14 Manfaat Air Kelapa Muda Hijau untuk Ibu Hamil, Vitalitas, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Jumat, 31 Januari 2020 13:25
14 Manfaat Air Kelapa Muda Hijau untuk Ibu Hamil, Vitalitas, dan Kesehatan
Pasti kamu sudah sering berjumpa atau mengonsumsi kelapa muda. Tahukan manfaat apa saja yang bisa kamu dapat ketika mengonsumsi air kelapa ini? Berikut manfaat air kelapa yang harus kamu tahu.

Meminum air kelapa muda memang sangat menyegarkan ketika suhu panas terjadi. Manfaat air kelapa muda dipengaruhi oleh kandungan yang syarat akan gizi. Kandungan gizi ini mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur, namun jangan berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat air kelapa muda yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Ibu hamil tentu membutuhkan banyak nutrisi untuk dirinya dan bayi yang dikandungnya. Dengan meminum air kelapa muda, ibu hamil akan terbantu untuk melengkapi nutrisi hariannya. Berikut adalah manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.

Meringankan mulas dan sembelit

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat meringankan mulas dan sembelit. Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan beberapa masalah seperti mulas, sembelit, dan gangguan pencernaan. Kandungan serat makanan yang kaya dalam air kelapa memperkuat sistem pencernaan, melancarkan pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah sembelit.

Beberapa pengobatan tradisional menganggap air kelapa sebagai pencahar yang sangat baik. Air kelapa muda meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Air kelapa adalah penetral asam alami, dan karenanya mencegah mulas.

Mengobati infeksi

Manfaat air kelapa muda kaya akan vitamin, mineral esensial, dan antioksidan, yang meningkatkan tingkat kekebalan tubuh, memberikan resistensi dari infeksi. Air kelapa muda mengandung asam laurat, asam lemak rantai sedang yang bertanggung jawab untuk produksi antivirus monolaurin yang kuat. Laurat adalah asam penangkal penyakit yang membunuh bakteri berbahaya dan infeksi seperti flu, HIV, dan mempertahankan bakteri baik. Air kelapa menawarkan semua nutrisi untuk ibu hamil.

Nutrisi ini penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Manfaat air kelapa yang dikonsumsi terutama pada trimester ketiga meningkatkan kadar cairan ketuban dan meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

Rendah gula

Air kelapa secara alami mengandung 6 gram gula per porsi 1 cangkir, sementara minuman olahraga menyediakan sekitar 13 gram per cangkir dan jus apel tanpa gula memiliki sekitar 24 gram gula per cangkir. Sangat penting untuk membatasi makanan tinggi gula saat hamil.

Menurut artikel pada Desember 2009 di jurnal " Diabetes Care," makan makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan rendah gula sederhana dapat mengurangi risiko terkena diabetes gestasional. Diet tinggi gula sederhana dapat menyebabkan efek buruk, seperti bayi dengan berat berlebih dan kenaikan berat badan ibu.

Stabilkan tekanan darah

Tingkat elektrolit yang rendah memicu tekanan darah. Minum air kelapa meningkatkan kadar potasium, magnesium, dan asam laurat, yang membantu mengatur tekanan darah. Ini meningkatkan kolesterol baik dan memerangi kolesterol jahat.

Vitamin, protein esensial, dan elektrolit dalam air kelapa mengontrol kadar gula, tingkat tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi. Segelas air kelapa setiap hari sangat berguna pada trimester akhir ketika ada ketegangan yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Memenuhi kebutuhan cairan saat hamil

Minum air kelapa membantu memenuhi peningkatan kebutuhan air saat hamil. Kebutuhan cairan yang lebih tinggi ini mendukung peningkatan volume darah, menjaga volume cairan ketuban dan sirkulasi janin. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil perlu mengonsumsi total 3 liter air per hari.

Sekitar 20% cairan ini berasal dari kelembaban dalam makanan yang dikonsumsi, dan sisanya 2,4 liter harus berasal dari air minum dan minuman bebas kafein. Minum air kelapa sebagai bagian dari asupan cairan memberi ibu hamil variasi dalam minumannya. Selain cairan, air kelapa memasok elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

Nutrisi ini adalah mineral, seperti kalsium, natrium, kalium dan fosfor, yang membawa muatan listrik dalam tubuh. Nutrisi ini membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan, mengatur pH tubuh dan menjaga otot berfungsi dengan baik. Setiap kali ibu berkeringat, mengalami diare atau kehilangan cairan tubuh, tubuh harus mengganti air dan elektrolit yang hilang. Jika ibu menderita morning sickness dengan muntah parah, air kelapa membantu menggantikan elektrolit yang hilang.

Diuretik alami

Selama kehamilan, kadar asam urat harus berada dalam kadar normal dalam sistem tubuh. Air kelapa bersifat diuretik dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil karena adanya potasium, magnesium, dan mineral. Mereka membantu dalam membuang racun dan membersihkan saluran kemih.

Proses ini meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah batu ginjal dan infeksi. Ini juga mencegah infeksi saluran kemih, sehingga menurunkan kemungkinan persalinan prematur.

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda bagi Pria

ilustrasi pria tersenyum © Diadona

Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat air kelapa muda ini juga bagus untuk meningkatkan vitalitas pada pria. Kebanyakan pria saat ini mengkonsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan vitalitas pada pria menurun. Nah, ternyata dengan mengonsumsi air kelapa muda secara rutin juga dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang menganggu tingkat kesuburan pada pria.

3 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda Hijau

Ilustrasi Kelapa Muda Hijau © Diadona

Kelapa memiliki banyak jenis, yang salah satunya adalah kelapa hijau. Kelapa hijau ini sering digunakan sebagai obat bagi sebagian orang. Manfaat apa saja sih yang dipunya? Berikut adalah manfaat air kelapa muda hijau yang mengesankan.

Menghilangkan dehidrasi

Manfaat air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Manfaat air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Mengatasi keluhan pencernaan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Manfaat air kelapa muda diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Menurunkan berat badan

Manfaat air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat–obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Menetralisir racun di tubuh

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Melindungi dan menjaga elastisitas kulit

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan selanjutnya adalah mendapatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan pada air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin C harian kamu. Air kelapa juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C apabila kamu tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.

Menghidrasi kulit

Jika kamu sering mengalami kulit terasa kering, ada kemungkinan bahwa kulit tubuh kamu kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya. Manfaat air kelapa muda dapat menjadi solusi yang tepat. Selain minum banyak air putih, kamu pun bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit. Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Dilakukan setelah mandi karena kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

Apakah air kelapa muda ini adalah minuman favoritmu? Kamu memilihnya dengan benar jika begitu. Banyak manfaat air kelapa muda yang akan kamu rasakan jika kamu meminumnya secara rutin, tapi perlu diingat jika tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar