16 Manfaat Buah Pir Hijau untuk Kesehatan Ibu Hamil, dan Diet

Reporter : Sofi
Senin, 6 Januari 2020 14:44
16 Manfaat Buah Pir Hijau untuk Kesehatan Ibu Hamil, dan Diet
Buah pir adalah salah satu buah yang sering kita jumpai di pasar dan swalayan. Tekstur renyah, berair dan manis dalam buah pir ini mengandung banyak manfaat. Berikut manfaat buah pir tersebut.

Buah pir adalah buah dengan rasa manis berbentuk lonceng yang telah dinikmati sejak zaman kuno. Buah pir ini bisa dimakan renyah atau lunak. Buah pir tidak hanya lezat tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan ibu hamil, dan diet. Pir sangat kaya akan folat, vitamin C, tembaga, dan kalium.

Mereka juga merupakan sumber antioksidan polifenol yang baik. Dari nutrisi yang terkandung tersebut, telah dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah manfaat buah pir yang mengensankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Wanita Hamil © Diadona

Para ibu hamil pasti akan selalu menjaga dan memperhatikan makanan apa saja yang akan dikonsumsinya akan berdampak baik juga bagi bayi dalam kandungannya. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah pir. Apa saja manfaat buah pir ini untuk ibu hamil? Berikut adalah manfaat buah pir untuk ibu hamil.

1. Membentuk sistem kekebalan, penglihatan dan perkembangan organ pada janin

Manfaat buah pir untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk membentuk sistem kekebalan, penglihatan dan organ lain pada janin. Buah pir sangat kaya akan vitamin A, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan dari trimester pertama hingga persalinan. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan masalah pada masa kehamilan.

Vitamin A membantu membangun sistem kekebalan bersama dengan nutrisi lain, mengurangi kemungkinan tertular penyakit menular. Vitamin A berasal dari beta-karoten yang membantu mencegah penyakit yang berasal dari bakteri patogen. Vitamin A dikenal untuk meningkatkan kualitas penglihatan, membantu perkembangan mata pada janin dan menjaga kesehatan mata pada ibu.

Vitamin A diketahui mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin, misalnya, sistem pernapasan, sistem saraf, sistem peredaran darah, dan sebagainya, diatur dalam janin oleh vitamin ini. Lebih lanjut, organ-organ seperti ginjal dan tulang juga membutuhkannya untuk perkembangan yang tepat.

2. Meminimalisir risiko cacat

Manfaat buah pir selanjutnya adalah meminimalirsir risiko cacat. Selain rasanya yang manis dan segar, buah pir juga mengandung vitamin B6. Ibu hamil dan janin dalam kandungan membutuhkan makanan sehat ibu hamil yang mengandung vitamin B6. Kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan risiko cacat yang lebih tinggi pada janin.

Vitamin B6 mendukung perkembangan fungsi kognitif dan motorik pada janin dan bayi baru lahir. Ini juga membantu dalam pertumbuhan jaringan saraf janin. Vitamin B6 membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respon imun terhadap infeksi.

Asupan vitamin B6 yang cukup akan mencegah bayi atau janin dari gangguan mental dan gangguan sistem darah. Selain itu kandungan asam folat pada buah pir akan membantu janin untuk menghindari risiko cacat tabung saraf dan membantu dalam produksi sel darah merah, sistem jantung dan protein untuk DNA janin.

3. Sebagai asupan kalori

Manfaat buah pir lainnya adalah sebagai sumber kalori yang sehat. Kalori dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber energi. Sepanjang kehamilan, ibu hamil harus terus melakukan berbagai kegiatan termasuk pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Kurangnya asupan kalori akan menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi lebih lemah dan mudah sakit. Selain itu, kebutuhan kalori untuk ibu hamil akan lebih tinggi saat memasuki trimester ketiga. Energi sangat penting untuk semua proses kehamilan, termasuk pertumbuhan janin, perkembangan kehamilan, produksi ASI untuk bayi dan sebagainya. Meskipun pir rendah kalori, pir merupakan sumber karbohidrat buah yang sehat.

