14 Manfaat Buah Anggur Merah, Hitam, dan Hijau untuk Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Kamis, 16 Januari 2020 14:23
14 Manfaat Buah Anggur Merah, Hitam, dan Hijau untuk Ibu Hamil
Ada banyak jenis anggur di dunia. Yang paling umum adalah anggur merah, anggur hitam, dan anggur hijau. Lalu manfaat apa saja yang terkandung di dalam anggur? Berikut manfaat anggur tersebut.

Anggur ditanam di daerah beriklim sedang di seluruh dunia, termasuk Eropa Selatan, Afrika, Australia, dan Amerika Utara dan Selatan. Mayoritas anggur yang ditanam di AS berasal dari California.

Anggur menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Ada banyak jenis anggur termasuk hijau, merah, hitam, kuning dan merah muda. Mereka tumbuh dalam kelompok dan datang dalam varietas unggulan dan tanpa biji.

Dalam satu cangkir anggur atau setara dengan 151 gr, menyediakan lebih dari 1/4 RDI untuk vitamin C dan vitamin K. Selain itu, buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dari kandungan nutrisi tersebut, manfaat buah anggur tentu banyak dan sangat baik untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat buah anggur yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah

Ilustrasi Buah AnggurIlustrasi Buah Anggur © 2020 https://rawpixel.com

Buah anggur merah yang terkenal dengan rasanya yang lebih manis dibanding jenis anggur lainnya ini banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang cukup tinggi. Selain itu, anggur merah juga kaya akan quercetin. Ini adalah satu jenis antioksidan yang baik bagi tubuh. Berikut adalah manfaat buah anggur merah yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat buah anggur yang pertama adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa studi yang pernah dilakukan oleh para ahli juga menemukan, kalau buah-buahan seperti anggur ini juga kaya akan flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan, kandungan ini juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

2. Mencegah dan melawan kanker

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah mencegah dan melawan kanker. Pada buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut para ahli, kandungan ini sangat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah kanker paru-paru esophagus, kanker mulut, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pancreas, hingga kanker prostat. Pada penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

3. Mengatasi gangguan ginjal dan asam urat

Menurut penelitian yang tercantum dalam Journal of Experimental and Clinical Science, menunjukkan ekstrak buah anggur merupakan campuran polifenol yang menunjukkan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu mengatasi gangguan pada ginjal. Kandungan mineral dalam anggur dapat mengurangi keasaman yang disebabkan asam urat dengan menginduksi buang air kecil. Mineral dalam anggur juga membantu menghilangkan asam urat, mengurangi stres, dan tekanan pada ginjal.

Anggur merah memiliki efek yang sangat membersihkan pada tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah anggur merah yang terakhir adalah meningkatkan kesehatan tulang. Anggur menyediakan banyak nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah Vitamin K yang memiliki peran kuat dalam menjaga kalsium di dalam tulangmu. Buah yang memiliki paduan rasa manis dan asam ini juga mengandung beberapa kalsium, serta fosfor, magnesium, kalium, dan mangan. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa resveratrol juga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Anggur Hitam

Ilustrasi Buah AnggurIlustrasi Buah Anggur © 2020 https://rawpixel.com

Buah anggur hitam ini memiliki rasa sedikit lebih asam dan sedikit sepet. Anggur hitam kaya akan reservatrol. Zat ini memiliki manfaat sebagai anti-aging, karena dapat mencegah penuaan sel kulit. Semakin gelap warna buah anggur semakin tinggi pula kandungan reservatrol di dalamnya. Berikut adalah manfaat buah anggur hitam yang harus kamu ketahui.

1. Melawan penuaan dini

Kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat kaya pada buah anggur ini, ternyata sangat baik untuk kesehatan. Manfaat buah anggur ini bisa untuk melawan penuaan dini, mempercantik kulit. Selain itu juga membantu melindunginya dari berbagai masalah seperti kulit kusam, kering, hingga pecah-pecah.

2. Mencerdaskan otak

Pada penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa, anggur sebagai salah satu yang bisa membantu me-refresh pikiran. Vitamin dan rasa segar pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdas, kemampuan mengingat semakin baik, dan bikin bahagia.

