17 Gejala Hipotiroid dan Hipertiroid pada Wanita

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 22 Juni 2020 11:23
17 Gejala Hipotiroid dan Hipertiroid pada Wanita
Gejala hipotiroid terlihat samar dan menyerupai penyakit lainnya. Tapi kalau nggak segera diatasi, bisa berbahaya banget lhoo..

Gejala hipotiroid mungkin nggak muncul di tahap awal penyakit. Tapi seiring berjalannya waktu, hipotiroid yang nggak diobati bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, misalnya obesitas, nyeri sendi, ketidaksuburan, hingga penyakit jantung.

Kok jauh amat?

Yup. Ini karena kelenjar tiroid ini punya fungsi yang sangat serius dalam tubuh. Fungsinya yaitu untuk menghasilkan hormon yang membantu mengendalikan banyak fungsi vital tubuh. Saat produksinya berkurang, ini disebut dengan hiipotiroid. Dan kebayang nggak a[a akibatnya juga tubuh kekurangan hormon penting itu?

Karena kondisi ini penting, maka kenali yuk gimana gejala hipotiroid yang mungkin muncul.

 

1 dari 3 halaman

Tanda dan Gejala Hipotoroid

Gejala Hipotiroid © Diadona

Gejala hipotiroid umumnya bervariasi tergantung pada tingkat keparahan hormon. Lalu masalah tersebut bakalan berkembang secara lambat, hingga bertahun-tahun lamanya. Makanya, mungkin banyak orang yang kemudian nggak melihat ada yang aneh dalam tubuhnya.

Pada awalnya, mungkin penderita nggak melihat adanya gejala hipotiroidisme, kayak kecapekan atau kenaikan berat badan. Kadang mereka mengaitkannya dengan pertambahan usia.

Tapi karena metabolisme yang terus melambat, akhirnya gejala hipotiroid jadi lebih berkembang dan masalah karena kekurangan hormon jadi lebih jelas. Berikut tanda dan gejalanya dilansir dari Medical News Today.

Kecapekan

Ini adalah gejala hipotiroid yang paling sering muncul. Penyebabnya, karena hormon yang terlalu sedikit mengalir melalui aliran darah sehingga sel-sel otot nggak mendapatkan sinyal untuk melakukan fungsinya.

Ngerasa lebih Sensitif Terhadap Dingin

Hipotiroid memperlambat metabolisme, sehingga menyebabkan terjadi penurunan suhu tubuh inti. Makanya, muncul gejala hipotiroid berupa kedinginan sepanjang waktu atau punya toleransi yang rendah terhadap dingin.

Tapi ini nggak eksklusif untuk gejala hipotiroid aja. Masalah peredaran darah dan anemia juga bisa membuat orang ngerasa kedinginan.

Sembelit

Hipotiroid memperlambat fungsi pencernaan. Sebuah penelitain melaporkan bahwa tiroid yang kurang aktif bisa menyebabkan masalah di gerakan usus dan aktivitas lambung, usu kecil, usus besar. Perubahan inilah yang akhirnya memunculkan gejala hipertiroid berupa sembelit.

Kulit Kering

Tiroid yang kurang aktif bakalan mempengaruhi kulit dengan berbagai cara sehingga menimbulkan gejala hipotiroid berupa :

  • Kulit kering dan kasar
  • Pucat
  • Kulit kering dan bersisik

Penderita juga sangat mungkin mengalami gejala hipotiroid berupa rambut kering, raphu, kasar, atau kuku yang tipis dan mudah patashPertambahan

Berat Badan

Hormon tiroid punya tugas untuk mengatur berat badan, asupan makanan dan metabolisme lemak serta gula. Sehingga, muncullah

Rambut Rontok

Gejala hipotiroid yang nggak diobati bisa menyebabkan kerontokan rambut. Why? Ini karena hormon tiroid sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan folikel rambut.

Nggak cuman rambut di kepala aja, tapi juga bulu di alis, kaki, dfan bagian tubuh lainnya.

Detak Jantung Melambat

Kadar tiroid yang rendah bisa mempengaruhi jantung dengan perlmabatan detaknya. Namun bisa menimbulkan efek lainnya juga diantaranya:

  • Perubahan tekanan darah
  • Variasi irama jantung
  • Arteri yang kurang elastis

 

Peningkatan Kolesterol dalam Darah

Hormon tiroid memainkan peran penting dalam membuang kelebihan kolesterol dari tubuh melalui hati. Saat hipotiroid atau kadar tiroidnya rendah, maka hati bakalan berjuang untuk menjalankan fungsinya dan muncullah gejala hipotiroid yaitu kadar koletsreol yang meningkat.

Malah nih, penelitian menunjukkan kalau sekitar 13 persen orang dengan kolesterol tinggi punya tiroid yang nggak atif. Akibatya, mereka yang punya kolesterol tinggi disarankan untuk melakukan uji hipotiroid.

Nyeri, kaku, dan Bengkak di Persendian

Gejala hipotiroid bisa mempengaruhi otot dan sendi dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Sakit
  • Kaku
  • Bengkak
  • Lemah

Menstruasi yang Lebih Berat dan Nggak Teratur

Menurut Society of Menstrual Cycle Research, gejala hipotiroid berupa menstruasi yang nggak teratur ini muncul karena penyakit tersebut punya peran dalam ovulais, seperti:

Mengganggu detoksifikasi estrogen
Mengurangi jumlah globulin yang mengikat hormon seks.

Mati Rasa atau Kesemutan

Lagi olahraga, duduk atau berdiri terlalu lama trus tiba-tiba ngerasa kesemutan? Bisa jadi itu merupakan salah satu gejala hipotiroid. Penyebabnya, hormon troid yang terlalu sedikit bisa merusak saraf yang mengirim sinyal dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh.

Ini terjadi karena produksi hormon tiroid yang terlalu sedikit bisa merusak saraf yang bisa merusakan saraf yang mengirim sinyal dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh.

Depresi

Umum banget kalau penderita mengalami gejala hipotiroid berupa :

  • Gelisah
  • Depresi
  • Apatis
  • Terganggungnya fungsi memori
  • Nggak mood ngapa-ngapain
  • Berpikir dan berbicara lambat

Gejala hipotiroid ini terjadi karena otak membutuhkan hormon untuk berfungsi dengan benar. Kalau jumlahnya kurang, maka bisa menyebabkan perubahan struktur dan fungsi otak.

Gondok

Yaitu gejala hipotiroid berupa pembesaran kelenjar di dasar leher. Gejala gondok lainnya termasuk:

  • Batuk
  • Suara serak
  • Problem saat menelan dan bernapas

Tapi gondok terjadi bukan cuman sebagai gejala hipotiroid aja, karena bisa juga muncul karena kekurangan yodium dan tiroiditis Hashimoto.

2 dari 3 halaman

Gejala Hipertiroid dan Hipotiroid

Penyakit Hipertiroid © Diadona

Sebaliknya, bila kelenjar menghasilkan terlalu banyak tiroid, maka disbeut dengan hipertiroid Kayak gimana sih gejalanya?

Gejala penyakit hipertiroid:

  • Detak jantung yang cepat,
  • Tekanan darah tinggi
  • Tangan yang tremor
  • Munculnya pembengkakan kelenjar tiroid di pangkal leher. Yang paling umum, yaitu bengkak pada leher.

Saat seseorang ngerasa gejala hipotiroid atau hipertiroid di atas, 

jangan ragu untuk segera pergi ke dokter. Tanpa pengobatan, hipotiroid bisa menyebabkan komplikasi yang serius seperti infertilitas, obesitas atau penyakit jantung.

Pemeriksaannya diakukan dengan tes darah sederhana. Sedangkan perawatan yang dilakukan akan melibatkan pengganti tiroid sintesis. Nggak suah khawatir, obat ini aman dan efektif kok selagi dikonsumsi secara tepat.

3 dari 3 halaman

Gejala Hipotiroid pada Wanita

Gejala Hipertiroid © Diadona

Pada wanita, gejala hipotiroid mempengaruhi siklus menstruasi. Penyakit ini terjadi pada 2 dari 100 wanita, dan lebih umum ketimbang pada pria.

Karena gejala hipotiroid yang samar, banyak wanita yang cenderung terlambat dalam penanganan. Akibatnya, bsia bange muncul komplikasi seperti penurunan fungsi jantung, keguguran berulang, infertilitas, hingga cacat lahir kalau penyakit ini muncul selama kehamilan.

Beri Komentar