4. Antioksidan dari vitamin C

Manfaat buah pir selanjutnya adalah penghasil vitamin C yang hebat. Vitamin C adalah antioksidan yang sangat penting karena mengatur beberapa fungsi dalam tubuh manusia. Vitamin C melawan radikal bebas dalam sel, yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif dan mengganggu reaksi seluler yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan produksi energi pada ibu hamil.

Vitamin C pada buah pir mendorong perkembangan neurologis pada janin, serta keterampilan kognitif pada bayi. Selain itu buah pir juga dapat memperkuat gusi dan gigi pada janin dan ibu hamil. Vitamin C pada buah pir membantu menyerap nutrisi dari makanan, terutama zat besi.

Zat besi sangat penting dalam perkembangan bayi, terutama dalam pembentukan darah dan sistem peredaran darah. Vitamin C yang ditemukan dalam buah pir adalah salah satu zat yang dapat mencegah kanker pada wanita hamil dan janin. Janin yang mendapat asupan vitamin C penuh selama kehamilan memiliki risiko kecil untuk kanker.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

5. Melancarkan pencernaan, dan meringankan gejala kehamilan

Serat pada buah pir sangat penting untuk berfungsinya sistem pencernaan. Ibu hamil mengalami banyak masalah pencernaan karena penyempitan ruang yang disebabkan oleh rahim yang membesar. Makanan kaya serat akan membantu meringankan komplikasi seperti sembelit.

Selain itu buah pir juga mengandung magnesium yang penting dalam melemaskan otot-otot tubuh selama kehamilan, sehingga mengurangi stres fisik dan kelelahan. Manfaat buah pir juga didapatkan bagi ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness. Vitamin B6 pada buah pir juga mengurangi frekuensi gejala kehamilan seperti mual dan muntah yang terjadi selama beberapa bulan pertama kehamilan.

6. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat buah pir yang lain adalah mampu mengontrol tekanan darah. Pir mengandung kalium dalam jumlah kecil tetapi dapat memberi manfaat pada beberapa fungsi tubuh di tingkat sel dan jaringan. Kalium membantu pemeliharaan tingkat tekanan darah serta denyut jantung pada janin dan ibu hamil. Kalium membantu menyeimbangkan elektrolit yang ada dalam darah serta cairan jaringan, menjaga tubuh berfungsi secara efisien.

Dengan begitu kalium mengurangi kemungkinan kram di perut atau kaki, yang menganggu kenyamanan ibu hamil. Kalium juga menstabilkan sistem saraf, meningkatkan fungsi motorik dan koordinasi. Selain itu kandungan serat pada buah pir juga dikaitkan dengan kontrol tekanan darah, seperti hipertensi kehamilan.

7. Membantu produksi sel darah

Kandungan tembaga pada pir membantu dalam produksi sel darah merah bersama dengan zat besi dan vitamin B. Ini sangat penting karena wanita hamil memiliki sekitar satu liter darah lebih banyak daripada orang dewasa yang tidak hamil. Tembaga sangat membantu dalam pengembangan beberapa organ dan sistem organ, seperti tulang, hati, pembuluh darah, dan sebagainya.

Buah pir juga kaya akan asam folat. Asam folat sangat penting dalam pertumbuhan janin. Asam folat mendukung produksi dan pengembangan darah dan sistem peredaran darah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir Hijau

buah pear © Diadona

 

Jika buah pir yang biasa kita jumpai adalah buah pir dengan kulit berwarna kuning, kali ini buah pir juga ada yang berwarna hijau. Buah pir hijau ini biasa ditemukan di swalayan. Pada dasarnya buah pir kuning dan hijau ini memiliki khasiat yang sama dengan rasanya yang manis dan renyah. Lalu apa sajakah manfaat buah pir hijau ini? Berikut adalah manfaat tersebut.