3. Membantu menurunkan berat badan

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur ini, terdapat sebuah senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti mampu untuk menangani masalah berat badan. Jika kamu mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur, ini setara dengan 100 kalori. Sehingga buah anggur bisa menjadi camilan yang menyehatkan bagi kamu yang ingin memiliki berat badan yang ideal.

4. Memori yang lebih tajam

Beberapa studi menarik telah membuktikan manfaat buah anggur pada pembelajaran dan memori. Satu studi 12 minggu yang dilakukan pada 111 orang dewasa tua yang sehat menemukan bahwa 250 mg suplemen anggur setiap hari terlihat meningkat pada skor awal untuk tes kognitif. Tes ini mengukur daya ingat, kemampuan bahasa, dan perhatian.

Studi lain mengungkapkan bahwa delapan ons jus anggur per hari dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kecepatan mengingat. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan apakah anggur dapat membantu menangkal penyakit Alzheimer.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Ilustrasi MakanIlustrasi Makan © 2020 https://rawpixel.com

Buah anggur ini tentu bagus untuk kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Hal ini karena saat orang memakan anggur, kebanyakan tidak mengupas dan mencuci anggur tersebut. Anggur yang tidak dicuci dan dikupas berbahaya untuk ibu hamil.

Selain itu, anggur mengandung senyawa Resveratrol, yang dapat menjadi racun bagi ibu hamil. Keasaman yang ada pada anggur dapat meningkatkan rasa mual bahkan diare untuk ibu hamil di pagi hari. Kemudian, ibu hamil mungkin kesulitan mencerna kulit anggur hitam karena sistem pencernaanmu melemah.

Berikut adalah manfaat buah anggur jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara tepat dan benar.

1. Melindungi terhadap bakteri, virus, dan infeksi ragi tertentu

Anggur mengandung beberapa senyawa yang menunjukkan efek menguntungkan terhadap bakteri, virus, dan infeksi ragi tertentu. Hal ini dibutuhkan ibu hamil untuk tetap sehat ketika menjalani masa hamilnya.

2. Mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tulang

Anggur mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin K.

4 dari 4 halaman

Manfaat Anggur Hijau

Ilustrasi Buah AnggurIlustrasi Buah Anggur © 2020 https://rawpixel.com

Anggur hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu antioksidan yang terdapat pada anggur jenis ini adalah katekin. Katekin memiliki kemampuan antiradang yang baik dan dapat membantu mengeliminasi zat-zat berbahaya dari tubuh. Berikut adalah manfaat buah anggur hijau yang harus kamu ketahui.

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah anggur ini dapat menjaga kesehatan kulit karena kandungan air yang sangat tinggi. Beberapa penelitian mengatakan, bahwa buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien ini ampuh dalam melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

2. Menyehatkan jantung

Kandungan polifenol yang terdapat buah anggur ini juga sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan menunjang endotel. Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur juga dipercaya bisa melindungi tubuh, khususnya jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat atau LDL.

3. Menyehatkan mata

Manfaat buah anggur yang selanjutnya adalah menyehatkan mata. Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Buah tersebut bisa mencegah Anda dari rabun jauh atau dekat, menurunkan risiko kebutaan, dan terhindar dari katarak.

Selain itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam anggur dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi. Buah ini cocok bagi kamu yang menghabiskan waktu sehari-hari di depan komputer, handphone, atau televisi. Mengonsumsi buah ini secara teratur juga akan membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

4. Mencegah peradangan (Inflamasi)

Peradangan kronis adalah ciri khas penyakit seperti radang sendi, tetapi sebenarnya merupakan faktor dalam setiap penyakit. Pembengkakan merupakan respons imun dalam beberapa keadaan, tetapi pembengkakan dapat merusak sel-sel kamu ketika itu terjadi karena kesalahan atau menjadi kronis. Hal itu dapat menjadi pintu berkembangnya penyakit kanker, jantung, dan gangguan autoimun lainnya.

Bubuk anggur telah diuji dalam beberapa studi terkait masalah peradangan. Dalam satu studi dari 24 pria dengan sindrom metabolik (sekelompok faktor risiko untuk diabetes tipe dua dan penyakit kardiovaskular), dosis harian bubuk anggur setara dengan setengah cangkir anggur segar ditemukan secara signifikan meningkatkan tingkat senyawa anti inflamasi di aliran darah mereka.

Jadi, buah anggur mana yang menjadi favoritmu? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar