15 Cara Menghilangkan Kutil di Leher, Wajah, Tangan dan Kelamin

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 14 Februari 2020 14:06
15 Cara Menghilangkan Kutil di Leher, Wajah, Tangan dan Kelamin
Meskipun kadang bisa hilang sendiri, tapi ada banyak cara menghilangkan kutil biar nggak melebar kemana mana

Tangan dan jari memang sangat rentan terkena infeksi, salah satunya yakni kutil ini.
Dan kutil juga terbagi dalam beberapa jenis. Salahs tunya yakni kutil yang biasa menyerang. Ini merupakan jenis kutil yang kemungkinan besar muncul di punggung tangan dan jari. Ukurannya berkisar dari sangat kecil, seperti biji opium, hingga seukuran kacang polong.

Kutil biasa memiliki tekstur kasar dan bersisik, dan sulit disentuh. Warnanya bervariasi dari mulai putih, cokelat, merah muda, abu-abu Kadang-kadang, pembuluh darah kecil yang menggumpal yang terlihat seperti titik-titik hitam dapat terlihat pada kutil biasa.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan kutil. Kutil juga bisa lho hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun, tetapi itu bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kutil pada anak-anak cenderung lebih mudah menghilang daripada kutil pada orang dewasa.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Leher

Ilustrasi Obat © Diadona

Jadi, apa sih kutil itu? Kutil merupakan sesuatu yang keras dan bertumbuh, kadang bergelombang dan kasar. Kutil ini ditulatkan melalui elalui kontak biasa, jadi kutil sangat umum terdapat di area seperti tangan, jari, wajah, dan kaki. Namun nggak menutup kemungkinan kalau kutil bisa muncul di leher ataupun kelamin.

Kutil berasal dari human papilloma virus (HPV), dan ada 100 lebih jenis dari HPV ini. Meski begitu, hanya sejumlah kecil virus yang bisa menginfeksi dan menadi kutil.

Asam Salisilat

Asam salisilat mungkin cara menghilangkan kutil yang paling efektif. Asam salisilat tersedia tanpa resep dalam beberapa bentuk, termasuk sebagai cairan pekat, gel, atau bantalan perekat.

Asam ini juga tersedia dalam berbagai konsentrasi. Nah sebelum menggunakan asam salisilat ini sebagai cara menghilangkan kutil, konsultasikan dengan dokter tentang jenis dan kekuatan asam salisilat yang harus digunakan.

Untuk hasil terbaik dalam cara menghilangkan kutil, coba rendam kutil dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit pertama, untuk melunakkannya.

Selanjutnya, kelupas kulit mati bagian atas dengan kikir kuku atau batu apung. Pastikan untuk berhenti menggososk kalau kamu jerasa nggak nyaman. Selanjutnya, oleskan asam salisilat sesuai dengan petunjuk dokter, atau petunjuk pada paket.

Lakban

Iya, cara menghilangkan kutil bisa dilakukan dengan menggunakan selotip. Ini bekerja dengan menghilangkan kutil lapis demi lapis, selama beberapa minggu.

Cara menghilangkan kutil dengan lakban yakni dengan meletakkan selembar selotip kecil di kutil lalu biarkan selam atiga sampai enam hari. Lepaskan selotip dan gosok kutil dengan kikir kuku atau batu apung dengan lembut, biarkan terkena udara selama sekitar dua belas jam. Pasang kembali lakban dan ulangi proses ini sampai kutil hilang sepenuhnya.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Kadang kutil juga bisa kembali lagi setelah dihilangkan.

 

Ilustrasi Cuka Apel © Diadona


Meskipun kutil bersifat menular, tapi bisa juga hanya satu orang dalams atu keluarga yang mengidap kutil ini. Selain itu, kutil seringnya tumbuh hanya di satu bagian tubuh. Berikut cara menghilangkan kutil yang muncul di wajah.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah asam ringan yang dapat membantu membakar kutil dengan menyerang virus. Untuk memnggunakan cuka sari apel sebagai cara menghilangkan kutil, buat campuran dua bagian cuka sari apel dan satu bagian air. Selanjutnya, rendam bola kapas dalam campuran dan oleskan ke kutil. Kaset atau perban di tempat semalaman. Ulangi setiap malam sampai kutil hilang

Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan kutil dengan air lemon ini berdasarkan pada penelitian di India Journal of Dermatology. Yakni, asam sitrat dalam jus lemon sama efektifnya dengan krim topikal tretinoin pada pengangkatan kutil dengan efek samping yang lebih sedikit.

Untuk menggunakan air perasan lemon sebagai cara menghilangkan kutil, encerkan air perasan lemon sebelum digunakan. Metode ini sama halnya dengan penggunaan cuka sari apel.

bawang putih © Diadona

Ekstrak Bawang Putih

Bawang putih menjadi cara menghilangkan kutil karena sifat antivirusnya, berkat senyawa yang dikandungnya disebut allium sativum. Tempatkan bawang putih yang dihancurkan langsung di kutil, dan tutupi. Terapkan kembali setiap hari, sampai kutil hilang.