1. Mencegah peradangan

Manfaat buah pir yang pertama adalah mampu mencegah peradangan, baik peradangan normal maupun peradangan kronis yang membahayakan kesehatan tubuh. Peradangan kronis yang terjadi dalam tubuh dan berjangka panjang bisa mengakibatkan masalah serius seperti penyakit jantung dan diabetes.

2. Mengandung antikanker

Selain mengandung senyawa yang dapat mencegah peradangan, buah pir juga mengandung senyawa yang memiliki sifat anti kanker. Mengonsumsi buah pir yang kaya flavonoid juga mampu melindungi tubuh dari bahaya berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara dan ovarium pada perempuan. Walau begitu, para ahli tidak menganggap pir sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan kanker.

3. Membantu menurunkan berat badan

Tak banyak yang tahu, kalau ternyata buah pir juga bisa dijadikan menu untuk menurunkan berat badan. Kombinasi antara kandungan air yang tinggi, kalori yang rendah dan kandungan serat baiknya, membuat manfaat buah pir ini dapat menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan kesehatan usus

Pir menawarkan serat makanan, termasuk prebiotik, yang meningkatkan kesehatan usus, meredakan sembelit, dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan serat paling banyak dari buah pir, makanlah dengan kulitnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Diet

ilustrasi diet © Diadona

Ini adalah salah satu buah yang bebas lemak serta kolesterol. Oleh karena itu, pir menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang tengah mengurangi berat badan. Sebuah penelitian dari Louisiana State University menemukan bahwa orang yang mengonsumsi pir ternyata mengalami penurunan risiko terkena obesitas. Diketahui bahwa mengonsumsi buah ini dapat membantu kamu menjaga agar tidak kegemukan.

Pada jurnal yang diterbitkan dalam Nutrition and Food Science menyebut bahwa mengonsumsi pir memiliki berat badan yang lebih ringan dan memiliki 35% kemungkinan lebih kecil untuk mengalami obesitas.Penelitian ini dilakukan selama sembilan tahun melalui National Health and Nutrition Examination Survey. Data penelitian didapat dari sekitar 24.808 peserta yang berusia 19 tahun ke atas.

Berdasar data tersebut, para peneliti menemukan bahwa konsumen buah pir biasanya berusia lebih tua, mengonsumsi sedikit alkohol, serta jarang merokok. Konsumen buah pir juga memiliki kualitas diet yang lebih baik yang ditandai dengan kadar tinggi serat dan vitamin serta kadar rendah pada lemak dan gula. Dibandingkan hasil penelitian antara konsumen buah pir dengan bukan konsumen pir yang mengonsumsi jumlah kalori yang sama.

Kondisi ini berlaku bagi mereka yang mengonsumsi buah pir utuh, mengonsumsi biji-bijian, protein berbasis makanan laut, serta membatasi asupan natrium dan kalori. Serat dalam buah pir membantu sistem pencernaan kita dan membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat kita tidak cepat tergoda dengan makanan sehingga berefek pada berat badan yang lebih ideal. Selain itu, juga membantu kita mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

ilustrasi wanita senang © Diadona

Pir sangat kaya akan folat, vitamin C, tembaga, dan kalium. Mereka juga merupakan sumber antioksidan polifenol yang baik. Dari kandungan nutrisi tersbut dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat buah pir untuk kesehatan.

1. Mencegah sembelit

Manfaat buah pir untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah sembelit. Buah berbentuk bulat ini membantu mencegah sembelit dan kandungan seratnya sangat bagus untuk membantu pencernaan lebih baik.

2. Menurunkan risiko diabetes

Buah pir membantu dalam menjaga tingkat gula darah dalam kontrol. Maka dari itu manfaat buah pir ini juga menurunkan risiko terkena diabetes.

3. Menjaga kesehatan jantung

Asupan makanan yang kaya serat ini mengurangi risiko peradangan, dan masalah yang berhubungan dengan jantung. Juga membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Menjaga kekebalan imunitas tubuh

Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa makanan kaya serat membantu dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana menurut kamu mengenai manfaat buah pir di atas? Mengesankan bukan? Beri tahu jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar