17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Wajah, Rambut, Kesehatan, dan Khasiatnya Untuk Pria

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 30 Desember 2019 13:02
17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Wajah, Rambut, Kesehatan, dan Khasiatnya Untuk Pria
Minyak zaitun merupakan bahan masakan yang dipercaya lebih sehat daripada minyak kelapa sawit. Selain untuk memasak, minyak zaitun dipercaya juga memiliki segudang khasiat.

Buah zaitun sebenarnya sudah lama dikenal dengan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, buah zaitun ternyata juga punya segudang manfaat untuk kecantikan loh.  

Di banyak negara, buah ini digunakan dan diolah menjadi minyak. Minyak Zaitun ini bisa digunakan untuk memasak. Selain itu, minyak zaitun juga punya banyak manfaat untuk rambut dan kulit. 

Apa saja sih manfaat buah zaitun ini? Yuk kita simak!

1 dari 4 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Kamu nggak perlu repot-repot harus menjalani perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimia setiap hari. Kadang, perawatan rumahan bisa diterapkan dan hasilnya juga nggak kalah bagus kok. Salah satu perawatan kulit yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan manfaat minyak zaitun. 

Perawatan ini cukup sederhana, efektif, dan aman bagi kulit kamu. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun untuk perawatan alami wajah kamu selama beberapa waktu. Apa saja sih manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sayang untuk kamu lewatkan. Yuk kita simak!

1. Menghapus riasan di wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu untuk menghapus riasan makeup di wajah. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun murni setelah memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut pada wajah. 

Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup awal di wajah kamu. Setelah itu bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Kamu juga bisa menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun untuk membilas wajah.

2. Melembabkan kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang kedua adalah melembabkan kulit. Tahukah kamu kalau minyak zaitun punya sifat meningkatkan kelembaban pada kulit? Kalau kamu punya kulit wajah kering mengelupas, kamu bisa oleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun di bagian wajah yang kering. 

Kamu juga bisa mencampur krim pelembab wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun untuk menghidrasi kulit agar tetap lembab dan halus.

3. Mengatasi kulit yang bermasalah

Manfaat minyak zaitun yang ketiga adalah mampu mengatasi kulit yang bermasalah. Minyak zaitun terbukti bisa meredakan kondisi kulit yang kering, gatal, dan meradang. Pasalnya, minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan pada kulit wajah. 

Caranya cukup mudah, kamu cuma perlu menambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun ke dalam bak air hangat. Lalu kamu bisa mandi atau membilas wajah dengan air yang sudah dicampur minyak zaitun.

4. Scrub kulit wajah

Selain bisa melembabkan dan mengatasi kulit yang bermasalah, kamu juga bisa mengambil manfaat minyak zaitun untuk wajah sebagai scurb wajah alami. Kamu bisa membuat scrub wajah dengan menggunakan racikan minyak zaitun dan garam laut. Hal ini sangat bermanfaat jika kulit wajah kamu bersisik dan kering. 

Bagaimana caranya? Kamu bisa mencampurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni dengan 5 sendok teh garam laut. Pijat dengan lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lainnya yang kering. Campuran garam dan minya bisa mengelupas kulit kering sambil meningkatkan kelembaban di wajah.

5. Membantu menghilangkan bekas jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah membantu menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa mengobati bekas jerawat di rumah tanpa harus ke klinik kecantikan. Kamu bisa memakai minyak zaitun untk menghilangkan bekas jerawat. 

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kulit. Kemudian gunakan jari untuk memiat kulit. Hal ini dilakukan untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Lakukan ini sekitar 5010 menit. Tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

2 dari 4 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Ilustrasi Rambut Rusak © Diadona

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang tidak hanya berguna untuk kulit namun juga untuk rambut. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut? Yuk kita simak.

1. Mengurangi Ketombe

Manfaat minyak zaitun adalah untuk mengurangi ketombe. Kamu bisa kombinasikan minyak zaitun dan sari lemon untuk mendapat hasil rambut bebas dari ketombe. Asam dari sari lemon dipercaya dapat membantu menghilangkan ketombe. Sedangkan minyak zaitun membantu melembapkan kulit kepala yang mengelupas. Campurkan sari lemon dan minyak zaitun dengan menambahkan sedikit air. Pijat pelan pada kulit kepala. Tinggalkan selama 20 menit. Lalu bilas dan cuci dengan shampo. Kamu bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Mengatasi rambut bercabang

Manfaat minyak zaitun dipercaya bisa mengatasi rambut bercabang. Kamu bisa meneteskan minyak zaitun ke rambut anda kemudian ratakan. Maka rambut akan menjadi berat dan lembap. Ini akan memperbaiki rambut dengan cepat. Minyak zaitun ini juga bisa sebagai minyak rambut alami.

