23 Manfaat Air Lemon Hangat untuk Wajah yang Dikonsumsi Setiap Hari

Reporter : Sofi
Rabu, 22 Januari 2020 11:32
23 Manfaat Air Lemon Hangat untuk Wajah yang Dikonsumsi Setiap Hari
Apakah kamu sering mengonsumsi air lemon sebagai minuman harianmu? Berikut adalah manfaat dari air lemon tersebut.

Di kalangan wanita air lemon ini mungkin sudah tidak asing lagi. Hal ini karena para wanita sering menggnakan manfaat air lemon ini sebagai kecantikan, atau menurunkan berat badan. Tapi tidak sedikit juga yang suka dengan rasanya yang asam dan menyegarkan.

Tidak hanya itu, manfaat air lemon ini juga baik untuk kesehatan. Berikut manfaat air lemon yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Air Lemon Hangat

Ilustrasi Air Lemon © Diadona

Dalam mengonsumsi air lemon ini, banyak orang mengonsumsinya dengan suhu yang hangat. Berikut adalah manfaat air lemon hangat yang harus kamu ketahui.

Melancarkan pencernaan

Manfaat air lemon untuk kesehatan yang pertama, adalah membantu melancarkan pencernaan. Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam.

Bantu menurunkan berat badan

Manfaat air lemon hangat ini cocok untuk kamu yang sedang melakukan diet. Air lemon dipercaya mampu untuk membakar lemak pada tubuh dengan cepat juga menjaga nafsu makan tetap terkendali.

Antibakteri yang Kuat

Manfaat air lemon juga mampu untuk menghasilkan peningkatan keringat pada tubuh juga loh. Di mana, hal tersebut dapat membantu dalam penyembuhan saat demam atau pun influenza.

Sebagai detox alami

Jika ingin tetap sehat, maka kamu harus menjadi sistem internalmu tetap bersih. Manfaat air lemon ternyata juga bisa menjadi detoxifier yang mampu untuk memurnikan darahmu dan menjaga kesehatan secara keseluruhan loh.

Mempertahankan keseimbangan pH

Meskipun termasuk jenis buah jeruk, lemon juga memiliki kapasitas luar biasa untuk menyeimbangkan pH pada tubuhmu loh. Mengkonsumsi air lemon secara rutin dan teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menetralkan tubuh dengan mengurangi keasaman dan menjadikannya basa.

Tinggi protein

Jumlah kalium yang cukup tinggi pada buah lemon juga mampu membantu tubuhmu dalam meningkatkan sel-sel darah serta mengatur tekanan darah. Jadi, manfaat air lemon mampu melindungimu dari sejumlah gangguan fisik dan membuat kamu tetap semangat setiap harinya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Lemon

Ilustrasi Air Lemon © Diadona

Manfaat dari minum air lemon ini tentu tidak cuma-cuma. Kamu dapat mendapatkan manfaat air lemon untuk kesehatan seperti menyehatkan jantung, lho. Berikut adalah manfaat air lemon jika kamu minum.

Merawat kesehatan mulut

Manfaat air lemon untuk kesehatan lainnya adalah merawat kesehatan mulut. Lemon bermanfaat pula untuk kesehatan area mulut, seperti perawatan gigi dan membuat nafas segar. Dengan mencampurkan jus lemon dan baking soda, kamu bisa menggunakannya sebagai cairan pemutih gigi. Sementara untuk membuat nafas segar, kamu cukup berkumur menggunakan air lemon. Meski begitu, perlu diingat untuk tidak sering menggunakannya, pasalnya kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

Detoksifikasi hati

Zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Meminum air lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan. Oleh sebab itu manfaat air lemon untuk kesehatan lainnya adalah detoksifikasi hati.

Mengatasi sakit tenggorokan

Lemon kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan energi. Kandungan vitamin c di dalam buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat antibakteri. Vitamin C membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh.

Manfaat air lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Campuran madu, air hangat, dan lemon mampu mengobati sakit tenggorokan. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.

Meminimalkan resiko stroke iskemik

Menurut beberapa penelitian, manfaat air lemon untuk kesehatan lainnya adalah membantu meminimalkan resiko stroke iskemik. Mengonsumsi buah sitrus, seperti lemon, dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik. Stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Stroke iskemik ini yang paling umum di mana terjadi hampir 90% di masyarakat.

Meredakan stres

Manfaat air lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk kesehatan mental yakni dengan membantu meredakan stress. Selain nutrisinya yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress akan berkurang dan mood pun bisa kembali baik.

Menyehatkan jantung

Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Manfaat air lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah resiko terkena penyaki jantung. Karena kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, lemon yang tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Lemon untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita © Diadona

Sudah bukan rahasia lagi jika air lemon juga biasa digunakan untuk wajah. Lalu, manfaat apa saja yang didapat? Berikut adalah manfaat air lemon untuk wajah.

Mencerahkan kulit wajah

Asupan teratur air lemon hangat dapat menyembuh jerawat, komedo, dan semua infeksi kulit dengan mudah. Hanya dengan mengkonsumisnya setiap pagi saat bangun tidur, manfaat air lemon dapat membantu memudarkan bekas luka dan mencerahkan kulit wajahmu.

