18 Manfaat Air Rebusan dan Jus Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Wanita

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 14:46
18 Manfaat Air Rebusan dan Jus Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Wanita
Meskipun rasanya pahit, daun pepaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Kamu pasti pernah makan pepaya kan? Buah dengan warna oranye ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis membuat sebagian besar orang menyukainya.  

Tahu nggak kamu kalau bagian lain dari pepaya juga bisa dikonsumsi dan memiliki segudang manfaat. Ya, daun pepaya salah satunya. Meskipun memiliki rasa pahit, namun jika rutin mengonsumsi kamu akan banyak mendapat manfaat daun pepaya ini. 

Daun Pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam. Diantaranya vitamin A, vitamin B1 sebanyak 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram, kalori 79 kal, protein 8,0 gram, lemak 2,0 gram, karbohidrat 11,9 gram, kalsium 353 miligram, dan air 75,4 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Selain itu, kandungan zat papain yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan meskipun rasanya yang pahit. 

Apa saja sih manfaat dari daun pepaya? Apa saja jenis dan olahan yang bisa kamu konsumsi? Yuk kita simak artikel berikut ini!

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya Jepang

Daun pepaya jepang tumbuh subur di Indonesia dan banyak dijadikan sayuran. Selain rasanya yang manis, daun pepaya jepang juga dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan bayam, daun ini jauh lebih bernutrisi 78 persen lebih banyak protein, 111 persen lebih banyak serat, 100 persen lebih banyak zat besi, dan 242 persen lebih banyak vitamin C.  Lalu apa saja manfaat daun pepaya jepang? Berikut ulasannya.

1. Mencegah Anemia

Manfaat daun pepaya jepang yang pertama adalah menambah darah dan mencegah Anemia. Daun pepaya jepang memiliki kandungan zat besi 100 persen lebih banyak daripada daun bayam. Sehingga kamu bisa mendapat manfaat daun pepaya jepang sebagai penambah darah jika rutin mengonsumsi sayuran ini.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat daun pepaya jepang yang kedua adalah untuk meningkatkan kekuatan otot. Daun pepaya jepang memiliki kandungan protein yang cukup banyak sehingga memenuhi kebutuhan protein bagi otot-otot. Dalam 100 gram daun pepaya jepang terdapat 6,2 -7,4 gram protein yang memenui 12-15 persen kebutuhan protein harian.

3. Memperkuat kesehatan tulang

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah untuk memperkuat tulang. Dalam daun pepaya jepang mengandung kalsium sebesar 200-300 miligram per 100 gram. Kandungan ini memenuhi sekitar 20 -33 persen kebutuhan kalsium harian dalam tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun pepaya jepang selanjutanya ternyata juga bisa melancarkan pencernaan. Serat dalam daun pepaya jepang lebih banyak daripada daun bayam. Serat adalah kandungan yang membuat feses atau kotoran dalam tubuh lebih mudah dikeluarkan, sehingga mencegah terjadinya sembelit.

5. Melindungi kesehatan mata

Manfaat daun pepaya jepang ini berasal dari kandungan vitamin A yang tinggi. Dalam 100 gram daun pepaya jepang, terdapat 1.357 IU vitamin A yang memenuhi sekitar 27 persen dari kebutuhan vitamin A harian. Dengan rutin konsumsi daun pepaya jepang, kamu bisa merasakan manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan mata.

2 dari 5 halaman

Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya

air rebusan daun pepaya © Diadona

Daun pepaya memang memiliki banyak manfaat. Selain memberi banyak vitamin, daun pepaya juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Daun pepaya juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit. 

Selain dikonsumsi sebagai masakan, kamu juga bisa mendapat manfaat daun pepaya dengan memanfaatkan air rebusan daun pepaya. Apa saja sih manfaat air rebusan daun pepaya? Yuk kita simak!

1. Obat kanker

Manfaat air rebusan daun pepaya ternyata bisa sebagai obat kanker lho. Dari penelitian Journal of Ethopharmacology, peneliti mengatakan, hasil studi pendahuluan menunjukan sifat modulasi kekebalan dari daun pepaya yang bermanfaat dalam pengobatan maupun pencegahan penyakit. Penyakit-penyakit itu termasuk kanker, alergi dan sebagainya. Kamu bisa merasakan manfaat daun pepaya dengan rutin minum air rebusan daun pepaya.

2. Obat Maag

Manfaat air rebusan daun pepaya selanjutanya adalah sebagai obat maag. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan West Indian Medical Journal, air rebusan daun pepaya bisa mengurangi keparahan luka dan menunjukan efek antioksidan yang kuat. Jika kamu sedang mengalami sakit maag, kamu bisa mendapat manfaat daun pepaya yang satu ini dengan rutin minum air rebusan daun pepaya untuk menyembuhkan sakit maag kamu.

3. Obat pencernaan gluten

Manfaat air rebusan daun pepaya yang terakhir adalah sebagai obat sakit pencernaan. Enzim papain dalam daun pepaya membantu mengobati gangguan pencernaan. Kandungan ini bisa meringankan ketidaknyamanaan akibat mulas dan sebagai stimulan peningkat rasa nafsu makan.  

Kamu bisa mendapat manfaat daun pepaya dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun pepaya secara rutin untuk pencernaan yang lebih sehat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Wanita

Manfaat daun pepaya memang beragam. Selain untuk kesehatan tubuh daun pepaya juga mempunyai manfaat lain. Salah satunya adalah untuk kesehatan wanita. 

Nah, bagi kamu para cewek yang sedang membaca artikel ini, semoga bisa membantu. Apa aja sih manfaat daun pepaya untuk wanita? Yuk kita simak!

1. Memperlancar ASI

Manfaat daun pepaya untuk wanita yang pertama adalah memperlancar ASI. Bagi kamu yang sedang menyusui konsumsi daun pepaya bisa menjadi alternatif alami untuk memperlancar ASI.  

Cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan 5 lembar daun pepaya yang diletakan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bagian payudara. Tapi jangan di bagian puting ya!.

2. Meredakan nyeri saat haid

Manfaat daun pepaya untuk wanita selanjutnya adalah meredakan nyeri haid. Sebagian wanita mengalami nyeri haid merupakan hal wajar. Namun nyeri kadang bisa membuat aktivitas terhambat.
Nah, ternyata manfaat daun pepaya dipercaya bisa meredakan nyeri saat haid.

Caranya cukup mudah. Rebus satu lembar daun pepaya mentah dengan asam jawa dan garam. Kamu bisa mendapat manfaat daun pepaya ini dengan rutin minum ramuan air rebusan daun pepaya dalam keadaan hangat secara rutin.

3. Menghilangkan jerawat

Manfaat daun pepaya untuk wanita yang terakhir adalah dapat menghilangkan jerawat. Kandungan dalam daun pepaya bisa untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakannya sebagai masker wajah. 

Caranya, tumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur. Campurkan air hangat kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Bilas dengan air bersih. Manfaat daun pepaya ini bisa kamu rasakan dengan rutin mengulangi cara tersebut minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Rasa pahit pada makanan cenderung membuat sebagian orang menghindari makanan tersebut. Sebagai contoh daun pepaya. Meskipun memiliki rasa yang cenderung pahit, daun pepaya memilik banyak manfaat diantaranya untuk kesehatan.  

Daun Pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam. Diantaranya vitamin A, vitamin B1 sebanyak 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram, kalori 79 kal, protein 8,0 gram, lemak 2,0 gram, karbohidrat 11,9 gram, kalsium 353 miligram, dan air 75,4 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Selain itu, kandungan zat papain yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan meskipun rasanya yang pahit. 

Apa saja sih manfaat daun pepaya untu kesehatan? Yuk kita simak!


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun pepaya mengandung nutrisi yang penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun pepaya akan membentengi tubuh terhadap penyakit, kuman, dan infeksi. Daun pepaya juga menjaga penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan tubuh keseluruhan.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan berikutnya dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungan dalam daun pepaya ternyata juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Kamu bisa menggunakan rebusan daun pepaya untuk mendapat manfaat daun pepaya yang satu ini.  

Caranya dengan rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Kamu bisa juga menambahkan madu sebagai pemanis alami.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan ternyata juga bisa mencegah kanker. Pada batang daun pepaya mengandung getah susu. Getah ini yang berpeluang dikembangkan sebagai zat antikanker. Getah ini akan ikut terkonsumsi saat kita makan daun pepaya. 

Kamu bisa mendapat manfaat daun pepaya untuk mencegah penyakit kanker dengan rutin makan daun pepaya secara teratur.

4. Mencegah Diabetes

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga mampu melawan diabetes. Daun pepaya bisa mengurangi kadar gula yang tinggi. Sumber antioksidan yang melimpah dapat mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah. Ini juga bisa membantu mengurangi kerusakan organ, saraf, luka dan sebagainya akibat dari diabetes. Selain itu juga bisa mempercepat luka pada pasien diabetes. 

Kamu harus rutin makan sayuran ini untuk mendapat manfaat daun pepaya yang satu ini secara teratur.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jus Daun Pepaya

jus daun pepaya © Diadona

Daun pepaya memang memiliki segudang manfaat. Cara mengolahnya juga beragam. Ada yang dibuat masakan, rebusan, masker wajah, hingga jus.  

Nah kali ini kita akan membahas manfaat jus daun pepaya. Apa saja sih manfaat dari jus daun pepaya? Ini dia manfaat jus daun pepaya.

1. Anti malaria

Manfaat jus daun pepaya yang pertama adalah sebagai obat anti malaria. Ekstrak daun pepaya dapat secara efektif mengobati malaria. Daun pepaya memiliki sifat plasmodiastatik, yaitu memperlambat laju pertumbuhan plasmodium dalam tubuh yang secara tidak langsung mengendalikan demam malaria. Jus daun pepaya meningkatkan kadar antioksidan pada pasien sehingga mencegah anemia akibat malaria.

2. Melindungi fungsi hati

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah dapat melindungi fungsi hati. Jus daun pepaya dapat membersihkan darah dengan membersihkan darah dengan menurunkan kadar kolesterol. Ini terjadi karena beberapa pitosterol dalam jus daun pepaya memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol jahat.

3. Anti radang dan nyeri

Manfaat jus daun pepaya yang terakhir adalah sebagai anti nyeri. Ekstrak daun pepaya menunjukan efek antiinflamasi yang kuat karena adanya polifenol, saponin,dan alkaloid yang merupakan analgenesik alami dan agen antinosiseptif.
Dengan minum jus daun pepaya dapat membantu pengobatan radang sendi, diabetes, asma, iritasi usus dan lain-lain.

Itu dia segudang manfaat daun pepaya. Ternyata banyak dan bermanfaat ya. Meskipun punya rasa yang pahit, Yuk mulai sekarang lebih rajin makan daun pepaya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar