14 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah, Cepat, dan Tanpa Rasa Sakit

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Januari 2020 18:52
14 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah, Cepat, dan Tanpa Rasa Sakit
Melahirkan normal identik dengan rasa sakit yang berlangsung selama proses kontraksi. Namun, ada cara agar kamu lebih mduah menjalaninya.

Meskipun perlahan stigma bahwa melahirkan nomal lebih baik daripada mereka yang melahirkan lewat operasi, sebagian besar orang berharap dapat melahirkan normal karena berbagai alasan. Diantaranya, proses penyembuhan ibu yang lebih cepat, dapat segera keluar dari rumah sakit, berkurangnya resiko persalinan hingga masalah biaya.

Proses melahirkan normal telah identic dengan rasa sakit. Mengapa? Karena dalam proses melahirkan, otot pada rahim akan berkontraski untuk mengeluarkan bayi dari rahim. Kontraksi inilah yang jadi sumberrasa sakit kamu. Nggak sekedar kontraksi, rasa sakit saat melahirkan juga disebabkan karean bayi terus mencari jalan keluar sehingga berbagai organ di dalam tubuh ibu akan terasa ditekan, seperti perineium, kandung kemih serta usus.

 

1 dari 4 halaman

Cara Cepat Melahirkan Normal

Ilustrasi Wanita Hamil © Diadona

Berdasarkan penelitian, wanita hamil yang punya tingkat kebugaran tinggi cenderung punya proses melahirkan yang lebih singkat. Saat kamu bugar, maka daya tahan tubuh kamu meningkat sehingga bias menjalani proses persalinan dengan tanpa adanya gangguan medis yang berarti.

Ada berbagai cara melahirkan normal yang bisa kamu usahakan, biasanya meliputi gerakan yang bisa kamu lakukan sambil melakukan kegiatan rutin sehari-hari. Selain itu, ada beberapa gerakan yang bisa kamu tambahkan dalam aktivitas harianmu:

Senam Ibu Hamil

Sewaktu mengikuti senam, biasanya kamu akan dibagi-bagi dalam kelompok kelas kecil dan dipandu oleh bidan maupun dokter. Dalam kelas ini akan diajarkan gerakan senam ibu hamil untuk melenturkan daerah uterus, simulasi melahirkan, membantu kontraksi Rahim, memperkuat otot-otot dasar panggul dan simulasi proses kehamilan.

Posisi Squat

Gerakan squat dianggap paling efektif untuk membantu cara melahirkan normal karena bias menguatkan otot panggul sekaligus membantu menurunkan posisi bayi agar turun lebih rendah. Agar lebih efektif, lakukan gerakan ini menjelang tanggal perkiraan kelahiran.

Latihan Pernafasan dengan Yoga

Gerakan yoga dikenal dengan manmfaatnya untuk relaksasi pikiran, meditasi, mengatur pernafasan pengobatan hingga kelenturan tubuh. Seluruh manfaatnya tersebut penting bagi ibu hamil sebagai persiapan cara melahirkan normal.

Melatih pernafasan sangat membantu kamu menghadapi kontraksi melahirkan, ditambah bisa memicu sisten saraf untuk peregangan dan pembukaan dalam proses melahirkan normal.

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Melahirkan Normal

Ilustrasi Bayi © Diadona

Kegiatan tambahanini bisa kamu lakukan biar proses kelahiran bayi bisa mudah dan berjalan dengan normal.

Senam Kegel

Senam kegel dipercaya dapat menguatkan otot-otot dasar panggul yang mendukung kekuatan panggul, yakni Rahim, kandungan kemih dan usus. Organ tersebut menopang proses kelahiran.

Tetap Berhubungan Intim

Disarankan untuk tetap berhubungan intim di minggu-minggu akhir masa persalinan untuk stimulasi produksi hormon oksitosin. Hormon ini dapat merangsang adanya kontraksi. Ditambah, cairan sperma dari suami dipercaya dapat melebarkan sekaligus melenturkan leher Rahim, sehingga kelahirna normal bisa dicapai. Yang patut diingat, tetaplah berhati-hati selama berhubungan untuk meminimalkan adanya resiko.

Banyak Berjalan Kaki

Sudah sering dengar kan kalua ibu hamil disarankan untuk berjalan kaki? Selain dapat meningkatkan kebugaram ibu dan mempersiapkan diri untuk masa melahirkan, berjalan kaki bisa menjadi salah satu cara melahirkan normal karena mendorong bayi untuk kontraksi secara alami. Kalau kamu melakukkany saat sudah kontraksi, kegiatan ini bisa membantu bayi untuk mencapai posisi yang ideal untuk lahir.

