8 Ciri-Ciri Tumor Payudara Jinak dan Ganas, Penyebab dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 18 Mei 2020 15:39
8 Ciri-Ciri Tumor Payudara Jinak dan Ganas, Penyebab dan Pengobatannya
Ada berbedaan antara ciri-ciri tumor jinak dan ganas. Tapi yang terpenting, lakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin ya!

Ciri-ciri tumor payudara sebenarnya bisa terdeteksi dengan menggunakan metode SADARI, yaitu periksa payudara sendiri. Setiap perempuan yang telah masuk dalam rentang umumr reproduksi wajib tahu lho.

Nggak cuman untuk deteksi ciri-ciri tumor payudara, SADARI juga bisa untuk mendeteksi adanya kelainan lain misalnya kanker payudara. Bila merasa ada yang tidak biasa dengan pyudara kamu, lanjutkan dengan SADANIS atau pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan payudara klinis.

1 dari 3 halaman

Ciri - Ciri Tumor Payudara Jinak

Ilustrasi Payudara Kendur © Diadona

Tumor payudara jinak sebagian besar merupakan jenis fibroadenoma. Nggak kayak kanker yang tumbuh dengan besar dari waktu ke waktu atau meyebar ke organ lainnya, fibroadenoma tetap ada di jaringan payudara.

Lalu, bagaimana ciri-ciri tumor payudara ini?

Nggak Terasa Sakit

Ciri-ciri tumor payudara ini nggak menimbulkan rasa sakit, bahkan mungkin penderita nggak bakalan menyadari udah memkilikinya, dan baru tahu setelah melakukan pemeriksaan

Keras dan Kenyal

Saat disntuh dari luar kulit, terdapat ciri-ciri tumor payudara yang keras dan juga kenyal. Namun dalam beberapa kasus, penderita mungkin nggak bsia merasakannya sama sekali.

Bulat dengan Batas yang Jelas

Bentuknya bulat dnegan tepian yang terdefinisi. Seseorang mungkin bisa aja punya satu fibroadenoma atau lebih, yang muncul di salah satu payudara atau bahkan keduanya.

Mudah Bergerak

Ciri-ciri tumor payudara jinak ini ditandai dengan bentuknya yang mudah dipindahkan. artinya, seolah tidak tertanam pada payudara.

Rata-rata Berukuran Kecil

Beda dengan kanekr yang cenderung membesar, ciri-ciri tumor payudara yaitu bentuknya yang kecil. Kebanyakan, ukurannya cuman berkisar di 1 atau 2 sentimeter. Jartang banget ada yang berukuran lebih dari 5 sentimeter.

2 dari 3 halaman

Ciri - Ciri Penyakit Tumor Payudara Jinak, Penyebab dan Pengobatannya

Ciri-Ciri Tumor Payudara © Diadona

Ada berbagai jenis tumor payudara dengan ciri-ciri yang berbeda pula, diantaranya:

Fibroadenoma Sederhana

Nggak terlihat ciri-ciri tumor payudara pada pemeriksaan fisik, namun terlihat bila jaringan diperiksa di bawah mikroskop

Fibroadenoma Kompleks

Ukurannya cednerung lebih besar dan biasanya terjadi pada mereka yang berumur lebih tua.

Fibroadenoma Remaja

Merupakan benjolan pada payudara yang umum banget menimpa remaja dengan umur 10 sampai 18 tahun. Ukurannya bisa aa membesar, tapi sebagian besar bakalan menyusut dnegan sendirinya lalu menghilang.

Fibroadenoma Raksasa

Sesuai dengan namanya, ciri-ciri tumor payudara ini yaitu ukurannya yang lebih dari 5 sentimeter. Karena kondisi itu, keberadannay mungkin perlu diangkat karena bisa menekan atau menganti jaringan payudara lain

Lalu sebenarnya apa sih penyebab tumor payudara ini?

Diansir dari Mayo Clinic, penyebab dari tumor jinak ini nggak diketahui. Tapi ada kemungkinan kalau keberadaannya terkait dengan hormon reproduksi.

jika fibroadenoma ini punya kelainan, misalnya ukurannya yang besar, maka dokter mungkin akan merekomendasikan pengangkatan dengan operasi. Pilihannya juga mungkin akan tergantung pada lokasinya, atau kondisi fibroadenoma tersebut.

Tapi menurut penelitian di tahun 2015 lalu, fibroadenoma ini jarang banget perlu tindakan operasi. Fibroadenoma ini bisa tumbuh dan menyusut. Maka, perlu pemeriksaan rutin untuk memantau kondisi fibroadenoma.

3 dari 3 halaman

Ciri - Ciri Tumor Payudara Ganas

Ciri-Ciri Tumor Payudara © Diadona

Tumor payudara punya sifat yang ganas kalau bsia berkembang menjadi sel kanker, berbeda dengan kondisi jinak yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Untungnya, ciri-ciri tumor payudara ganas juga bisa dirasakan oleh penderitanya, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengobatan sedini mungkin.

Tumbuh dengan Cepat

Kalau tumor jink mungkin akan menghilang seiring dengan waktu, maka ciri-ciri tumor payudara ganas terlihat dari ukurannya yang terus membesar dan menonjol.

Batas Tepi yang Nggak Jelas

Saat disentuh, ciri-ciri tumor payudara ganas mungkin nggak punya batas yang jelas antara tepinya. Malah, permukannya pun juga kadang nggak merata.

Melekat di Jaringan Payudara

Tumor jinak bakalan bisa bergerak ke kiri dan ke kanan karena ngga kmelekat di jaringan. IKni beda dengan ciri-ciri tumor payudara yang bersifat ganas. Tumor ini melekat pada jaringan, sehingga nggak bsia bergerak bebas

Perubahan Jaringan dan Struktur Kulit

Keberadaan tumor payudara ganas bakalan membaut perubahan pada jaringan dan struktur kulit, sehingga akan mudah terdeteksi. Perubahan ini juga terjadi pada puting payudara, yang mungkin bakalan tertarik ke dalam akibat adanya jaringan parut di bagian dalam payudara.

Ciri-ciri tumor payudara tersebut sebenarnya bisa kamu bisa kamu deteksi sendiri kan? Nah, jangan tunda untuk lakukan SADARI ya, dan bila ada yang kamu khawatirkan, jangan ragu untuk ke dokter. Ingat, semakin dini diobati, maka perawatnnya akan lebih mduah dan juga cepat.

Beri Komentar