iPhone 13 Series Hadir dengan Storage 1 TB, Worth It?

Reporter : Yoyok
Sabtu, 18 September 2021 06:50
iPhone 13 Series Hadir dengan Storage 1 TB, Worth It?
Memori internal terlalu besar segede itu emang worth it ya?

Apple telah memperkenalkan jajaran produk mereka pada gelaran Apple Event kemarin secara virtual. Salah satunya yang selalu ditunggu-tunggu para fans produk Apple setiap tahunnya adalah iPhone.

Di tahun 2021 ini, Apple mengeluarkan iPhone 13 Series. Apple mengklaim bahwa iPhone 13 merupakan seri terbaik dari generasi sebelumnya.

Selain itu, Apple juga menyematkan improvement yang siginifikan pada satu fitur di iPhone 13 Series.

1 dari 5 halaman

Improvement yang signifikan tersebut ada di sektor memori internal. iPhone 13 Series memiliki memori internal atau storage sampai 1 TB.

Ini merupakan pertama kalinya Apple menyematkan storage sebesar 1 TB di iPhone mereka. Storage 1 TB ini hanya ada di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 pro Max.

iPhone 13 SeriesiPhone 13 Series © apple.com

2 dari 5 halaman

Hadirnya kapasitas storage sampai 1 TB tentu saja membuat orang-orang tergiur untuk mendapatkan iPhone 13. Apalagi jika ada embel-embel pertama kali iPhone menggunakan storage sampai 1 TB.

Namun, apakah worth it storage sampai 1 TB ini? Dengan promosi yang membanggakan storage sampai 1 TB ini, apakah iPhone 13 layak diharga belasan juta?

3 dari 5 halaman

Nyatanya, storage iPhone 13 series yang mencapai 1 TB inisangat berguna lho. Kita harus melihat faktor bahwa iPhone tidak bisa dipasangan memori eksternal seperti Android.

Tidak seperti Android yang dapat dengan mudah menambah storage dengan micro SD, iPhone hanya mengandalkan memori internal sebagai tampat penyimpanan utama. Tentu saja dengan kapasitas 1 TB pada iPhone akan sangat berguna.

Selain itu, semakin kesini, smartphone dengan memori internal kecil semakin ditinggalkan. Minimal orang-orang akan memilih smartphone dengan memori internal dengan kapasitas 128 GB. Tidak dipungkiri lagi bahwa semakin lama aplikasi yang dimiliki membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

iPhone 13 SeriesiPhone 13 Series © apple.com

4 dari 5 halaman

Namun, itu untuk ukuran storage yang ditawarkan oleh iPhone 13 Series. 1 TB bagi sebuah iPhone 13 Series tentu saja sangat berguna.

Namun, apakah fitur lainnya mumpuni dan ciamik? Mengingat iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki harga Rp 14-16 juta. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan smartphone Android di kelas flagship dengan berbagai fitur yang ciamik dan tentu aja bisa kamu tambahkan memori eksternal.

Fyi, tren dari iPhone tiap tahunnya tidak ada perubahan yang sangat signifikan dari generasi-generasi sebelumnya. Seperti halnya iPhone 13 Series dengan harga belasan juta yang masih menggunakan layar 60 Hz.

5 dari 5 halaman

iPhone 13 SeriesiPhone 13 Series © apple.com

Kesimpulannya, storage sebesar 1 TB pada iPhone memang sangat berguna. Tetapi, kalau hanya itu hal yang ditonjolkan, dan fitur yang disediakan itu-itu aja, iPhone 13 masih belum worth it dengan smartphone flagship lainnya yang memiliki harga setara.

Beri Komentar