3 dari 4 halaman

Cara Agar Melahirkan Normal

Ilustrasi Bayi © Diadona

Entah melahirkan norma maupun dengan operasi, nggak akan mengurangi arti kamu sebagai seorang ibu. Namun bisa dipastikan hampir seluruh calon orang tua ingin persalinan normal, meski harus dihadapkan dengan rasa sakit. Untuk menguatkan diri kamu, yuk ketahui apa saja yang harus kamu persiapkan dalam cara melahirkan normal.

Cari Tahu Kenapa Kamu ingin Melahirkan Normal

Kenali alas an kenapa kamu ingin melahirkan normal. Apakah karena untuk menghindari efek samping karena melahirkan secara operasi, mengurangi intervensi proses kelahiran, atau sebagai pencapain pribadi? Dengan mengenali alasan solid kamu maka nantinya akan membantu mengatasi masalah apapun yang terjadi pada proses kelahiran.

Jangan Menambah Berat Badan Terlalu Banyak

Di luar karena faktor kehamilan, sebaiknya kamu hindari penambhan berat badan yang berlebih. Berat badan yang ideal akan memudahkan bagi kamu yang dalam cara melahirkan normal.

Hamil dengan Resiko Kesehatan Rendah

Keberadaan penyakit tertentu, usia, dan hal lainnya bisa mendorong terjadinya persalinan dengan operasi. Saat dokter memperkirakan metode kelahiran tersebut, maka berkonsultasilah dan menanyakan apa yang bisa kamu usahakan sebagai cara melahirkan normal.

Menggunakan Air

Saat merasa kontraksi pelan sudah mulai muncul, kamu bisa mengurangi rasa sakit dengan berendam sebentar di bathtub, membilas tubuh di bawah shower atau kompres panas sebagai cara melahirkan normal dengan sedikit rasa sakit.

Mempersiapkan Mental dan Fisik

Saat memutuskan untuk hamil dan melahirkan normal, kamu pasti sudah tahu hal apa saja yang akan kamu alami selama prosesnya, baik fisik maupun mental. Untuk itu, persiapan sangatlah penting.

Berpikir Positif

Kamu bisa mempertahankan keinginan untuk tetap berjuang dengan melahirkan normal, dengan mendengarkan mereka yang sukses melewati masa-masa tersebut. Pokoknya, jalani saja dulu dengan sebaik mungkin persiapan yang telah kamu lakukan.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Proses melahirkan normal telah identic dengan rasa sakit. Mengapa? Karena dalam proses melahirkan, otot pada rahim akan berkontraski untuk mengeluarkan bayi dari rahim. Kontraksi inilah yang jadi sumberrasa sakit kamu. Nggak sekedar kontraksi, rasa sakit saat melahirkan juga disebabkan karean bayi terus mencari jalan keluar sehingga berbagai organ di dalam tubuh ibu akan terasa ditekan, seperti perineium, kandung kemih serta usus.

Rasa sakit yang kamu rasakan tergantung pada seberapa besar ukuran bayi, posisi bayi, dan kecepatan saat melahirkan.

Bola Melahirkan

Kamu mungkin pernah melihat bola besar yang sering digunakan untuk gym, kan? Nah, bola tersebut juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit selam proses kontraksi berlangsung. Saat kamu duduk di bola yang nyaman, lengkungan bola persalinan mungkin mengurangi tekanan di panggul, punggung bagian bawah, dan tulang belakang. Duduk di atas bola dalam posisi tegak juga bisa mendorong pembukaan otot-otot panggul, dan memberikan ruang bagi bayi untuk turun ke panggul sebagai persiapan kelahiran.

Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan bola bersalin selama persalinan dapat mengurangi stres dan kecemasan, serta nyeri persalinan.

Memijat

Cara melahirkan normal dengan sedikti rasa sakit bisa kamu dapatkan dnegan Teknik pemijatan. Sebuah studi di 2016 lalu membuktikan bahwa pemiijatan pada ibu yang akan melahirkan mampu menurunakn durasi persalinan dibanding mereka yang tidak dipijat. Semakin sebentar rasa sakit, artinya semakin baik, bukan?

 

Beri Komentar