Youtube Bakal Blokir Konten Sesat Tentang Virus Corona

Reporter : Yoyok
Jumat, 24 April 2020 20:59
Youtube Bakal Blokir Konten Sesat Tentang Virus Corona
Sudah terlalu banyak konten sesat atau hoaks di platform Youtube

Di dunia ini tidak ada yang tidak tahu dengan Youtube. Platform berbasis video tersebut memang sangat terkenal bahkan sering kali menjadi acuan seseorang untuk mencari informasi.

Namun, Youtube juga meupakan platform yang mudah disusupi konten sesat atau hoaks tentang virus corona. Tidak sedikit konten tentang virus corona yang tidak berdasar tersebut tersebar di Youtube.

1 dari 3 halaman

Dikutip dari Phone Arena, CEO Youtube Susan Wojcicki mengatakan akan menghapus atau memblokir informasi sesat tentang virus corona di platformnya.

Tidak hanya itu, Susan juga mengatakan akan memblokir beberapa informasi non-medis yang tidak berdasar. Contohnya seperti konten yang mengklaim vitamin C atau kunyit yang dianggap mampu menyembuhkan virus corona.

" Apapun yang bertentangan dengan rekomendasi WHO akan jadi pelanggaran kebijakan kami," ucap Susan. Namun ternyata ini juga menjadi polemik tersendiri.

2 dari 3 halaman

WHO memiliki rekomendasi bahwa pemakaian masker hanya untuk petugas kesehatan dan orang sakit. tetapi, saat ini para ahli pun terpecah, di mana banyak disarankan orang sehat pun juga memakai masker.

Salah satu konten yang bertentangan dengan panduan WHO adalah tutorial cara membuat masker sendiri.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Youtube © Diadona

Susan mengakui bahwa Youtube harus dengan cepat memperbarui kebijakannya dalam menanggapi virus ini, serta penyebaran informasi palsu yang menyertainya.

Youtube telah memblokir banyak video yang menyebut bahwa Covid-19 disebabkan oleh jaringan 5G, serta video soal teori konspirasi yang menyebut bahwa Bill Gates adalah dalang di balik pandemi ini.

Gimana gaes pendapatmu tentang kebijakan yang bakal diambil Youtube ini?

Beri Komentar