendapatkan cukup serat. Tak hanya buahnya, kulit pisang juga mengandung banyak serat. Makan kulitnya bersama buahnya atau memblendernya. Jika tidak bisa memakan seluruh kulitnya, kamu dapat mengupas sebanyak mungkin bagian dalam kulitnya dan memakannya.

9. Membantu tidur lebih cepat

Ini merupakan bahan kimia alami yang mendukung kualitas tidur, sementara serotonin adalah bahan kimia perasaan enak yang membantu kamu rileks. Kulit pisang memiliki keduanya dalam jumlah yang cukup bagus. Kamu tak perlu memakan kulitnya begitu saja. Cukup menggosok bagian dalamnya di kulit kemudian dibilas atau memblendernya.

10. Mengatasi migrain dan sakit kepala

Untuk mengobati migrain dan sakit kepala, taruh kulit pisang di dahi dan di belakang leher. Ini akan membantu meringankan sakit kepala karena kulit pisang mengandung kalium. Untuk sakit kepala, ada beberapa langkah sebelum menaruh kulit pisang di dahi atau leher untuk mengatasi sakit kepala.

Pertama, simpan kulit pisang dalam freezer selama satu jam. Setelah itu, taruh satu helai kulit pisang di dahi, dan satu helai lagi di belakang leher. Biarkan kulit menempel di kedua bagian tersebut sampai terasa hangat. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan mengambil kulit pisang yang dingin.

Itulah beberapa manfaat kulit pisang yang ternyata jika diolah dengan benar bisa bermanfaat untuk kecantikan dan juga menjaga kesehatan tubuh. Sebeleum mengonsumsi atau mengolah kulit pisang sebaiknya mencuci terlebih dahulu dan memilih kulit pisang yang bersih dan tidak busuk. Namun perlu diperhatikan, karena kulit pisang berada di luar sering kali terdapat kotoran hingga zat pestisida yang berbahaya.

Setelah mengetahui manfaat kulit pisang tersebut, apakah kamu akan tetap membuang kulit pisang tersebut tanpa menggunakan manfaat yang terkandung?

Beri Komentar