Cara Membuat Website Sendiri untuk Kebutuhan Bisnis di Berbagai Platform

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 22 November 2022 11:10
Cara Membuat Website Sendiri untuk Kebutuhan Bisnis di Berbagai Platform
Yuk simak artikel di bawah ini yang akan menjelaskan secara detail tentang cara membuat website sendiri!

Website merupakan kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah melalui internet. Kamu dapat mengakses website dengan menuliskan URL di alamat website di browser. Nah artikel ini cocok banget buat kamu karena akan membahas cara membuat website yang bisa kamu coba sendiri.

Cara membuat website juga dibutuhkan ketelitian, karena memiliki banyak komponen yang harus dibutuhkan, apalagi ingin membuatnya sendiri. Sekarang sudah banyak platform-platform yang menyediakan dalam pembuatan website gratis.

Website banyak dibutuhkan untuk kebutuhan komersial, kelompok maupun individu. Cari tahu gimana cara membuat website di bawah yaa untuk membantu kebutuhan kamu.

 

1 dari 3 halaman

Cara membuat website gratis sendiri

Cara membuat website gratis sendiri © Diadona

Cara membuat website yang pertama dikutp dari hostinger.id, bagi kamu yang ingin membuat website secara mandiri. Ikuti Langkah-langkahnya dibawah ya.

  1. Menentukan ide dan jenis website adalah hal paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai bikin website. Nantinya, poin ini akan memudahkan Anda melakukan langkah berikutnya, seperti memilih domain dan platform website. Beberapa jenis website yang sering digunakan adalah toko online, blog, edukasi, berita.  komunitas online maupun portofolio. 
  2. Selanjutnya adalah memilih web hosting yang merupakan tempat penyimpanan online yang akan menyimpan semua data. Saat memilih web hosting, pastikan menggunakan layanan yang dapat dipercaya karena akan berpengaruh pada performa website yang dibuat. 3 jenis web hosting bisa kamu pilih, yaitu shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.
  3. Langkah ketiga dalam cara membuat website adalah menemukan nama domain. Carilah domain yang terpercaya  dan pastikan juga memilih nama domain yang unik dan mudah diingat untuk buat website, karena domain adalah alamat yang akan digunakan untuk situs Anda.
  4. Pilih platform untuk memulai dalam membuat website, kamu bisa menggunakan CMS, website builder atau dengan coding.

2 dari 3 halaman

Cara membuat website dengan wordpress

Cara membuat website dengan wordpress © Diadona

Cara membuat website yang kedua dikutp dari niagahoster.co.id, bagi kamu yang ingin menggunakan platform wordpress dalam pembuatan website kamu.

  1. Langkah pertama adalah menginstall WordPress. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik otomatis maupun manual.
  2. Setelah kamu berhasil dalam memasang WordPress, langkah selanjutnya yang perlu  dilakukan adalah membuka dashboard WordPress. Melalui dashboard WordPress ini, kamu bisa mengelola website dengan mudah, seperti mengganti tema, menambah plugin, menambah halaman, hingga menerbitkan blogspot. 
  3. Langkah selanjutnya adalah memasang tema WordPress melalui dasbor tersebut di bagian menu navigasi Appearance. Kamu juga bisa mencari tema melalui kolom search di menu tersebut atau mengunggah sendiri tema yang telah diunduh dari website lain melalui Upload Theme.
  4. Setelah memasang tema yang diinginkan, kamu juga perlu memasang plugin untuk meningkatkan kinerja WordPress. Rekomendasi plugin yang wajib dipasang di wordpress kamu adalah Google XML sitemaps, Yoast SEO, Contact from 7.
  5. Untuk membuat post baru di WordPress, buka Add New di bawah Posts atau pilih New -> Post di toolbar bagian atas. Setelah itu akan muncul editor blog post yang disertai berbagai fitur. Ketik judul post terlebih dulu. Kemudian, ketik konten post pada area yang telah disediakan. Jika ingin memformat teks, gunakan opsi toolbar. Toolbar tersebut hampir sama dengan toolbar yang Anda gunakan di MS Word atau text editor populer lainnya. 

3 dari 3 halaman

Cara membuat website dengan menggunakan platform zyro

Cara membuat website dengan menggunakan platform zyro © Diadona

Cara lainnya dalam membuat website adalah menggunakan platform zyro.

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar di Zyro. Masukkan alamat email yang ingin kamu gunakan serta kata sandi. Setelah selesai melakukannya, maka akan langsung dibawa ke layar selamat datang. 
  2. Di layar selamat dating ini, klik tombol 'mulai' di layar. Kemudian ikutilah alur yang disarankan. Zyro sendiri menawarkan dua kategori template, untuk situs web biasa dan untuk toko online. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.
  3. Kamu juga bisa mengubah template sesuai keinginan dengan menambah element, dan sebagainya.
  4. Saat membangun situs web saat ini, bahwa banyak pengguna sekarang menggunakan perangkat seluler untuk melihat konten web. Artinya, situs kamu juga perlu melakukan format website dengan benar untuk perangkat tersebut. 

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat website sendiri untuk berbagai kebutuhan. Pembuatan website memang dibutuhkan ketelitian dan perlu berlatih sehingga website dapat menarik pengunjung. Semoga berhasil.

Penulis: Agung Brahma Wikara

Beri Komentar