18 Manfaat Mengkudu untuk Rambut dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 3 Februari 2020 11:08
18 Manfaat Mengkudu untuk Rambut dan Kesehatan
Sebagian besar orang tahu jika mengkudu merupakan tanaman berkhasiat. Namun, manfaat mengkudu apa saja yang bisa kamu dapat? Berikut adalah manfaat mengkudu yang harus kamu ketahui.

Mengkudu adalah buah tebal berukuran mangga yang berwarna kuning. Buah ini memiliki rasa yang sangat pahit dan bau yang khas. Orang-orang Polinesia telah menggunakan noni dalam pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun.

Manfaat mengkudu ini biasa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi. Saat ini, mengkudu sebagian besar dikonsumsi sebagai campuran jus. Jus ini dikemas dengan antioksidan kuat dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat mengkudu yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Mengkudu

Sebagian masyarakat meyakini buah mengkudu ini mengobati banyak penyakit. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat buah mengkudu yang harus kamu ketahui.

Mencegah kanker

Ilustrasi Wanita Sakit © Diadona

Manfaat mengkudu yang pertama bisa untuk mencegah kanker. Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker. Selain itu, manfaat mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

Mendukung kesehatan jantung

Manfaat mengkudu yang diolah dalam bentuk jus dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, tetapi jenis tertentu yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung - seperti peradangan kronis.

Satu studi menemukan bahwa minum hingga 6,8 ons (188 ml) jus mengkudu per hari selama 1 bulan secara signifikan mengurangi kolesterol total, kadar kolesterol LDL (buruk), dan penanda darah inflamasi C-reactive protein. Namun, subjek penelitian tersebut adalah pada perokok berat, sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisasi untuk semua orang. Para peneliti menduga bahwa antioksidan jus mengkudu dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh merokok tembakau.

Sebuah studi terpisah, dalam 30 hari perokok diberikan 2 ons (59 ml) jus mengkudu dua kali sehari. Peserta tidak mengalami perubahan signifikan dalam kadar kolesterol. Hasil ini menunjukkan bahwa efek penurun kolesterol dari jus mengkudu hanya berlaku untuk perokok berat. Karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian tentang jus mengkudu dan kolesterol.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat mengkudu sangat kaya akan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi. Ini merupakan nutrisi penting untuk sistem pencernaan. Jika kamu menderita pencernaan yang lambat atau buang air besar yang lambat, mengkudu dapat memperbaiki keadaan.

Jus atau ekstrak mengkudu dapat memberikan efek stimulasi pada pencernaan. Ini mengarah ke gerakan peristaltik yang merupakan proses penyempitan tak sadar dan relaksasi otot-otot usus, dan pembersihan usus besar.

Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat mengkudu dikenal untuk mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Sederhananya, mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Satu studi di Jepang berbicara tentang bagaimana jus mengkudu dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh stres. Jus mengkudu juga membantu memerangi masalah terkait lainnya seperti stres dan kecemasan. Mengkudu juga dapat membantu dalam pengobatan depresi.

Meningkatkan kesehatan kulit

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Ini memainkan peran besar dalam meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat mengkudu juga kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam esensial ini meningkatkan fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

Salah satu senyawa yang perlu mendapat perhatian khusus adalah proxeronine, yang membantu dalam produksi senyawa lain yang disebut xeronine. Xeronine menjaga sel-sel tetap sehat. Di samping itu, Xeronine mampu mengembalikan sel-sel abnormal kembali ke keadaan normal.

Manfaat mengkudu juga dapat membantu mengobati dermatitis pada wajah. Cukup oleskan jus ke daerah yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air tawar. Obat serupa juga bisa membantu mengobati tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Jus mengkudu bahkan digunakan untuk mengobati jerawat dalam pengobatan tradisional Polinesia.

Menurunkan kolesterol

Memiliki tingkat lipid yang abnormal dalam darah adalah faktor risiko yang kuat untuk penyakit kardiovaskular. Karena merokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi dari stres oksidatif, para peneliti melakukan penelitian untuk meneliti efek dari mengkudu untuk para perokok. Penelitian ini melibatkan 132 peserta yang digambarkan sebagai perokok berat. Peserta minum jus mengkudu atau plasebo selama sebulan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam " The Scientific World Journal" edisi 2012 menunjukkan bahwa minum 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu secara signifikan mengurangi kolesterol total dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, bentuk kolesterol yang baik. Manfaat mengkudu juga mengurangi lipoprotein densitas rendah, suatu bentuk kolesterol buruk.

Mengurangi rasa sakit pada penderita artritis

Selama lebih dari 2.000 tahun, manfaat mengkudu telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk efek penghilang rasa sakitnya. Beberapa penelitian sekarang mendukung manfaat ini. Misalnya, dalam studi 1 bulan, orang dengan artritis degeneratif pada tulang belakang mengonsumsi 15 ml jus mengkudu dua kali sehari. Kelompok jus mengkudu melaporkan skor rasa sakit yang secara signifikan lebih rendah dengan pengurangan total nyeri leher pada 60% peserta.

