22 Manfaat Mentimun untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 13 Januari 2020 14:29
22 Manfaat Mentimun untuk Wajah dan Kesehatan
Mentimun menyimpan banyak sekali manfaat yang dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat mentimun yang harus kamu ketahui.

Buah mentimun ini biasa kamu temui pada lalapan atau minuman segar. Buah ini tinggi nutrisi yang bermanfaat, serta senyaawa dan antioksidan tanaman tertentu yang dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi. Berikut adalah manfaat mentimun yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat mentimun untuk Wajah

Ilustrasi Wanita Asia © Diadona

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa mentimun digunakan untuk kecantikan. Kerap kali mentimun digunakan untuk menghilangkan mata panda. Tidak hanya itu, berikut adalah manfaat mentimun untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1. Kulit bersinar

Manfaat mentimun yang pertama adalah dapat membuat kulitmu bersinar. Buah ini dapat membantu mengatasi masalah kulit dan menjadikannya lebih muda. Dapat digunakan sebagai astringen dan toner alami. Kandungan air mentimun juga dapat membuat kulit tetap utuh dan lembab dan tentu saja bercahaya.

2. Antiaging

Manfaat mentimun selanjutnya adalah sebagai antiaging. Mentimun akan membantu kulitmu mengalahkan tanda-tanda penuaan ini dengan menjaga kulit kamu semakin kencang. Ini karena kandungan mangan dan kalium dari buah ini. Jika kamu ingin membuat maskernya, tinggal siapkan saja jus mentimun dengan putih telur dengan cara yang sama.

3. Mengurangi ruam dan noda bekas luka

Manfaat mentimun untuk kecantikan termasuk membunuh ruam dan mengurangi noda bekas luka. Mentimun akan mengembalikan kesehatan kulit kamu secara alami hingga bebas dari bekas luka. Bila kamu tertarik, kamu bisa membuat masker mentimun dan lemon sendiri di rumah lho! Parut mentimun hingga menjadi bubur, kemudian campurkan dengan air lemon, oleskan pada wajah dan tunggu selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin. Ulangi selama beberapa minggu dan lihat perbedaannya.

4. Menghilangkan sunburn

Manfaat mentimun adalah salah satu bahan terbaik yang dapat meredakan kulit terbakar, timun sangat menenangkan bagi kulit dan bisa mempercepat proses penyembuhan. Juga bisa meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Irislah mentimun, dan letakkan pada daerah yang terkena luka atau iritasi.

5. Mengencangkan pori-pori

Manfaat mentimun lainnya yaitu bertindak sebagai toner kulit yang ideal. Hal ini dapat dicampur dengan air mawar, madu, atau jus lemon, karena bisa membantu untuk mengencangkan pori-pori kulit. Campuran ini pun dapat dioleskan di seluruh wajah dan kemudian dibilas dengan air hangat.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Ilustrasi wanita tertawa © Diadona

Manfaat mentimun ini tentu juga untuk kesehatan. Salah satu manfaat mentimun ini adalah sebagai obat cacing. Berikut adalah manfaat mentimun untuk kesehatan untuk lebih lengkapnya.

1. Memberikan kesehatan pada ginjal

Di dalam timun terdapat kandungan kalium, fluorin dan silikon serta mengandung kadar kalori yang rendah. Buah timun dapat membantu kerja ginjal dalam membuang sisa hasil metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membantu ginjal dalam membuang lemak yang ada pada tubuh. Maka dari itu, manfaat mentimun untuk kesehatan yang pertama adalah memebrikan kesehatan pada ginjal.

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat mentimun bagi kesehatan selanjutnya juga dapat menjaga kekuatan tulang. Timun yang mengandung vitamin K baik untuk menjaga kekuatan tulang. Kamu bisa mengonsumsi air timun sehingga 22% asupan vitamin K akan masuk kedalam tubuhmu.

3. Menghambat berkembangnya sel-sel kanker

Manfaat mentimun yang tak banyak diketahui orang adalah timun dapat menghambat tumbuhnya kanker. Kanker yang dapat dihambat oleh timun seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker rahim. Mampu menahan berkembangnya kanker disebabkan timun memiliki sifat antitumor.

4. Biji timun dapat redakan radang tenggorokan dan obat cacing

Biji timun juga dapat kamu manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan. Kamu bisa campurkan biji timun kedalam air garam lalu gunakan untuk berkumur. Biji timun yang mengandung racun alkoloid dapat digunakan untuk obat cacing bagi anak-anak.

5. Mencegah dehidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh

Manfaat mentimun lainnya adalah encegah dehidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan air yang banyak terdapat pada timun dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Timun mengandung hampir 95% air, di mana sekitar 26% kebutuhan air di dalam tubuh manusia bisa didapat dari timun. Kandungan air pada timun dapat mendorong produksi air seni sehingga mampu membuang racun hasil dari hasil metabolisme tubuh.

6. Membantu tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan

Manfaat mentimun untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu tekanan darah tinggi dan meurunkan berat badan. Kalium yang terdapat dalam timun dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Kalium yang terdapat dalam timun dapat menetralkan zat sodium yang menjadi pemicu darah tinggi. selain itu manfaat timun juga baik untuk menurunkan berat badan karena jus timun dapat mengurangi kalori.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Mentimun

Ilustrasi Mentimun © Diadona

Dengan kandungan gizi yang banyak, manfaat mentimun ini dapat diperoleh seperti mengontrol gula darah dalam tubuhmu. Berikut manfaat buah mentimun yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi lingkat hitam pada mata

Manfaat mentimun juga sangat ampuh untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Antioksidan dan silika yang ada di dalamnya membantu untuk mencerahkan daerah bawah mata dengan cara meletakkan irisan ketimun di mata, biarkan selama 15 menit.

2. Memelihara kesehatan jantung

The American Heart Association (AHA) menemukan serat dalam mentimun dapat memelihara jantung dengan membantu mengelola kolesterol dan mencegah masalah kardiovaskular terkait. Secangkir jus mentimun yang tidak dikupas kulitnya juga menyediakan 193 mg kalium dan 17 mg magnesium. Timun juga mengandung natrium cukup rendah dan kalium cukup tinggi. Pada dasarnya, mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

3. Mengontrol gula darah

Manfaat mentimun lainnya untuk mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes. Mentimun mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan peningkatan glukosa darah terlalu tinggi. Menurut Medical News Today, cucurbitacins dalam mentimun dapat membantu mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati. Manfaat mentimun juga dapat ditemukan pada kulitnya yang bermanfaat untuk membantu mencegah gejala diabetes karena kandungan antioksidannya cukup tinggi.

4. Menghilangkan racun

Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam mentimun ampuh membunuh racun dalam tubuh. Kandungan air yang cukup banyak dalam buah mentimun lah yang memiliki peranan penting dalam proses pembuangan racun di dalam tubuh.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Mentimun mengandung senyawa aktif yang sangat baik buat kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya menyehatkan sistem pencernaan, nutrisi tersebut juga sangat baik dalam meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

6. Bantu menurunkan berat badan

Buah mentimun ini bagus untuk kamu yang sedang menjalankan program diet dan ingin menurunkan berat badan dengan baik. Caranya dengan konsumsi mentimun secara teratur setiap hari. Para ahli percaya jika mentimun adalah nutrisi diet terbaik yang bisa bantu menurunkan berat badan dengan cepat dan tepat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Mentimun

Ilustrasi Jus Mentimun © Diadona

Dalam mengelola buah mentimun ini untuk dikonsumsi adalah dengan membuatnya jus mentimun. Berikut adalah manfaat jus mentimun yang harus kamu ketahui.

1. Menghilangkan selulit

Biasanya selulit ditemukan di paha, bokong, lengan dan perut. Untuk meghilangkannya dengan mencampurkan jus mentimun dan madu, kemudian balurkan pada bagian selulit. Hal ini juga membantu untuk mengencangkan kulit dan mengencangkan serat kolagen kulit.

2. Menghidrasi tubuh

Di tengah udara panas, ada baiknya kamu mengonsumsi jus mentimun. Mentimun mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat menghidrasi tubuhmu dengan baik.

3. Kaya akan vitamin

Selain mengandung vitamin K, mentimun juga kaya akan vitamin A, C kompleks, dan C. Semua vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuhmu.

4. Menyehatkan kulit

Kandungan mineral yang ada di dalam jus mentimun ternyata juga baik untuk menyehatkan kulit. Mineral ini berfungsi untuk membuat kulit agar tetap terhidrasi dan bercahaya.

5. Mempertajam penglihatan

Dengan adanya vitamin A di dalam mentimun, maka mengonsumsi jus mentimun baik untuk kesehatan mata kamu.

Setelah mengetahui manfaat mentimun di atas, apakah menjadikanmu semakin tertarik untuk mengonsumsi buah ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar