Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Barcode Sendiri di Smartphone dan Laptop

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 23 November 2022 15:32
Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Barcode Sendiri di Smartphone dan Laptop
Penasaran bagaimana cara membuat barcode? Simak terus artikel di bawah ini!

Untuk saat ini, barcode menjadi hal yang digunakan dan dibutuhkan banyak orang. Barcode sendiri digunakan sebagai pembeda suatu produk.

Barcode atau kode batang ini merupakan kode yang tersusun dari batang dan spasi. Barcode ini berpola berbeda pada setiap produk, karena kode dalam barcode menunjukkan angka dan huruf.

Angka dan huruf dalam barcode akan dipindai oleh sistem komputer, dan kemudian menunjukkan informasi dari produk kamu.

Barcode ini bisa kamu lihat ketika membeli barang di supermarket, atau ketika kamu membeli barang online. Pasti pada setiap produk terdapat barcode yang menunjukkan informasi produknya.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis produk tertentu, kamu harus paham apa itu barcode. Karena dengan barcode, akan mempermudah kamu menjual produk di pasaran.

Tapi jangan khawatir, membuat barcode tidak serumit yang kamu pikirkan. Jika kamu akan memulai bisnis produk kecil – kecilan, kamu bisa membuat barcode untuk produk kamu sendiri. Tentunya cara ini sangat mudah.

Penasaran bagaimana cara membuat barcode? Berikut diadona rangkumkan informasi untuk membuat barcode yang mudah di smartphone dan Laptop kamu.

 

1 dari 2 halaman

Cara Membuat barcode di Laptop

Cara Membuat barcode di Laptop © Diadona

Cara membuat barcode di Laptop atau PC kamu sangat mudah. Cara ini dilakukan secara online, hanya membutuhkan browser dan jaringan internet. Sebelum itu, cobalah membuat kode unik untuk produk kamu. Setelah itu, ikuti langkah berikut :

  1. Buka browser dan ketik di search engine, “ Barcode Generator”
  2. Setelah itu, masuk ke website Barcode Generator.
  3. Disitu, kamu akan diminta memilih jenis barcode. Ada UPC dan EAN. Pilih sesuai keinginan kamu.
  4. Selanjutnya, masukkan kode unik untuk produk yang tadi sudah kamu buat.
  5. Terakhir, klik create atau generate dan akan muncul hasil barcode yang bisa kamu tinjau.
  6. Download barcode, dan barcode produk kamu selesai dibuat.

Cara diatas digunakan hanya untuk inventori pribadi kamu. Jika kamu ingin membuat untuk keperluan bisnis, kamu harus mendaftarkan produk secara resmi ke GS1. Berikut cara membuat barcode untuk bisnis resmi.

  1. Pertama, buat terlebih dahulu nomor identifikasi UPC/ISBN produk. Kamu bisa memilih nomor UPC/ISBN sendiri dengan angka yang sama di awal. Kemudian angka berbeda di beberapa digit terakhir.
  2. Setelah selesai, masuk ke browser laptop kamu. Kemudian ketik barcode.gs1us.org, selanjutnya masukkan rincian data produk untuk mendapat kode UPC.
  3. Untuk mendapatkan nomor ISBN, kamu dapat masuk ke situs ISBN.org. Disana, kamu bisa meminta ISBN tunggal, nomor penerbit ekstra ISBN dan blok penerbit nomor ISBN. kamu akan mendapatkan ISBN dari organisasi Bowker yang akan memverifikasi produk atau bisnis kamu. Setelah itu, ISBN akan dikirimkan dan kamu bisa meletakkan barcode tersebut di produk.

 

2 dari 2 halaman

Cara membuat barcode di Smartphone

Cara membuat barcode di Smartphone © Diadona

Jika tidak ingin menggunakan Laptop, kamu bisa menggunakan smartphone kamu untuk membuat barcode. Caranya cukup mudah dan cepat, berikut diadona rangkumkan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat barcode gratis di smartphone.

Barcode Generator

Aplikasi ini bisa kamu download di smartphone. Barcode generator dikembangkan oleh Aeiou. Did dalamnya terdapat 11 macam kode barcode yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa membuat QR code disini. Secara keseluruhan, Barcode Generator mendapat ulasan baik oleh pengguna Android di playstore. 

Barcode Generator Free

Aplikasi kedua ini juga disarankan untuk membuat barcode. Seperti Namanya, aplikasi ini menawarkan pembuatan barcode gratis. Disana kamu dapat membuat barcode dengan format seperti barcode product, Text/URL, Email, Contact, Share Location, Wifi, dan lain-lain. 

Code39

Dikembangkan oleh developer MIC, aplikasi ini merupakan aplikasi pembuat barcode yang dikhususkan untuk jenis barcode kode 39. Disini terdapat banyak fitur yang akan mendukung kamu dalam membuat barcode. 

Barcode Architect

Cara membuat barcode dengan aplikasi ini terbilang cukup mudah. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa mendukung proses pembuatan barcode. Dikembangkan oleh Simon Boyle, aplikasi dengan berbagai macam format, seperti EAN, UPC-A, UPC-E, ISBN, dan lainnya. Kamu juga bisa menyimpannya dalam format JPG, PNG, SVG, bahan HTML5. Atau kamu bisa mengirimnya langsung menggunakan Email.

Itulah beberapa cara membuat barcode mudah dan cepat yang bisa kamu akses dengan laptop atau smartphone kamu. Dengan membuat barcode, kamu bisa memperlancar bisnis yang kamu inginkan. Kamu juga bisa membuat barcode tidak resmi untuk keperluan selain bisnis.

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar