13 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah dan Kesehatan yang Jarang Diketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 19 Maret 2021 12:43
13 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah dan Kesehatan yang Jarang Diketahui
Tak hanya daging buahnya, ternyata manfaat kulit buah naga pun cukup beragam bagi kesehatan dan kecantikan lho.

Saat ini buah naga menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang. Sebab, selain rasanya yang enak dan memiliki daging buah yang tebal, ternyata kulit dari buah naga juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya terkait khasiat jus buah naga, kini kami akan mengulas mengenai manfaat kulit buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui. Padahal, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kulit buah naga bisa memberikan alternatif alami untuk membantu mencegah berbagai penyakit mematikan lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya tentang manfaat kulit buah naga, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah Diadona.id rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah

Manfaat Kulit Buah Naga © Diadona

Meski berbeda tekstur, namun manfaat kulit buah naga tidak kalah jauh dari daging buahnya kok, guys. Bahkan, beberapa orang percaya, kalau kulit buah naga lebih banyak manfaatnya dibandingkan dagingnya.

Oleh karena itu, berikut manfaat kulit buah naga untuk wajah yang perlu kamu ketahui:

1. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Manfaat kulit buah naga untuk wajah yang pertama ialah mampu mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan dengan kandungan vitamin B3 pada buah naga yang mampu mencerahkan kulit wajah. Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup pakai masker atau lulur buah naga rutin supaya wajah lebih cerah.

Selain itu, buah naga juga memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit yang kasar akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati, lho.

2. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat kulit buah naga untuk wajah berikutnya adalah untuk mencegah serta mengatasi jerawat yang membandel pada wajah. Hal ini dikarenakan buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Caranya, kamu cukup mengambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Kemudian, oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Ohiya, sebelum mengoleskan buah naga ke area jerawat jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu ya.

Setelah itu tunggu olesan buah naga sampai kering, lalu basuhlah dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

2 dari 4 halaman

3. Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi Awet Muda © Diadona

Seperti yang diketahui, vitamin E dikenal sebagai kandungan yang bisa membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu cukup mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin. Tapi untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, kamu juga bisa menghaluskan serta menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin.

4. Melembapkan Kulit

Kamu ingin memiliki kulit wajah yang lembap dan sehat? Mulai sekarang, cobalah untuk mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh, atau dijadikan masker wajah alami. Sebab, kulit buah naga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dengan begitu, kulitmu akan lembap sepanjang hari deh.

5. Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Selain dapat mencegah penuaan dini, manfaat kulit buah naga untuk wajah juga bisa meredakan kulit terbakar sinar matahari. Hal ini karena kombinasi vitamin C dan E pada buah naga yang mampu meredakan inflamasi.

Caranya, kamu cukup mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk diolah menjadi krim kental. Setelah itu, oleskan krim buah naga ini di atas kulit yang terbakar lalu biarkan selama 30 menit, kemudian bilas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Ilustrasi Buah Naga © Diadona

Tumor merupakan benjolan jaringan yang menyerupai pembengkakan. Sebagai informasi, bahwa tidak semua tumor bersifat kanker, namun sebaiknya kamu tetap menemui dokter apabila muncul benjolan tersebut.

Bicara soal tumor, ternyata ada salah satu cara untuk mencegah kondisi tersebut, yakni dengan mencoba manfaat kulit buah naga. Hal ini disebabkan buah naga memiliki kandungan nutrisi, seperti antioksidan, vitamin C serta mineral lain yang berperan aktif dalam pertumbuhan sel abnormal penyebab tumor.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Tak hanya untuk kecantikan, ternyata kulit buah yang satu ini juga baik untuk kesehatan. Ya, manfaat kulit buah naga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker karena mengandung fitoalbumin, vitamin C serta mineral.

Bahkan, beberapa orang percaya bahwa, kulit buah naga bisa menangkal kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker darah.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Ini dia manfaat kulit buah naga untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan, yakni sebagai salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Caranya, kamu cukup merebus kulit buah naga lalu tambahkan dengan madu. Jangan lupa konsumsi ramuan ini secara teratur supaya kolesterol dalam tubuh bisa terkendali dan tidak berlebihan.

9. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

DiaZens, kalian tahu nggak sih kalau saat pembuluh darah mengalami penyumbatan, ternyata hal ini bisa memberikan risiko terhadap tubuh. Nah, kalau penyumbatan terjadi maka darah bersih tidak dapat dialirkan jantung ke seluruh tubuh termasuk organ-organ penting.

Biasanya, kondisi ini disebabkan karena adanya penumpukan lemak berlebih atau ateriosklerosis. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, kamu cukup mencoba konsumsi kulit buah naga.

4 dari 4 halaman

10. Mencegah Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Gangguan Pencernaan © Diadona

Setiap orang pasti pernah mengalami gangguan pencernaan, termasuk kamu. Ya, penyakit ini biasanya dimulai dengan perut kembung, mual dan muntah. Tenang, kamu bisa mengatasi kondisi tersebut dengan ramuan dari kulit buah naga kok, guys.

Seperti diketahui, kulit buah naga kaya akan kandungan serat. Sehingga, manfaat kulit buah naga untuk kesehatan adalah dapat membantu kerja sistem penceernaan supaya semakin baik.

11. Mengobati Diabetes

Melansir dari World Journal of Diabetes, diabetes merupakan penyakit kronis yang telah mencapai proporsi epidemi di antara orang dewasa bahkan anak-anak di seluruh dunia. Sehingga, diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, ginjal, dan komplikasi lainnya.

Akan tetapi, ada salah satu cara mengobati diabetes yaitu dengan mencoba manfaat kulit buah naga. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi dalam kulit buah naga bisa mengatur serta menstabilkan gula darah di dalam tubuh.

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ternyata ekstrak kulit buah naga juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh lho, guys. Oleh karena itu, hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, buah yang satu ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk membantu jantung tetap dalam kondisi prima.

13. Meringankan Radang Sendi

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat meringankan radang sendi. Arthritis atau radang sendiri ialah pembengkakan disertai nyeri yang terjadi pada sendi di tubuh.

Biasanya, gejala utama artritis yaitu nyeri sendi dan kekakuan. Maka dari itu, manfaat kulit buah naga bagi orang yang menderita radang sendi sangat penting, bahkan bagi penderita radang sendi menyebutnya sebagai “ buah anti-inflamasi”.

Nah, itulah 13 manfaat kulit buah naga untuk wajah dan kesehatan bisa kamu dapatkan. Ohiya, sebelum kulit buah naga untuk mendapatkan khasiatnya, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter lebih aman.

Beri Komentar