19 Manfaat Buah dan Jus Nanas Madu Muda Untuk Kesehatan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 30 Desember 2019 10:30
19 Manfaat Buah dan Jus Nanas Madu Muda Untuk Kesehatan
Buah tropis satu ini memiliki tekstur berduri. Namun dibalik kulitnya yang kasar terdapat buah yang manis dan segar untuk dikonsumsi.

Nanas adalah tanaman buah tropis memiliki tekstur kasar dan sedikit tajam dengan daun yang berujung jarum. Buah yang nama bahasa Inggrisnya pineapple ini ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam. salah satunya melindungi dari penyakit scurvy, atau penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. 

Manfaat nanas yang lainnya adalah kemampuan memperbaiki kesehatan pernafasan, menyembuhkan batuk dan pilek, menyehatkan pencernaan dan lain lain.
Lalu apa saja sih manfaat lain dari buah tropis ini? Berikut telah kami rangkum beberapa manfaat nanas. Yuk kita simak.

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Nanas

Nanas © Diadona

Buah nanas adalah sumber vitamin dan antioksidan yang baik. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy. Selain itu, masih banyak lho manfaat buah nanas ini.

1. Mengobati radang sendi

Manfaat buah nanas yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan sendi dan otot. Kamu bisa merasakan manfaat nanas yang satu ini dengan rutin mengonsumsi buah nanas secara teratur.

2. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas. Satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130 persen kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan. Dengan begitu, manfaat nanas yang satu ini juga bisa melindungi efek dari radikal bebas.

3. Menciptakan kolagen

Manfaat buah nanas juga untuk menciptakan kolagen. Vitamin C dalam nanas penting dalam menciptakan kolagen. Kolagen merupakan protein yang membentuk pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Manfaat nanas ini bisa kamu rasakan dengan rutin makan buah nanas ini.

4. Solusi efektif untuk jerawat

Manfaat buah nanas yang lainnya ternyata efektif untuk mengatasi jerawat. Lagi-lagi kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah nanas ini. Selain itu, bromelain, atau enzim anti inflamasi dapat meningkatkan daya penyembuhan pada kulit berjerawat.

5. Mencegah rambut rontok

Manfaat buah nanas selanjutnya ternyata juga dapat mencega rambut rontok. Kamu bisa merasakan manfaat nanas yang satu ini jika rutin mengonsumsi buah yang satu ini. Vitamin C dan antioksidan bisa membantu mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas. Kamu bisa menjadikannya jus segar dan minum secara rutin.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Nanas

jus nanas © Diadona

Mengonsumsi jus nanas dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan buah dan sayur lho. Nanas adalah buah yang kaya vitamin namun memiliki kalori yang tergolong rendah. Satu cangkir buah nanas hanya mengandung 80 kalori, 2 gram serat, dan 1 gram protein. 

Apa saja sih manfaat jus nanas untuk tubuh? Yuk kita simak!

1. Menutrisi kulit

Manfaat jus nanas yang pertama adalah sebagai nutrisi kulit. Selain rasanya yang manis dan lezat, jus nanas juga mengandung vitamin dan asan askorbat. Nanas juga mengandung array yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat nanas yang bisa kamu rasakan adalah untuk kulit.  

Vitamin C yang ada dalam buah nanas memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan serta elastisitas kulit. Selain itu dapat menghindarkan kulit dari dehidrasi dan menghilangkan sel kulit mati.

2. Menjaga kesehatan tulang.

Manfaat jus nanas yang lainnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini karena kandungan mangan di dalamnya. Jus nanas juga memiliki pengaruh untuk kesehatan tulang dan proses penyembuhan tulang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Nanas © Diadona

Nanas adalah sumber vitamin dan antioksidan yang baik. Dalam 100 g buah mengandung 80 persen vitamin C. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy. Selain itu juga mampu memberikan daya tahan terhadap infeksi dan mencegah radikal bebas.  

Pada 100 g nanas juga mengandung sekitar 50 persen kalori yang setara dengan apel. Dagingnya tidak mengandung lemak jenuh. Selain itu, buah nanas juga merupakan sumber serat larut dan tidak larut. 

Banyaknya kandungan tersebut membuat nanas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu?