3. Mengembalikan kilau alami rambut

Manfaat minyak zaitun juga sebagai kondisioner alami. Selain kelembapan rambut kembali, rambut kamu juga akan terlihat sehat dan berkilau. Minyak zaitun mengandung vitamin A, E, K dan antioksidan yang dapat melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapannya.

4. Rambut mudah ditata

Kamu punya rambut yang sulit untuk ditata? Minyak zaitun bisa mengatasinya. Cukup dengan lapisi rambut kamu dengan setengah cangkir minyak zaitun. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Ketika rambut cukup lembap, rambutmu akan lebih mudah untuk ditata.

Selain untuk wajah dan rambut, manfaat minyak zaitun juga baik untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat minyak zaitun untuk kesehatan? Yuk kita cari tahu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

minyak zaitun © Diadona

Perlu kamu tahu, kandungan dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung 884 kalori dan 100 gram lemak, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh.  

Meskipun kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, namun sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh, atau merupakan lemak yang baik. 

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang terkandung dalam tanaman. Senyawa ini yang mempunyai manfaat untuk memberikan berbagai warna pada makanan. 

Manfaat minyak zaitun juga baik untuk tubuh kita. Tidak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk dalam tubuh juga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Itulah mengapa, polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. 

Adapun manfaat dari minyak zaitun yang diperkaya oleh omega 3 dan omega 6, 15 mg vitamin E, untuk mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh. Serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh.
Selain itu, Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan?

1. Menyehatkan kulit

Adapun manfaat minyak zaitun untuk kulit. Vitamin E dalam minyak zaitun dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit, daya tahan tubuh dan mata. Tidak hanya itu, vitamin E juga dipercaya dapat mencegah beragam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, katarak, dan Alzheimer.

2. Menjaga kecukupan cairan tubuh

Manfaat minyak zaitun yang kedua adalah untuk menjaga hidrasi atau kecukupan cairan tubuh. Dalam minyak zaitun, mengandung natrium yang mampu membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, natrium juga dapat menjaga tekanan darah normal. Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi natrium justru dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Untuk itu, manfaat minyak zaitun bisa kamu rasakan jika dikonsumsi secukupnya.

3. Memperkuat tulang

Manfaat minyak zaitun yang ketiga adalah untuk memperkuat tulang. Buah zaitun juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Sehingga, wajar jika mengonsumsi buah zaitun diyakini dapat membantu untuk memperkuat dan memelihara kepadatan tulang.

4. Membantu pembentukan sel darah merah

Manfaat minyak zaitun yang keempat adalah membentuk pembentukan sel darah merah. Kandungan zat besi di dalam buah zaitun dipercaya dapat membantu tubuh kamu dalam membentuk hemoglobin. Manfaat minyak zaitun ini juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kekuatan otot, dan daya konsentrasi.

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah mencegah penyakit kanker. Buah zaitun merupakan buah yang punya kandungan lemak tak jenuh tunggal sebesar 11-15 persen. Asam lemak tak jenuh tunggal yang paling melimpah di buah zaitun adalah asam oleat. Zat ini mampu mengurangi pembengkakan, menurunkan resiko penyakit jantung hingga melawan kanker.

4 dari 4 halaman

Manfaat minyak Zaitun untuk Pria

ilustrasi pria © Diadona

Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ternyata minyak Zaitun ternyata juga memiliki khasiat bagi pria lho. Apa saja sih khasiatnya? Yuk kita simak.

1. Menurunkan impotensi

Bagi para pria yang tidak bisa ereksi ketika mendapat rangsangan seksual, minyak zaitun bisa menjadi alternatifnya. Kamu bisa mengonsumsi 9 sendok makan minyak zaitun setiap pekan untuk mendapat manfaat minyak zaitun ini.

2. Meningkatkan kadar testosteron

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah meningkatkan hormon seks pada pria.

3. Meningkatkan sirkulasi darah ke organ vital

Manfaat minyak zaitun untuk pria selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah ke organ vital. Mengonsumsi minyak zaitun membuat peredaran darah menjadi lancar. Hal ini juga membantu pria agar aliran darah menuju organ vital menjadi lancar. Caranya adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Dengan menerapkan diet minyak zaitun akan mampu membentuk kehidupan seks yang sehat.

Nah, ternyata banyak ya manfaat minyak zaitun. Jadi mulai sekarang, jangan ragu untuk mengonsumsi minyak zaitun secara rutin untuk kesehatan kamu. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar