10 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Salah Satunya Kuatkan Imun Ditengah Pandemi Corona

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 22 Maret 2021 13:33
10 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Salah Satunya Kuatkan Imun Ditengah Pandemi Corona
Sebenarnya manfaat daun sambiloto sangat melimpah, namun hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut secara ilmiah.

Bagi sebagian orang, nama daun sambiloto mungkin masih terdengar asing. Akan tetapi, bagi mereka yang sangat menyukai dunia herbal, tentunya daun tersebut sudah dipercaya sejak lama sebagai untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Bahkan, melansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia, secara tradisional manfaat daun sambiloto untuk kesehatan bisa digunakan sebagai obat herbal alami radang amandel, disentri hingga ketombe.

Hal itu sebabkan daun sambiloto mengandung saponin, alkaloid, flavonoid, tanin, serta memiliki zat seperti panikulin, lakton, hablur kuning, dan kalmegin. Yuk, simak selengkapnya mengenai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sambiloto

Manfaat Daun Sambiloto © Diadona

Sebelum membahas tentang manfaat daun sambiloto untuk kesehatan, alangkah sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu daun sambiloto.

Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Ya, walaupun rasanya sangat pahit, namun khasiat sambiloto dalam bidang kesehatan patut diperhitungkan. Pasalnya, tanaman ini memiliki zat aktif bernama andrografolida yang diambil dari batang dan daun sambiloto.

Adapun manfaat daun sambiloto untuk kesehatan ialah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat daun sambiloto yang pertama ialah mengurangi risiko penuaan kulit seperti kerutan, dan melawan efek radikal bebas.

Selain itu, ekstrak daun sambiloto juga mampu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi yang menurunkan kualitas organ dalam tubuh, termasuk jaringan kulit. Menarik, bukan?

2. Membantu Mengatasi Anti-aging

Diketahui, manfaat daun sambiloto untuk wajah juga bisa meningkatkan hidrasi kulit, kerutan, kepadatan kulit, dan kendur secara signifikan.

Sedangkan, menurut jurnal Molecules, dilakukan sebuah penelitian untuk melihat kemampuan daun sambiloto dalam mengatasi kondisi anti-aging. Bahkan, studi klinis lebih lanjut menyarankan pengobatan dengan formulasi yang mengandung daun sambiloto bisa memberikan manfaat anti-penuaan.

2 dari 4 halaman

3. Penangkal Nyamuk

Ilustrasi Nyamuk Penyakit Malaria © Diadona

Ini dia khasiat daun sambiloto yang sangat berguna bagi orang Indonesia. Apa itu? Ya, sebagai penangkal nyamuk.

Yaps, manfaat daun sambiloto yang satu ini dipercaya dapat mengusir nyamuk apabula seseorang rutin meminum jamu daun sambiloto yang memiliki “ aroma” tertentu. Dengan begitu, kamu bisa mencegah penyakit terkait nyamuk seperti malaria atau demam berdarah.

4. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ditengah pandemi corona saat ini tentu banyak sekali cara yang dilakukan agar imun tubuh tetap stabil. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan daun sambiloto.

Khasiat daun sambiloto dengan tindakan meningkatkan sistem kekebalannya, telah terbukti dapat mengurangi keparahan flu biasa serta mencegah timbulnya pilek pada orang sehat.

Ini dikarenakan ekstrak daun sambiloto, baik sendiri atapun dikombinasikan dengan ekstrak eleuthero, di mana telah ditunjukkan dalam percobaan buta ganda yang berhasil mengurangi keparahan flu biasa tersebut.

5. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung, pembentukan gumpalan darah dan membantu memecah gumpalan darah.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan Chinese Medical Journal tahun 1994, bahwa ekstrak A. paniculata bisa mengulur waktu pembentukan gumpalan darah serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Maka dari itu, tanaman ini mampu membantu melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3 dari 4 halaman

6. Membantu Mencegah Diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Selain penyakit jantung, daun sambiloto juga dimanfaatkan untuk kesehatan juga dikenal bisa membantu mencegah diabetes, lho. Seperti diketahui, Diabetes menjadi penyakit umum di dunia.

Namun, studi dari BMC Complementary Medicine and Therapies menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan India membantu mencegah penyakit serta untuk mengobati kanker. Nah, manfaat dari daun sambiloto untuk diabetes yakni mengelola diabetes tipe 2, penambahan berat badan, hipertensi, dan penekanan kekebalan.

7. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan berikutnya adalah melawan pertumbuhan sel kanker payudara. Hal ini dilakukan dengan menambahkan daun sambiloto ke dalam menu makanan harian.

Bahkan, menurut sebuah penelitian tabung reaksi sel kanker payudara manusia, para ilmuwan dari Jackson State University mengungkapkan bahwa daun sambiloto menghambat pertumbuhan serta perkembangbiakan sel kanker payudara.

8. Membersihkan Limfatik

DiaZen, apabila kamu atau sebagian keluraga mu merupakan seorang perokok atau perokok pasif, maka cobalah untuk mengkonsumsi daun sambiloto yang telah diproses menjadi jamu. Sebab, tanaman yang satu ini membantu sebagai pelindung dari polutan rokok.

4 dari 4 halaman

9. Meredakan Gejala Multiple Sclerosis

Menurut sebuah studi yang dirilis dalam jurnal BMC Neurology, manfaat sambiloto juga dipercaya bisa meredakan gejala lelah serta lesu pada pasien multiple sclerosis. Pada studi ini, para partisipan yang mengonsumsi sambiloto sebanyak 2 kali sehari dalam satu tahun, mengalami penurunan gejala lelah dan lesu secara signifikan.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Apakah kamu sering mengalami gangguan pencernaan? Tenang, kondisi tersebut bisa di atasi dengan manfaat daun sambiloto. Yaps, tanaman ini mampu membantu kamu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare gas dalam usus, kolik dan sakit perut.

Tak hanya itu saja, A. paniculata pun bisa membantu memperkuat organ hati serta mengatasi masalah hati, seperti sakit kuning, pembesaran hati, hingga kerusakan hati akibat obat.

Itulah beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas menambah wawasan mu dalam dunia herbal ya, guys.

Beri Komentar