Mozilla Firefox Kedapatan Miliki Bug Berbahaya pada Versi Android

Reporter : Yoyok
Selasa, 20 Oktober 2020 15:50
Mozilla Firefox Kedapatan Miliki Bug Berbahaya pada Versi Android
Penemuan bug ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan siber

Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang cukup dikenal di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan penggunanya yang banyak serta browser ini sudah ada sejak lama.

Browser Mozilla Firefox tidak hanya tersedia untuk perangkat komputer saja lho. Ada juga Mozilla Firefox yang bisa digunakan di smartphone.

Baru-baru ini, browser Mozilla Firefox kedapatan sebuah bug berbahaya lho.

1 dari 4 halaman

Bug Berbahaya

Dikutip dari ZDnet, bug berbahay yang ada di dalam Mozilla Firefox ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan yang berasal dari Australia bernama Chris Moberly.

Chris menjelaskan bahwa bug pada Mozilla Firefox ini dapat disalahgunakan oleh seorang hacker untuk membajak semua browser Firefox pada versi Android di jaringan Wi-Fi yang sama. Hacker juga dapat membuat para pengguna untuk membuka situs berbahaya, contohnya seperti laman web yang digunakan untuk aksi phishing.

2 dari 4 halaman

Update Terbaru

Chris sudah melaporkan temuan bug ini kepada pihak Mozilla Firefox. Pihak Mozilla juga telah melakukan update terbaru yaitu Firefox 79. Namun, yang dikhawatirkan adalah ada beberapa pengguna yang masih belum melakukan update terbaru tersebut.

Pihak Mozilla Firefox mengatakan kalau para pengguna di Android sebaiknya segera melakuakn update terabru pada browser mereka tersebut.

3 dari 4 halaman

Wi-Fi

Chris juga menjelaskan skenario saat para hacker memanfaatkan bug pada browser Mozilla Firefox tersebut. Ia memberi contoh saat para hacker berkunjung ke mal atau bandara, lalu tersambung dengan Wi-Fi, saat itulah seorang hacker dapat mengirimkan spam ke jaringan internet dengan laptop pelaku.

Tanpa diketahui penggunanya, serangan yang dilakukan hacker tersebut dapat membajak peramban dan membawa mereka ke situs berbahaya. Lebih parahnya lagi, pelaku dapat memaksa korbannya untuk memasang atau meng-install extensi Firefox yang berbahaya.

Beri Komentar