Cat Kuku Bening

Cara menghilangkan kutil ini dianggap bekerja dengan prinsip membekap kutil. Nah, coba deh lukis cart kuku ini di bagian yang terkena kutil setiap hari selam adua minggu.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Tangan

Ilustrasi Obat © Diadona

Kutil di tangan bisa kamu sembuhkan dengan cara menghilangkan kutil dengan bahan-bahan alami yangs udah Diadona bahas di atas. Tapi gimana kalau ternyata kurang nampol juga? Mungkin kamu butuh penanganan medis untuk cara menghilangkan kutil.

Beberapa kutil yang muncul mungkin memerlukan perawatan profesial dalam cara menghilangkan kutil. Misalny,a kutil peringual atau subungual. Dan kalau kutil tersebut ada banyak di tangan, mungkin sedikit sulit untuk menghobatinya sendiri.

Berikuit lima pilihan cara menghilangkan kutil secara medis

Imunoterapi

Cara menghilangkan kutil ini dilakukan dengan menyuntikkan antigen, seperti Candida, ke dalam kutil untuk menghasilkan reaksi kekebalan. Setelah prosesnya mungkin kamu akan merasakan ketidaknyamanan, pembengkakan, dan kemerahan.

Elektrodesikasi dan kuretase

Prosedur cara menghilangkan kutil ini dilakukan di bawah pengaruh bius lokal. Caranya, yakni dengan mengirimkan arus listrik ke kutil, untuk membunuh suplai darahnya. Selanjutnya dokter akan memotong kutil tersebut.

Cantharidin

Cantharidin adalah bahan kimia yang menyebabkan lepuh terbentuk di bawah kutil. Untuk cara menghilangkan kutil, obat ini akan dioleskan pada kutil dan dibiarkan menembus selama beberapa jam. Selanjutnay dokter akan melakukan prosedur penghilangan kutil. Bagi sebagian orang, cara menghilangkan kutil dengan prosedur ini bisa saja menyakitkan.

Cryotherapy

Cryotherapy menggunakan nitrogen cair dalam cara menghilangkan kutil. Nitrogen ini disuntikkan atau diaplikasikan pada kutil lalu membekukannya. Perawatan ini kadang-kadang dilakukan bersamaan dengan perawatan asam salisilat.

Terapi Laser

Cara menghilangkan kutil dengan medis jugabisa dilakukand engan terapi laseruntuk membakar pembuluh darah di kutil. Selanjutnya terapi laser ini akan membunuh jaringan dan menyebabkan kutil jadi jatuh. Cara menghilangkan kutil dengan ini dapat menyebabkan terjadinya jaringan parut.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

Ilustrasi Obat © Diadona

Dikhawatirkan ada jenis HPV genital yang berkaitan dengan kanker serviks. Namun, perlu pengujian lebih lanjut apakah kutil yang terbentuk di area kelamin ini merupakan jenis HOV penyebabkan kanker serviks.

Tes ini umumnya diperuntukkan bagi wanita usia 30 dan lebih tua. Ini tidak berguna bagi wanita yang lebih muda karena bagi mereka, HPV biasanya hilang tanpa perawatan

Tetapi kalau kamu mengalami gatal-gatal, terbakar, dan sakit, atau jika khawatir akan menyebarkan infeksi, sebauknya kamu segera mencari cara menghilangkan kutil dengan datang ke dokter.

Cara menghilangkan kutil di kelamin bisa dilakukan dengan pemberian obat berikut:

Imiquimod (Aldara, Zyclara)

Krim ini tampaknya meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kutil kelamin. Hindari kontak seksual saat krim ada di kulit. Ini bisa melemahkan kondom dan diafragma dan mengiritasi kulit pasangan.

Podofilin dan podofilox (Condylox)

Podofilin adalah resin nabati dapat sebagai cara meghilangkan kutil karena menghancurkan jaringan kutil kelamin. Podofilox mengandung senyawa aktif yang sama, tetapi kamu dapat menggunakannya di rumah.

Asam trikloroasetat

Ini merupakan perawatan kimia yang membakar kutil kelamin, dan dapat digunakan untuk kutil internal. Efek samping dapat termasuk iritasi kulit ringan, luka atau rasa sakit.

Sinecatechins (Veregen)

Krim ini digunakan untuk pengobatan kutil kelamin eksternal dan kutil di dalam atau di sekitar lubang anus. Efek samping, seperti kemerahan pada kulit, gatal atau terbakar, dan nyeri, seringkali ringan.

Untuk cara menghilangkan kutil di area kelamin, plis banget buat nggak menggunakan penghilang kutil yang dijual bebas. Karena obat-obatan tersebut nggak dimaksudkan untuk digunakan di area genital.

Beri Komentar