11 Penyebab Tumor Otak pada Anak, Harus Waspada nih Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 25 Juni 2020 10:44
11 Penyebab Tumor Otak pada Anak, Harus Waspada nih Moms!
Penyebab tumor otak ada berbagai macam hal, bisa dari kebiasaan sehari-sehari maupun makanan.

Tumbuhnya jaringan abnormal adalah penyebab tumor otak muncul. Biasanya tumbuhnya tumor ini berasal dari jaringan otak itu sendiri atau disebut dengan tumor otak primer.

Tapi ada juga yang dari kanker pada organ lain kemudian menyebar ke otak. Kalau yang seperti ini disebut tumor otak sekunder.

Merangkum dari berbagai sumber, jenis tumor otak ada dua, yaitu tumor otak jinak dan ganas. Tumor otak ini bisa mengakibatkan efek gangguan jangka panjang yang sigifikan terhadap dungsi intelektual dan neruologis anak.

Nggak jarang juga beberapa jenis kanker bisa mengancam nyawa seseorang. Kita kenali penyebab tumor otak pada anak ya moms, untuk bisa menghindarinya sedini mungkin.

1 dari 6 halaman

Makanan Penyebab Tumor Otak

Ilustrasi PopcornIlustrasi Popcorn © Acouplecooks.com
Benar moms, penyebab tumor otak pada anak bisa berasal dari makanan. Inilah daftar makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari sejak dini, khususnya bagi anak-anak.

Popcorn Instan


Makanan ringan yang satu ini memang asyik menjadi teman nonton atau sekedar untuk jadi camilan. Apalagi bagi anak-anak dengan rasa gurih atau manisnya.

Namun, popcorn instan dilapisi dnegan bahan kimia, yaitu perfluorooctanoic (PFOA) yang mengandung zat karsinogen. Senyawa inilah yang memicu tumor. Selain itu kandungan diacetyl juga bisa mengakibatkan paru-paru rusak dan tumbuh sel kanker.

2 dari 6 halaman

Produk Daging Olahan

Ilustrasi Nugget TahuIlustrasi Nugget Tahu © Fimela.com
Daging olahan seperti sosis, bacon, nugget dan sejenisnya memang simple dan nggak ribet untuk dimasak ya, moms? Tapi produk daging olahan ini menggunakan bahan pengawet agar terlihat tetap segar. Bahan-bahan tersebutlah yang seharusnya kita hindari karena menjadi penyebab tumor otak pada anak.

Minuman dan Makanan Diet


Diet memang bagus dilakukan asal melakukannya secara sehat. Makanan dan minuman sehat perlu kita waspadai karena memiliki dampak yang buruk nantinya. Misalnya saja pemanis buatan aspartame yang bisa membuat cacar lahir dan kanker. Pemanis buatan lainnya seperti sucralose, sakarin dan sebagainya juga berisiko menjadi penyebab tumor otak.

3 dari 6 halaman

Gula Halus

ilustrasi permenilustrasi permen © 2019 https://www.diadona.id
Makanan manis memang memiliki banyak penggemar, apalagi anak-anak. Bahkan makanan dengan cita rasa manis dipercaya bisa memperbaiki mood yang tadinya buruk.

Namun gula halus yang ada di makanan manis, seperti kue, jus, susu, sereal dan lain sebagainya bisa meningkatkan kadar insulin dan membantu pertumbuhan sel kanker loh!

Selain itu kandungan fruktosa yang bersifat ofensif seperti sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) bisa membuat sel kanker berkembang lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Makanan yang Digoreng dan Dibakar

Ilustrasi sate ayam maduraIlustrasi sate ayam madura © https://resepkoki.id/
Kadar lemak pada makanan yang digoreng akan meningkat lebih banyak. Lemak ini berasal dari minyak yang dibuat menggoreng.

Selain itu makanan yang dibakar juga terdapat zat karsinogen yang menjadi penyebab tumor otak muncul. Bahkan senyawa ini juga bisa menyebabkan kanker lambung, kanker rahim dan kanker paru-paru.

Makanan yang Terkontaminasi


Maksud dari makanan yang terkontaminasi adalah seperti telur yang mengandung dioksin. Bahan dioksin ini juga bisa ditemui pada makanan yang terkontaminasi limbah medis, limbah kota, peleburan logam dan manufaktur kimia.

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan kalau daging dan telur yang terkontaminasi limbah bisa meningkatkan risiko terkena tumor otak. Bahkan nggak hanya itu, tapi juga kanker tiroid, kanker hati dan kanker saluran cerna.

5 dari 6 halaman

Minuman Berkarbonasi

Ilustrasi Minuman SodaIlustrasi Minuman Soda © 2020 https://www.diadona.id
Ada kandungan 4-methylimidazole (4-Ml) pada minuman bersoda yang dianggap sebagai penyebab tumor otak. Nggak hanya pengawet, tapi juga pewarna dalam minuman bisa meningkatkan keasam tubuh dan membuat sel kanker menjadi subur.

Alkohol


Selain makanan dan minuman di atas, alkohol bukanlah jenis minuman asing yang perlu dihindari. Sebab alkohol bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu, perlu juga membatasi minuman dan makanan yang mengandung alkohol, seperti tape.

6 dari 6 halaman

Penyebab Tumor Otak pada Anak

Penyebab Tumor Otak pada AnakPenyebab Tumor Otak pada Anak © medicinenet
Selain dari makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas, ada juga faktor lain sebagai penyebab tumor otak pada anak. Biasanya tumor otak tumbuh karena perubahan atau mutasi genetik dalam sel otak. Adapun pemicu penyebab tumor otak lainnya, yaitu:

1. Usia, biasanya memang tumor otak menyerang usia senja. Namun, anak-anak juga bisa terkena, seperti jenis tumor ota medulloblastoma atau germ cell tumor.

2. Faktor Keturunan yang mana jika anggota keluarga pernah terkena tumor, maka anggota keluarga di generasi berikutnya berisko terkena tumor otak.

3. Pernah menjalani radioterapi atau terkena paparan bahan kimia lainnya, seperti CT scan dan rontgen.

Itulah moms, makanan penyebab tumor otak yang juga bisa karena genetik, usia maupun radioterapi. Yuk, ajak anak mengonsumsi makanan bernutrisi!

Beri Komentar