Cek Resi Paket Pengiriman Cukup dengan Nama, Apakah Bisa?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 1 Desember 2021 23:06
Cek Resi Paket Pengiriman Cukup dengan Nama, Apakah Bisa?
Bisa kah kita mengecek posisi paket kita hanya dengan memasukkan nama pengirim atau penerima di situs pengecekan paket?

Dalam proses pengiriman suatu barang yang dilakukan oleh jasa ekspedisi, umumnya konsumen bakalan menerima sebuah resi atau airway bill dari perusahaan logistik. Resi adalah bukti kalau barang sudah diterima oleh perusahaan tersebut dan bisa jadi tanda bukti mengambil paket atau barang. Selain itu, resi juga bisa digunakan untuk melacak posisi barang.

Resi terdiri dari serangkaian angka atau kombinasi angka dan huruf. Kode ini juga bisa berupa barcode yang bisa dengan mudah dipindai. Setelah kita memasukkan nomor resi dal sistem pegecekan, kita bisa melihat nama penerima dan pengirim, status pengiriman dan lokasi terakhir barang.

Setelah kamu mengirim paket, kamu pasti akan mendapatkan nomor resi dari perusahaan ekspedisi tempat kamu mengirimkan barang. Nah kalau kamu habis belanja online, biasanya pihak penjual bakalan mengirimkan resi barang sebagai bukti pengiriman juga agar kamu bisa melakukan tracking posisi paket kamu.

1 dari 3 halaman

Cek Resi dengan NamaCek Resi dengan Nama © Karolina Grabowska from Pexels

Nah kayak yang udah dijelasin, setiap paket memiliki nomor resi masing-masing dan terdiri dari rangkaian angka atau huruf yang panjang. Kamu tidak mungkin bisa mengingatya dalam sekali baca, kan? Dan karena resi ini sangat penting, kira-kira ada nggak ya cara cek resi menggunakan nama saja?

Misalnya dengan mengetikkan nama penerima di situs cek resi, kita langsung bisa melihat status pengirima barang yang dikirim oleh dan untuk nama kita?

Jawabanya adalah : nggak bisa.

2 dari 3 halaman

Cek Resi dengan NamaCek Resi dengan Nama © Polina Tankilevitch from Pexels

Dilansir dari cek resi, nama bukanlah sesuatu yang unik dan banyak orang yang memiliki nama yang sama. Dan mengingat banyaknya jumlah paket yang dikirimkan dalam stu hari, bukan nggak mungkin ada lebih dari satu orang yang sedang menunggu paket mereka sampai.

Selain itu di dalam resi umumnya tercantum informasi yang bersifat pribadi seperti nama, nomor telepon, dan alamat di mana ketiga hal tersebut merupakan data pribadi yang sangat dilindungi. Akan sangat berbahaya dong ya kalau kita bisa melihat posisi dan status pengiriman barang berbekal nama lengkapnya saja, beserta nomor telpon dan alamatnya. Sehingga, cara cek resi dengan nama tidak mungkin bisa dilakukan karena berkaitan dengan data pribadi seseorang.

Setelah kamu menerima resi paket barangmu, kamu bisa melakukan pengecekan posisi barang dengan beragam cara. Pertama, kamu bisa mendatangi lokasi perusahaan ekspedisi tempat kamu mengirim atau menerima barang dan menanyakan status pengirimanmu. Cara tersebut memang tidak efisien dalam hal waktu dan tenaga, tapi bisa memberikan infomasi yang mendetail tentang paket kamu terlebih bila terjadi masalah pada paketmu.

3 dari 3 halaman

Namun umumnya cek resi dilakukan melalui pengcekan di internt lewat halaman website perusahaan ekspedisi yang digunakan atau halaman cek resi berikut. Kamu bisa memasukkan nomor resi dan melakukan penelusuran.

Cara Cek ResiCara Cek Resi © 2020 Diadona.id

Lalu masukkan nama ekspedisi yang kamu gunakan.

Cara Cek ResiCara Cek Resi © 2020 Diadona.id

Tunggu beberapa saat. Selanjutnya kamu bisa melihat status barang yang kamu telusuri.

Cara Cek ResiCara Cek Resi © 2020 Diadona.id

Selain Cek Resi, ada beragam pilihan website pelacakan paket antara lain:

Bagaimana, mudah bukan?

 

Beri Komentar