Sebagai antipenuaan

Menjadi sumber vitamin C yang baik, buah lemon juga mampu untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan membantumu menyingkirkan garis-garis halus hingga noda kerutan pada wajahmu.

Menghilangkan kulit belang

Kamu bisa mengurangi kemerahan pada kulit wajah yang terbakar matahari dengan mencampur 1 sendok makan jus lemon, air mawar, dan jus mentimun. Lalu, celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan letakan langsung pada kulit yang terbakar selama 30 menit. Mentimun dan lemon terkenal sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam lemon meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit serta mencerahkan bintik-bintik gelap. Oleh sebab itu manfaat air lemon untuk wajah adalah menghilangkan kulit belang.

Memudarkan bekas jerawat

Memudarkan bekas jerawat merupakan manfaat air lemon untuk wajah lainnya. Buah lemon kaya akan vitamin c dan asam sitrat yang baik untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru.

Sebagai pemutih alami, lemon dapat mencerahkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat antibakteri membantu mencegah timbulnya jerawat. Caranya, cukup campurkan air lemon segar dan minyak kelapa atau almond kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan bola kapas. Setelah tiga menit, bilas wajah dan pakai pelembab.

Menghilangkan komedo dan flek hitam

Satu lagi manfaat air lemon untuk wajah yang tidak kalah dari yang lain yaitu dapat menghilangkan komedo dan juga flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah yaitu campurkan air lemon dengan putih telur lalu kocok hingga menghasilkan gelembung. Lalu baluri seluruh wajah dengan menggunakan kuas diamkan hingga mengering. Setelah kering cuci wajahmu dengan menggunakan sabun wajah dan juga air bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Memperkecil pori-pori

Pori-pori wajah yang terlihat besar tentu sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Manfaat air lemon untuk wajah adalah memperkecil pori-pori. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Ilustrasi Wanita Tertawa © Diadona

Meminum air lemon setiap hari dapat menghasilkan manfaat yang baik untuk kamu. Berikut adalah manfaat air lemon jika kamu minum setiap hari.

Dapatkan vitamin C yang cukup

Vitamin C adalah antioksidan penting yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Itu hanya dapat diperoleh dari makanan karena tubuh kita tidak mensintesiskannya sendirian. Mendapatkan RDA vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan tekanan darah tinggi. Vitamin C baik untuk kulit dan ikatan dengan radikal bebas yang mempercepat penuaan.

Vitamin C bahkan dapat mempersingkat durasi flu biasa, tetapi penelitian tentang hal ini bertentangan. Lemon bukan yang tertinggi dalam vitamin C, tetapi adalah sumber yang bagus. Menambahkannya lemon ke air kamu secara teratur dapat membantumu mencapai jumlah harian yang disarankan 60 mg per hari. Bisa jadi minum lebih banyak dari yang dibutuhkan. Maka dari itu, manfaat air lemon ini adalah kamu dapat mendapatkan vitamin C yang cukup.

Melancarkan metabolisme

Dengan minum air lemon hangat di pagi hari dapat memperlancar sistem pencernaan. Faktanya, tidak ada bukti nyata bahwa menambahkan lemon ke dalam air membuat perbedaan besar, tetapi air secara umum pada perut kosong dapat membantu metabolisme berjalan setelah periode istirahat. Dapat dipastikan bahwa setelah pergi delapan jam tanpa minum, penting untuk mendapatkan rehidrasi segera. Mendapatkan cukup air juga penting untuk mencegah sembelit. Jadi, menambahkan lemon membuat kamu lebih mungkin untuk minum air segera setelah anda bangun.

Membuat nafas segar

Ada alasan mengapa lemon adalah aroma umum dalam segala macam produk pembersih. Ini membantu menetralkan bau. Prinsip yang sama berlaku ketika kamu harus menghilangkan bau mulut dari makanan yang tersisa seperti bawang, bawang putih, keju biru, atau ikan. Lemon juga merangsang produksi air liur. Itu penting karena mulut kering baunya lebih buruk karena pertumbuhan bakteri berlebihan.

Meningkatkan hidrasi yang lebih baik

Hidrasi yang tepat adalah kunci kesehatan yang baik. Secara umum, kamu harus mengonsumsi antara 91 dan 125 ons air per hari. Beberapa di antaranya dapat berasal dari makanan, tetapi sisanya harus diminum dengan sengaja. Air tidak terlalu menarik untuk diminum sendiri, dan beberapa orang secara aktif tidak menyukai rasa air biasa.

Menambahkan lemon ke dalam air dianggap meningkatkan rasa yang cukup untuk mendorong orang untuk minum lebih banyak, dan akibatnya terhidrasi lebih baik.

Menghilangkan batu ginjal

Batu ginjal pada dasarnya adalah endapan kalsium, dan para ahli merekomendasikan untuk mendapatkan lebih banyak asam sitrat untuk mengurangi risiko pengembangannya. Sebagai buah jeruk, lemon adalah sumber asam sitrat. Lebih banyak air juga penting untuk menjaga kesehatan ginjal kamu.

Apakah kamu juga sering minum air lemon ini? Semoga ulasan di atas membantu kamu untuk mengetahui manfaat air lemon yang sering kamu konsumsi.

Beri Komentar