Fitur Pengukur Kadar Oksigen Darah pada Apple Watch 6 Diklaim Tidak Ada Gunanya

Reporter : Yoyok
Selasa, 29 September 2020 14:50
Fitur Pengukur Kadar Oksigen Darah pada Apple Watch 6 Diklaim Tidak Ada Gunanya
Kabarnya, fitur ini sering kali tidak akurat

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Produk-produk mereka dianggap telah berhasil di pasaran dan mendapatkan di hati sebagian besar masyarakat.

Salah satu gadget andalan Apple yang sekaligus dapat menjadi aksesoris adalah Apple Watch. Baru-baru ini, Apple merilis seri ke-6 dari jam tangan digital mutakhir mereka.

Dalam Apple Watch 6 tersebut, terdapat fitur yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah (oksimeter). Fitur tersebut memang sudah populer belakangan ini ada di gadget wearable lainnya.

1 dari 5 halaman

Oksimeter

Namun, ternyata fitur ini mendapatkan sambutan kurang mengenakkan dari masyarakat. Mastyarakat yang dimaksud merupakan seorang reporter Washington Post bernama George A. Fowler.

Fowler mengatakan kalau fitur oksimeter pada Apple Watch 6 tersebut tidak berguna.

Apple Watch Series 6 © Diadona

2 dari 5 halaman

Tidak Akurat

Fowler mengatakan dalam tulisannya kalau Apple Watch 6 akan mengalami ketidakakuratan saat menggunakan aplikasi oksimeter pada gadget tersebut. Hal ini ia ketahui setelah menggunakan Apple Watch 6 selama beberapa hari dan membandingkannya dengan alat oksimeter resmi yang telah disepakati FDA.

" Selama beberapa hari membandingkan pengukuran Apple Watch kedua saya dengan pengukur jari yang disetujui FDA, pembacaan Apple paling sering berbeda dua atau tiga poin persentase. meskipun, terkadang juga sama persis, dan terkadang lebih rendah tujuh poin persentase.” seperti itu bunyi tulisannya.

3 dari 5 halaman

Solo Loop

Fowler juga menambahkan kalau beberapa masalah mungkin terkait dengan tali Solo Loop pada Apple Watch 6. Fyi, Solo Loop memang memiliki berbagai ukuran untuk digunakan.

Pengurangan ukuran inilah yang ia yakini dapat menghilangkan beberapa kemungkinan penyimpangan pada hasil pengukuran. Namun, jika Solo Loop yang digunakan terlalu ketat, amak akan menimbulkan bekas pada tangan.

4 dari 5 halaman

Masih Terbaik

Fowler menyakini kalau Apple Watch 6 tidak cocok sebagai alat ukur kadar oksigen pada darah atau pemantauan oksigen paru-paru. Maka dari itu ia mengatakan kalau fitur oksimeter dalam gadget tersebut tidak berguna.

Walaupun begitu, Apple Watch 6 masih diyakini banyak orang sebagai sebuah produk yang bagus dari Apple. Hal ini dikarenakan fungsi utama Apple Watch 6 bukan lah alat untuk medis, melainkan alat untuk mendukung aktivitas pengguna.

Beri Komentar