Youtube Bakal Terapkan Fitur Verifikasi Umur pada Platformnya

Reporter : Yoyok
Rabu, 23 September 2020 22:50
Youtube Bakal Terapkan Fitur Verifikasi Umur pada Platformnya
Youtube bakal menggunakan teknologi AI dalam penerapan fitur ini

Youtube merupakan platform berbasis video terbesaar saat ini. Semua orang setidaknya sekali sehari menonton video yang ada di Youtube.

Penonton Youtube pun datang dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan menengah ke ata dan ke bawah, yang tua dan yang muda. Semua orang menonton Youtube.

Tentu saja hal ini sangat baik bagi Youtube, namun juga menimbulkan masalah tersendiri. Banyak yang mengatakan kalau konten-konten di Youtube tidak ramah terhadap anak kecil.

1 dari 5 halaman

Fitur Verifikasi Umur

Dikutip dari The Verge, karena masalah ini, Youtube siap menambahkan fitur verifikasi umur pada platformnya. Youtube akan menggunakan teknologi AI untuk mencari berbagai konten yang membutuhkan pembatasan usia saat ditonton.

Hal ini membuat para pengguna Youtube harus login dan melakukan verifikasi umur untuk dapat menonton video tersebut.

Ilustrasi Youtube © Diadona

2 dari 5 halaman

Teknologi AI

Teknologi ini diyakini hampir sama dengan AI Youtube sebelumnya yang dapat mencari konten video radikal, ekstremis, serta kebencian secara otomatis.

Teknologi Ai ini juga berlaku meski video tersebut telah di-embed atau disematkan pada situs lain.

3 dari 5 halaman

Youtuber

Yang ditakutkan oleh para Youtuber akan kebijakan ini adalah menurunnya jumlah penonton yang menikmati konten mereka. Dengan berkurangnya penonton yang menikmati konten mereka, penghasilan para Youtuber tersebut juga ikut berkurang.

Youtube pun tidak ambil pusing akan hal tersebut. Disebutkan dengan melakukan pelanggaran aturan usia berarti dari awal juga telah melanggar kebijakan iklan. JAdi, hal tersebut tidak akan berpengaruh.

4 dari 5 halaman

Anak-anak

Kebijakan Youtube ini menjadi jawaban dari kritikan para orang tua dan dewan advokat yang mengatakan kalau Youtube tidak ramah anak kecil. Pihak Youtube sendiri mengatakan bahwa platform mereka memang tidak untuk siapa pun yang di bawah usia 13 tahun sesuai dengan perlindungan privasi federal. Hal ini juga yang menginisiasi diluncurkannya Youtube Kids.

Walaupun begitu, masih banyak anak kecil di luar sana dengan bebasnya menonton konten di Youtube, bahkan dalam pengawasan orang tua sekaligus.

Beri Komentar