Dalam penelitian serupa, penderita osteoartritis mengonsumsi 89 ml jus mengkudu setiap hari. Setelah 90 hari, mereka mengalami penurunan frekuensi dan keparahan nyeri artritis yang signifikan. Nyeri artritis sering dikaitkan dengan peningkatan peradangan dan stres oksidatif. Oleh karena itu, manfaat mengkudu dapat meredakan nyeri secara alami dengan mengurangi peradangan dan memerangi radikal bebas.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Ilustrasi Wanita Sakit © Diadona

Manfaat mengkudu dapat meningkatkan daya tahan fisik. Faktanya, penduduk Kepulauan Pasifik percaya bahwa memakan buah mengkudu memperkuat tubuh selama perjalanan memancing dan pelayaran yang panjang. Beberapa penelitian menunjukkan efek positif dari minum jus mengkudu selama berolahraga.

Sebagai contoh, satu studi 3 minggu memberi pelari jarak jauh 3,4 ons (100 ml) jus mengkudu atau plasebo dua kali sehari. Kelompok yang minum jus mengkudu mengalami peningkatan 21% dalam waktu rata-rata untuk kelelahan, yang menunjukkan peningkatan daya tahan. Peningkatan daya tahan fisik yang terkait dengan jus mengkudu kemungkinan terkait dengan antioksidannya yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama olahraga.

Melembapkan kulit

Manfaat mengkudu adalah pembangkit antioksidan dan bekerja sebagai pelembab yang hebat, jika dioleskan pada kulit. Manfaat mengkudu secara alami memperbaiki kulitmu. Jadi, lupakan kulit kering dan kulit belang, dan selamat datang kulit yang terhidrasi dengan sehat.

Mencegah penuaan

Manfaat mengkudu yang mengandung vitamin C dan selenium dapat membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Penting untuk merawat kulitmu dan menjaganya tetap sehat dan muda kan.

Mengobati iritasi kulit kepala

Dr Reema Arora, Dermatolog yang berbasis di Delhi mengatakan, “ Meskipun tidak banyak literatur medis tentang jus Noni, kami dapat mengatakan ini (jus mengkudu) memiliki beberapa manfaat mengkudu yang luar biasa. Ia memiliki sifat antibakteri dan antijamur, dan dengan demikian dapat membantu mengobati iritasi kulit kepala.”

Mengurangi stres

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona

Manfaat mengkudu dapat membantu mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif. Tapi, hanya meminum jus mengkudu saja tidak bisa memberi hasil yang maksimal. Kamu harus berolahraga seperti berlatih yoga atau bermeditasi, dibarengi dengan rutin minum jus mengkudu.

Mengobati demam

Studi menunjukkan bahwa manfaat mengkudu memiliki sifat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, demam, dan nyeri. Sangat penting untuk meminum jus mengkudu setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Paling baik dikonsumsi dalam jumlah kecil.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Mengkudu

Tidak hanya buahnya, manfaat mengkudu juga bisa digunakan dari daunnya.

Mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis adalah sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh menyempitnya pembuluh nadi. Biasanya, gangguan ini bisa berdampak fatal jika dibiarkan, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri lainnya. Nah, untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan daun mengkudu, sebab daun yang satu ini sangat tinggi akan antioksidan yang bisa mencegah penyempitan pembuluh nadi.

Mengusir jerawat

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit wajah yang bisa menyerang siapa saja, terlebih bagi orang yang memiliki kulit berminyak. Sebab, salah satu penyebab jerawat adalah karena produksi minyak yang berlebih pada wajah. Untuk itu, konsumsilah rebusan daun mengkudu untuk melembapkan serta mengurangi produksi minyak pada wajahmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

Mengatasi peradangan

Jika kamu sedang mengalami peradangan, maka daun mengkudu ini bisa kamu gunakan sebagai solusinya. Sebab, antiinflamasi yang terdapat pada daun mengkudu bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan. Jadi, yang dibasmi adalah biangnya sehingga peradangan menjai lebih mudah disembuhkan.

Menyehatkan kulit

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Daun mengkudu diklaim mampu melembapkan dan menyehatkan kulit, terutama wajah. Biasanya, manfaat daun mengkudu digunakan sebagai minuman yang dicampurkan dengan teh. Dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, diyakini bisa menyehatkan kulit serta terhindar dari penuaan dini.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

ilustrasi rambut © Diadona

Manfaat mengkudu selain dapat menghilangkan ketombe juga dapat menghitamkan rambut juga. Ada banyak juga versi pembuatan shampo buah mengkudu ini. Ada yang dicampur dengan telur dan ada yang tidak diberi campuran apa-apa.

Kalau resep yang dicampur dengan telur, kamu harus menyediakan sebutir telur bebek yang diambil kuningnya saja. Pertama, haluskan buah mengkudu yang sudah masak, kemudian campurkan dengan kuning telur bebek. Setelah dicampur hingga merata, oleskan pada rambut. Pemakaian krim mengkudu ini dilakukan setelah kamu keramas, ketika rambut masih basah. Setelah rambut diolesi, kamu bisa mendiamkannya selama 10 menit, baru bisa membilasnya dengan air. Tapi hati-hati jika kamu alergi terhadap bau telur, lebih baik jangan gunakan metode ini.

Cara lainnya adalah dengan memarut buah mengkudu yang sudah matang lalu diperas dan diambil airnya. Kamu tidak perlu menambahkan telur di ramuan ini karena yang diperlukan hanyalah air perasan mengkudu. Penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal mengusapkan air perasan mengkudu tersebut secara merata ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 10 menut, lalu bilas dengan air dingin.


Jadi sudah pernahkah kamu mencoba buah mengkudu sebelumnya? Ramuan apa yang kamu gunakan untuk memanfaatkan khasiat mangkudu ini? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar