16 Penyebab Penyakit Liver dan Pengobatannya

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 19 Juni 2020 12:44
16 Penyebab Penyakit Liver dan Pengobatannya
Perlu diketahui beberapa hal ini bisa jadi penyebab liver.

Beberapa faktor ini bisa jadi penyebab penyakit liver. Mulai dari kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu sampai menderita beberapa penyakit. Penyakit liver maksudnya adalah gangguan yang terjadi di liver atau hati sehingga menyebabkan organ tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik.

Padahal hati ini memiliki peran melakukan regenerasi dengan cepat untuk mengganti sel-selnya yang rusak. Namun, kalau sel yang rusak cukup banyak tentu saja akan mengganggu fungsi hati. Biasanya kerusakan sel yang mencapai 75% sudah mengganggu sistem hati.

Menurunnya kinerja hati ini terjadi secara bertahap. Biasanya hal ini berdasarkan perkembangan penyakit yang mendasarinya.

1 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Liver

Ilustrasi Alkohol © Diadona
Ada banyak penyebab penyakit liver yang perlu kita waspadai, diantaranya yaitu:

Alkohol


Alkohol bukanlah minuman yang dianjurkan, justru dihindari. Apabila terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan beberapa macam penyakit. Salah satunya penyakit liver.

Kondisi ini biasa disebut dengan penyakit liver terkait alkohol. Sebab, alkohol bersifat toksik untuk sel-sel dalam hati, terutama saat menyaring alkohol dari darah. Alkohol ini bisa membuat sel-selnya hati mati.

2 dari 5 halaman

Penyakit Liver yang Diturunkan

Ilustrasi Penyakit Liver © Diadona
Penyebab penyakit liver bisa karena kelainan genetik atau yang bisa disebut dengan inherited liver disease. Gangguan fungsi organ hati ini yang paling dikenal adalah hemokromatosis dan difisiensi-1 antitripsin.

Penyakit Liver Kolestasis


Selanjutnya penyakit liver kolestasis atau cholestatic liver disease juga jadi penyebab liver. Hal ini bisa dikarenakan gangguan dari sel hati atau gangguan di saluran empedu. Penyebab gangguan saluran empedu atau cholangiocellular cholestasis yaitu primary biliaru cirrchosis, cystis fibrosis dan primary sclerosing cholangitis.

3 dari 5 halaman

Perlemakan Hati Secara Berlebih

Ilustrasi Obesitas © Diadona
Penyebab penyakit liver bisa juga karena perlemakan di hati atau non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Kondisi ini terjadi saat di sel-sel hati terjadi penumpukan lemak yang bisa mengganggu liver. Biasanya terjadi karena obesitas. Itu kenapa penting banget buat menjaga pola makan dan berolahraga.

Hepatitis


Peradangan di jaringan hati memicu munculnya penyakit hepatitis. Adapun dua kondisi yang bisa terjadi, yaitu hepatitis akut maupun kronis. Hepatitis dibagi menjadi beberapa, antara lain hepatitis A, B, C, D, E dan hepatitis autoimun.

4 dari 5 halaman

Hepatitis Toksik

Hepatitis adalah © Diadona
Hepatitis toksik atau toxic hepatitis ini diakibatkan oleh paparan zat kimia yang beracun. Misalnya berasal dari suplemen makanan, obat-obatan dan zat kimia lainnya.

Jika mengonsumsinya secara berlebihan maka bisa jadi penyebab penyakit hati. Adapun beberapa obat yang tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan apalagi tanpa resep dokter, yaitu paracetamol, amoxillin, diclofenac, isoniazid, fenofibrate dan pgenytoin.

Kanker Hati


Kemungkinan selanjutnya yang jadi penyebab liver adalah kanker hati yang berawal dari organ hati. Adapun beberapa jenis kanker hati, seperti hepatoblastoma, hepatocellular carcinoma (HCC) dan cholangiocarcinoma.

5 dari 5 halaman

Penyebab Liver Bengkak

Ilustrasi Penyakit Liver © Diadona
Selain penyakit-penyakit di atas, ada pula yang jadi faktor-faktor lainnya, yaitu:

1. Mengonsumsi alkohol yang berlebihan.

2. Obesitas, seperti yang sempat disinggung sebelumnya kalau obesitas bisa membuat terjadinya penumpukan lemak di hati.

3. Terpapar darah atau cairan tubuh orang lain.

4. Terpapar racun atau zat kimia tertentu.

5. Penyalahgunaan NAPZA, apalagi berbagi jarum suntik.

6. Menderita diabetes.

7. Memiliki riwayat penyakit liver dari anggota keluarga lainnya.

8. Memasang tato permanen atau tindik.

9. Sering gonta-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.

Itu tadi beberapa faktor penyebab penyakit liver yang perlu dihindari. Yuk, terapkan hidup sehat!

Beri Komentar