19 Manfaat Serai dan Kayu Manis juga Cara Pengolahannya

Reporter : Sofi
Jumat, 17 Januari 2020 15:27
19 Manfaat Serai dan Kayu Manis juga Cara Pengolahannya
Tahukah kamu serai yang biasa ada di dapur kamu ternyata mengandung banyak manfaat? Berikut adalah manfaat serai yang harus kamu ketahui.

Serai, juga disebut sereh, adalah tanaman tinggi, tangkai. Ini memiliki aroma segar, lemon dan rasa jeruk. Serai adalah bahan umum dalam masakan sehari-hari dan bisa sebagai penolak serangga. Minyak esensial sereh digunakan dalam aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati.

Serai juga digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu cara paling populer untuk menikmati serai adalah dengan minum teh. Berikut adalah manfaat serai yang sudah di rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Serai

Ilustrasi Serai © Diadona

Pasti kamu sudah tidak asing dengan tanaman ini. Serai sering kali terdapat di dapurmu sebagai bahan penambah aroma dan rasa pada masakanmu. Tapi, tahukah kamu manfaat serai? Berikut adalah manfaat serai tersebut.

1. Detoksifikasi tubuh

Serai dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Manfaat serai ini dapat mendetoksifikasi tubuh kamu dengan buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Meminum teh sereh dapat memiliki efek diuretik, yang berarti ia merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

2. Mengurangi risiko kanker

Manfaat serai selanjutnya adalah dapat menguragi risiko kanker. Citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Beberapa komponen serai membantu melawan kanker.

3. Menurunkan berat badan

Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

4. Meningkatkan kadar sel darah merah

Dilansir dari Medical News Today, hasil studi 2015 menunjukkan bahwa minum infused water serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

5. Atasi tekanan darah tinggi

Manfaat serai selanjutnya adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Serai kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh. Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai juga membantu membersihkan hati. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Membantu sistem pencernaan

Manfaat serai berikutnya adalah membantu sistem pencernaan. Karena zat anti mikroba yang ada di dalamnya, serai membantu fungsi usus dan pencernaan. Mengonsumsi serai secara teratur bisa melawan bakteri buruk dan parasit yang menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kelebihan gas dalam lambung, dan lainnya.

7. Kesehatan kulit

Serai bisa memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Manfaat serai ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain itu, serai juga membuat kulit bercahaya secara alami.

2 dari 4 halaman

Manfaat Serai dan Cara Pengolahannya

Ilustrasi Serai © Diadona

Serai merupakan bahan herbal yang sering digunakan orang-orang untuk masakan, ataupun pengobatan. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara mengolah serai dengan benar? Dilansir dari fimela.com berikut adalah cara pengolahannya.

1. Cara memilih serai

Untuk kepentingan memasak, memilih serai yang segar adalah keutamaan. Dilansir dari The Spruce Eats, batang serai yang segar adalah yang batangnya terlihat padat dan tidak kering. Cari batang yang harum, bentuknya rapat dan berwarna hijau dan putih segar hingga bagian tangkai bawah.

2. Cara menyimpan serai

Batang serai segar akan cepat kering dan kehilangan aromanya ketika dibiarkan di suhu ruangan. Untuk menyimpannya lebih lama, bungkus dalam wadah plastik atau kertas dan masukkan kulkas.

3. Cara menggunakan pada makanan

Untuk menggunakan serai sebagai bumbu makanan, kupas bagian kulit terluarnya dan gunakan hanya bagian putihnya saja yang segar dan beraroma kuat. Begitu juga jika ingin menggunakannya untuk minuman.
Potong bagian akarnya. Untuk memperkuat aromanya, bisa digeprak atau dimemarkan bagian ujungnya yang menggembung. Cara lainnya adalah dengan memotong-potong serai jadi bagian-bagian kecil untuk rasa dan aroma yang kuat. Tidak perlu mengikutsertakan bagian daunnya yang paling atas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Serai dan Kayu Manis

Dengan memanfaatkan bahan rempah lainnya yang ada di dapur,seperti kayu manis kamu dapat mendapatkan manfaat serai dan kayu manis sebagai berikut.

1. Berfungsi sebagai antioksidan

Manfaat serai dan kayu manis yang pertama adalahsebagi antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah bagian dari proses alami dalam tubuh. Radikal bebas juga disebut mendatangkan penyakit dan mengakibatkan penuaan dini.

Jika radikal bebas melampau kadar yang dapat ditangani tubuh, makan akan menyebabkan kerusakan pada tubuh atau menjadi penyakit. Jika kamu rutin mengonsumsi rebusan kayu manis dan serai ini secara teratur, maka beberapa risiko penyakit kronis dapat diturunkan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan. Mengonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat. Ini nantinya akan membantu proses penurunan berat badan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Rebusan Serai

Ilustrasi Teh Serai © Diadona

Dalam mengolah serai ini, lebih banyak untuk dijadikan teh atau dimanfaatkan air rebusannya. Berikut adalah manfaat air rebusan serai yang harus kamu ketahui.

1. Kurangi kecemasan

Manfaat serai ini bisa untuk mengurangi kecemasanmu. Banyak orang menemukan bahwa menyeruput teh panas untuk membuat rileks, tetapi teh serai dapat menawarkan sifat mengurangi kecemasan lebih banyak lagi. Aroma serai dapat membantu orang mengatasi kecemasan. Serai juga memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu tidur nyenyak. Ini juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan.

2. Dukung pencernaan sehat

Manfaat serai berikutnya adalah mendukung pencernaan sehat. Secangkir teh serai adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Minyak atsiri daun sereh dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan dari aspirin dan etanol.

3. Anti peradangan

Dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat serai yang antiperadangan. Senyawa-senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu dalam tubuh. Dengan sifat antiperadangan ini, serai dapat mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pecernaan akibat peradangan.

4. Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, manfaat serai mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam serai dalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

5. Redakan gejala PMS

Manfaat serai dapat digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan rasa panas. Serai memiliki sifat yang menenangkan perut dan antiinflamasi. Selain itu, minyak serai juga berguna membantu mendinginkan tubuh.

6. Antimikroba

Air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba. Minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Sifat antiseptik dan astringen dari air serai dapat meningkatkan kesehatan kulit. Minyak esensial daun teh dapat mencerahkan kulit dan menjaga kesehatannya. Air serai juga dapat mensterilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit. Serai juga dapat mengobati infeksi seperti folikulitis dan selulitis, yang disebabkan oleh bakteri. Sifat anti mikrobanya juga dapat membantu mengobati infeksi jamur pada kulit.

Setelah kamu mengetahui manfaat serai di atas, tidak ragu lagi untuk memanfaatkan serai lagi bukan?

Beri Komentar