1. Menunjang kesehatan pencernaan

Manfaat nanas yang pertama adalah menunjang kesehatan pencernaan. Nanas adalah sumber serat larut dan tidak larut. Hal ini menjadi baik karena dengan rutin mengonsumsi nanas kamu bisa mendapat manfaat nanas yang dapat melindungi kamu dari berbagai gangguan pencernaan seperti konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, dan penyakit aterosklerosis .

2. Mencegah Kanker

Manfaat nanas untuk kesehatan juga bisa mencegah penyakit kanker lho. Selain memiliki antioksidan vitamin C juga dapat memengari kanker. Nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya seperti vitamin A, beta karoten, bromelain, flavonoid, dan mangan. Kandungan ini memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan, dan payudara.

3. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat nanas selanjutnya dapat menjaga kesehatan mulut. Selain antioksidan yang berfungsi melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gigi dan gusi.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat nanas dapat menjga kesehatan mata. Kandungan beta karoten dapat membantu kamu mengurangi masalah degenerasi makula yang dapat mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia.

5. Mengatur tekanan darah

Manfaat nanas untuk kesehatan juga untuk mengatur tekanan darah. Nanas memiliki sumber mineral seperti pottasium yang penting sebagai vasodilator yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke bagian tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Nanas Madu

Nanas © Diadona

Berbeda dengan nanas pada umumnya, nanas madu memiliki rasa yang lebih manis dan buah yang lebih kecil. Namun jangan salah, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya mirip dengan nanas biasa, yakni rendah kalori dan kaya akan vitamin C serta mangan. 

Selain itu, nanas madu juga mengandung serat, karbohidrat, vitamin A dan K, fosfor, zinc, serta kalsium. Dari banyaknya kandungan dalam buah tersebut, membuat nanas madu memiliki segudang manfaat. Apa saja manfaat nanas madu?

1. Menyehatkan pertumbuhan janin

Orang biasanya beranggapan jika nanas dapat menyebabkan keguguran. Namun ternyata manfaat nanas madu justru dapat menyehatkan pertumbuhan janin. Ini karena nanas madu kaya akan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. selain itu, nanas madu juga mengandung folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Nutrisi tersebut bik untuk mendukung pertumbuhan janin maupun kesehatan ibu hamil.

2. Meningkatkan kesuburan

Manfaat nanas madu selanjutnya dapat meningkatkan kesuburan. Kandungan vitamin C nanas muda mengandung zat antioksidan seperti beta karoten dan minteral seperti copper, zinc, dan folat yang terbukti dapat meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

3. Mencegah asma

Manfaat nanas muda ternyata juga dipercaya bisa mencegah asma. Orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta karoten seperti nanas madu dipercaya bisa aman dari risiko asma.

4. Menyehatkan kulit

Manfaat nanas madu yang terakhir ini dapat mnyehatkan kulit. Hal ini dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Nanas madu bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, nanas madu juga membantu kulit dalam pembentukan kolagen.

5 dari 5 halaman

manfaat Nanas Muda

nanas muda © Diadona

Nanas muda ternyata juga baik untuk kesehatan lho. Sama dengan nanas pada umumnya, nanas muda kaya akan vitamin, enzim dan antioksidan.
Nah, apa saja sih manfaat dari nanas muda yang bisa kamu dapatkan? Yuk kita simak.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat nanas muda yang pertama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nanas muda mengandung vitamin C harian dan antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel.

2. Menambah kekuatan tulang.

Manfaat nanas muda ternyata juga bisa menambah kekuatan tulang. Buah ini mengandung 75 persen mineral mangan yang juga penting dalam mengembangkan tulang dan jaringan ikat sebagaimana kalsium. Studi menyarankan bahwa mangan, bersama mineral lain akan membantu mencegah osteoporosis pada wanita pasca menopause.

3. Mengurangi peradangan pilek dan sinus

Manfaat nanas muda yang terakhir dapat mengurangi peradangan pilek dan sinus. Selain memiliki banyak vitamin C, bromelain nanas muda dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung.

Ternyata banyak ya manfaat yang bisa kamu dapat dari buah nanas ini. Manfaat nanas bisa kamu rasakan bila dikonsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar