14 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Kecantikan, Kesuburan serta Kanker

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 Januari 2020 18:08
14 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Kecantikan, Kesuburan serta Kanker
Buah yang juga tergolong umbi sejenis lobak ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat yang berguna bagi tubuh.

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga amaranthaceae-Chenopodiaceae yakni masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Secara umum buah ini hanya digunakan akarnya saja untuk obat kesehatan. Namun seiring berjalannya waktu, daging dan daunnya juga populer dikonsumsi.

Buah ini pertama kali dikonsumsi masyarakat afrika ribun tahun lalu. Akar buahnya yang populer kemudian menyebar ke wilayah asia dan eropa.

Di abad 16 hingga 19, buah bit digunakan untuk mendapatkan segudang manfaatnya. Jus daging buah bit biasa diguankan untuk pewarna makanan. Kemudian kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman.

Lalu, apa saja sih manfaat dari buah bit sehingga buah ini banyak dikonsumsi masyarakat? Kali ini kami akan mengulas tentang buah bit dan segudang manfaatnya. Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Buah bit dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung karbohidrat. Sementara itu kandungan lemak, kalori, dan proteinnya sangat rendah.

Sejumlah nutrisi yang ditemukan dalam buah bit antara lain:

-Asam folat
-Kaliumen
-Serat
-Vitamin C
-Magnesium
-Zat besi
-Fosfor
-Triptofan
-Caumarin
-Betasianin

Lalu, apa saja manfaat buah bit untuk kesehatan?

1. Mengandung antioksidan

Manfaat buah bit yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan. Buah bit memiliki kandungan fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Buah bit juga mengandung betalain yang dapat melindungi perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh.

2. Detoks alami

Manfaat buah bit yang kedua adalah sebagai detoks atau mengeluarkan racun secara alami dalam tubuh. Kamu bisa mendapat manfaat buah bit ini dengan rutin mengonsumsi jus bit untuk membersihkan ginjal dan hati dari racun yang tertimbun.

3. Mencegah hipertensi

Manfaat buah bit berikutnya adalah dapat mencegah hipertensi. Telah terbukti minum jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya dipercaya dpaat menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan stamina

Manfaat buah bit untuk kesehatan dapat meningkatkan stamina. Minum jus bit dipercaya dapat membantu orang yang berolahraga. Dengan mengonsumsi buah bit, atlet 16 persen lebih kuat dan berstamina karena kandungan nitratnya.

5. Mencegah Anemia

Manfaat buah bit yang ke-lima adalah dipercaya dapat mencegah anemia. Kandungan zat besinya yang tinggi dipercaya dapat meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel darah merah.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Buah bit ternyata juga punya banyak manfaat untuk ibu hamil lho. Buah ini memang sangat direkomenddasikan untuk ibu hamil karena khasiatnya. Apa saja manfaat buah bit untuk ibu hamil?

1. Menambah imunitas untuk bumil

Manfaat buah bit untuk ibu hamil yang pertama dapat menambah imunitas. Tingkat kekebalan bumil harus optimal selama kehamilan agar sistem tubuh terhindar dari risiko infeksi penyakit. Buah bit yang kaya akan antioksidan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh selam kehamilan.

2. Menurunkan kemungkinan anomali kelahiran

Manfaat buah bit selanjutnya dapat mencegah kemungkinan anomali kelahiran. Kandungan asam folat dalam buah bit sangat dianjurakan untuk membantu pertumbuhan jaringan serta perkembangan yang tepat dari sumsum tulang belakan bayi.

3. Mendukung perkembangan janin

Manfaat buah bit untuk ibu hamil yang ketiga adalah mendukung perkembangan janin. Kandungan vitamin E dan A membuat buah bit cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. Ini akan membantu janin berkembang dengan baik.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk kecantikan

Ilustrasi Wajah Wanita Sehat Cantik © Diadona

Buah bit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, manfaat buah bit ternyata tidak hanya untuk kesehatan saja, melainkan juga untuk kecantikan. Berikut telah kami rangkum beberapa manfaat buah bit untuk kecantikan. Yuk kita simak.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah bit yang pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Buah bit merupakan sumber antioksidan yang sagat baik. Kandungan ini juga sangat baik sebagai efek anti penuaan. Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

2. Mengurangi noda hitam pada wajah

Manfaat buah bit untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengurangi noda hitam pada wajah. Vitamin C pada buah bit sangat efektif dalam mengurangi pigmentasi dan noda pada wajah.

3. Melembabkan kulit kering

Manfaat buah bit untuk kecantikan yang ketiga dapat melembabkan kulit kering. Buah bit dapat menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap lembab, halus dan kenyal.

4. Mencegah rambut rontok

Manfaat buah bit untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mencegah rambut rontok. Kandungan kalium dan potasium dalam buah bit dapat menutrisi rambut sehingga rambut lebih sehat dan kuat. Serta dapat mencegahnya dari kerontokan.

5. Mencegah jerawat

Manfaat buah bit untuk kecantikan yang kelima adalah dapat mencegah jerawat. Buah bit kaya akan vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan yang dapat meminimalisir minyak berlebih pada kulit, serta menutrisi kulit wajah. Jadi mengonsumsi buah bit dapat membantu mencegah jerawat yang akan muncul pada wajah. Selain dimakan maupun dijadikan jus, kamu juga bisa membuatnya menjadi masker wajah.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Kesuburan

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Manfaat buah bit ternyata juga bisa meningkatkan kesuburan. Buah bit berperan dalam menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat untuk kesuburan wanita. Mengonsumsinya bisa dengan cara membuat jus. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan bahan lain seperti lemon.

Nitrat yang terkandung di dalamnya mudah diserap oleh lambung dan usus halus, sehingga konversinya menjadi oksida nitrat menjadi lebih cepat. Penelitian mengatakan khasiat buah bit untuk kesuburan bisa dirasakan dalam waktu 12 hari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Bit Untuk Kanker

Buah bit ternyata juga memiliki manfaat untuk kanker. Kandungan fitonutrian di dalam buah bit, seperti betalains bermanfaat untuk menghambat pembentukan karsinogen dan meningkatkan produksi sel imun, serta enzim tubuh yang mebantu menghentikan produksi sel kanker.

Selain itu, Manfaat buah bit untuk kanker dipercaya dapat menyembuhkan kanker serviks. Kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang wanita yang aktif berhubungan intim.

Selain mengonsumsi obat kanker serviks, pengidap perlu menjaga gaya hidup dan pola makan. Salah satunya adalah memakan buah bit yang dipercaya dapat menyembuhkan kanker serviks.

Nah, ternyata banyak juga manfaat buah bit ini. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar