10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Rambut, dan Jerawat

Reporter : Sofi
Selasa, 11 Februari 2020 11:20
10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Rambut, dan Jerawat
Manfaat daun jambu biji bisa untuk kecantikanmu? Berikut manfaat daun jambu biji tersebut.

Selama ini manfaat daun jambu biji yang sering diketahui oleh banyak orang adalah untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat daun jambu biji juga bisa untuk kecantikan kulit dan rambut. Juga manfaat daun jambu biji ini juga bisa untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat daun jambu biji yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut

Siapa sih yang tidak mau memiliki rambut sehat dan indah? Dengan perawatan alami yang lebih aman tentu kamu bisa mendapatkannya dengan menggunakan manfaat daun jambu biji ini. Berikut adalah manfaat daun jambu biji untuk rambut.

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

Melindungi rambut dari radikal bebas

Sinar matahari, asap, dan polusi menyebabkan oksidasi atau perubahan susunan sel yang menyebabkan kematian sel. Antioksidan dikatakan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan ini diperkirakan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut. Manfaat daun jambu biji juga mengandung likopen yang memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

Menjadikan rambut berkilau

Mencuci rambut dengan air daun jambu biji membantu menghilangkan penumpukan kotoran dan membuka folikel yang tersumbat. Ini membantu mencegah rambut berminyak dan ketombe. Menghilangkan kotoran di rambut dan kulit kepala membantu menghaluskan poros rambut, membuatnya lembut dan berkilau.

Manfaat daun jambu biji juga dapat menebalkan helaian rambut yang membuatnya akan terlihat lebih bervolume. Akar rambut juga menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok dan terhindar dari penipisan rambut.

Menyuburkan rambut

Manfaat daun jambu biji juga kaya akan vitamin B dan vitamin C yang berkhasiat untuk menyehatkan folikel serta membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan aktivitas kolagen. Kolagen membantu rambut tumbuh lebih cepat dan sehat. Memijat kepala dengan air rebusan jambu biji bisa meningkatkan tekanan darah yang membantu folikel menerima lebih banyak nutrisi. Ini menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah akibat langsung dari kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Manfaat daun jambu biji memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membuatnya menjadi bahan yang populer untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Antioksidan pada daun jambu biji membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penyusutan folikel. Rambut rontok juga bisa dikaitkan dengan tingkat stres. Memijat kulit kepala dengan air daun jambu biji mampu merilekskan kepala dan menenangkan tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

Selain manfaat di atas, manfaat daun jambu biji juga bisa untuk kebutuhan kecantikan kamu. Berikut manfaat daun jambu biji untuk kecantikan.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Toner

Jambu biji yang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, segar, dan bebas dari kerutan. Manfaat jambu biji untuk kecantikan wajah lainnya adalah bisa meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Kualitas astringent dari jambu biji dapat menjaga kulit terbebas dari noda hitam, jerawat, keriput, dan bekas jerawat. Mencuci wajah dengan rebusan jambu mentah dan daun jambu biji, dapat mempercantik kulit kamu.

Memutihkan kulit

Manfaat daun jambu biji yang selanjutnya adalah untuk memutihkan kulit. Memiliki kandungan antioksidan dan zat lainnya bisa membantu mengeluarkan sel kulit mati dan membunuh bakteri. Hal ini bisa membuat kulit menjadi halus dan sehat. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa daun jambu biji, sedikit kunyit, dan teteskan air mawar secukupnya.

Gunakan racikan ini sebagai masker yang didiamkan selama 15 menit. Kalau kamu menggunakannya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil kulit yang lebih halus dan sehat tentunya.

Mengatasi keriput

Manfaat daun jambu biji untuk kecantikan wajah lainnya adalah bisa membantu menghilangkan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Manfaat daun jambu biji ini bisa menangkal radikal bebas, sehingga mencegah penuaan dini. Caranya cukup dengan merebus beberpa daun jambu biji untuk mendapatkan ekstraknya. Kemudian gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit cerah dan memperbaikinya dari paparan sinar matahari.

Mengurangi jerawat

Kandungan antibakteri yang terdapat di dalam daun jambu biji ini, mampu membantu menghilangkan sel penyebab jerawat. Selain itu juga membantu mengurangi bintik hitam dan noda lainnya pada kulit wajahmu. Cara membuat dan mengaplikasikannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa daun jambu biji muda yang berada di bagian ujung. Kemudian bersihkan dan tambahkan sedikit air. Setelah itu remas-remas daun jambu hingga berbusa.

Oleskan airnya pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menghilangkan komedo

Kamu bisa menghilangkan komedo dengan daun jambu biji ini. Cara membuat dan mengaplikasikannya juga cukup mudah, seperti ini:

- Siapkan beberapa helai daun

- Bersihkan dan rebus sebentar

- Campurkan rebusan daun tadi dengan sedikit air dan bubuk kunyit

- Setelah itu, oleskan racikan tadi pada wajah dan gosokkan secara perlahan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin 2 kali seminggu, ya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Jerawat

Untuk mengatasi jerawat yang ditimbul di wajah, kini kamu bisa menggunakan manfaat daun jambu biji yang memiliki zat antibakteri yang bagus untuk perawatan kulit, salah satunya kulit berjerawat.

ilustrasi Jerawat © Diadona

Bahan yang diperlukan:

- 4 lembar daun jambu biji

- 1 gelas air

Cara membuatnya:

1. Siapkan 4 lembar daun jambu biji dalam wadah.

2. Lalu tambahkan 3 sendok air dan tumbuk hingga halus.

3. Setelah sudah, oleskan racikan tadi ke bagian wajah yang berjerawat.

4. Diamkan kurang lebih 15 menit.

5. Lalu bilas menggunakan air.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat daun jambu biji di atas? Sekarang kamu bisa mempercantik penampilanmu dengan bahan alami yang lebih aman. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar