Xiaomi 14 Ultra Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Minggu, 25 Februari 2024 12:24
Xiaomi 14 Ultra Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya
Xiaomi 14 Ultra kemungkinan dijual paling murah dengan harga Rp14 juta.

Xiaomi tak bisa menunggu lama untuk merilis sebuah perangkat baru hingga gelara MWC (Mobile World Congress) 2024. Event yang dijadwalkan baru diselenggarakan pada 26-29 Februari 2024 mendatang, ternyata tak menghalangi Xiaomi untuk merilis satu jagoan barunya. Mari kita bahas mengenai Xiaomi 14 Ultra.

Pada 22 Februari lalu, Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone dengan Leica bernama Xiaomi 14 Ultra. Mengikuti pendahulunya, 12s Ultra dan 13 Ultra, Xiaomi akhirnya mengejar kompetisi smartphone dengan kamera ciamik. Berbekal sensor 1 inci generasi kedua dari Sony, yakni LYT-900, smartphone satu ini siap beradu kuat di pasar mobile phone dunia.

1 dari 3 halaman

Keunggulan Kamera Xiaomi 14 Ultra

Dengan kemampuan kamera yang lebih cepat menangkap gambar melalui periskop 120mm terbaru, tiga kamera belakang Summilux yang tersisa hampir identik dengan set sebelumnya. Bahkan masih ditenagai oleh sensor milik Sony IMX858.

Tak hanya itu, Xiaomi 14 Ultra ini memiliki keunggulan aperture f/1.63 di sisi kamera. Angka ini setidaknya mengalahkan Find X7 Ultra yang memiliki aperture f/1.8.

Xiaomi 14 Ultra © Diadona

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Xiaomi 14 Ultra

Perubahan terbesar perangkat Xiaomi 14 Ultra ini terlihat dari penggunaan chip Xiaomi AISP terbaru. Perusahaan asal China itu mengklaim bahwa penggunana chip Xiaomi AISP itu adalah sebuah terobosan luar biasa, pasalnya memiliki komputasi model besar AI pertama di dunia untuk fotografi.

Lebih dalam lagi, penggunaan chip itu akan fokus pada pemanfaatan 4 model besar, yakni 'Fusionlm, Tonelm, Colorlm, dan Portraitlm. Yang mana ouputnya akan menyempurnakan hasil foto terutama dengan zoom digital pada 30X atau lebih. Berjalan dengan sistem operasi Android Xiaomi, perangkat ini juga mendapat dukungan dari prosesor Snapdragon 8 generasi ketiga besutan Qualcomm.

Xiaomi 14 Ultra © Diadona

Tak berhenti di situ, Xiaomi 14 Ultra juga mengemas beberapa kejutan dalam kategori baterai, daya tahan, dan juga konektivitas. Baterainya berkapasitas 5.300mAh dengan ruang yang 8% lebih kecil. Xiaomi mengklaim bahwa baterai tersebut mampu bertahan 17% lebih banyak dibandingkan model sebelumnya. Peningkatan baterai juga akan membuat kamu bisa mengisi daya selama 12,5 menit untuk mencapai 50 persen dari nol.

Memperingati 2024 yang disebut sebagai 'Tahun Naga', Xiaomi juga menggunakan struktur 14 Ultra ini dengan sebutan Dragon Armor. Artinya bahan yang digunakan untuk 'membungkus' handset ini digandakan tingkat kelenturannya menggunakan mid-frame aluminium 6m42. Perusahaan yang dipimpin oleh Lei Jun ini mengklam bahwa bahan tersebut 8% lebih kuat dari bingkai titanium milik iPhone 15 Pro.

Xiaomi 14 Ultra © Diadona

Layar Xiaomi 14 Ultra menggunakan AMOLED berukuran 6,73 inci. Meski begitu, berkat adanya 'Dragon Crystal' di layarnya, maka akan terasa keramiknya namun tidak berat. Perangkat ini juag sudah dilenegkapi dengan IP68 untuk ketahanan debu dan air.

Xiaomi 14 Ultra memiliki varian RAM 12GB memori penyimpanan 256GB dan varian RAM 16GB memori 1TB.

3 dari 3 halaman

Harga Xiaomi 14 Ultra

Xiaomi 14 Ultra © Diadona

Karena memiliki dua varian berbeda, maka masing-masing varian bakal dijual dengan harga yang berbeda pula.

Untuk varian 12GB/256GB bakal dibanderol seharga USD900 atau setara Rp14juta. Sementara untuk varian 16GB/1TB bakal dibanderol seharga USD1080 atau sekitar Rp16juta. Akan tetapi ini harga yang akan dijual di China. Kami belum tahu harga jika sudah masuk ke pasar Indonesia.

Perilisan ke pasar global, Xiaomi mengklaim akan dilakukan pada gelaran MWC 2024 mendatang. Well, kita tunggu saja ya Diazen!

Beri Komentar