9 Cara Mengetahui HP Kita Sedang Disadap, Perhatikan Tanda-tandanya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 5 Desember 2023 13:25
9 Cara Mengetahui HP Kita Sedang Disadap, Perhatikan Tanda-tandanya
Kita bisa mengetahui HP kita disadap dari HP yang berubah menjadi lemot, betarai cepat habis, munculnya aplikasi random sebelum akhirnya informasi pribadi kamu tersebar atau saldo rekening hilang

Salah satu bahaya siber yang mungkin cukup ditakuti oleh banyak orang adalah pembajakan atau penyadapan. Teknologi yang semakin canggih juga dibarengi dengan teknologi parah hacker yang juga makin canggih. Tapi tenang aja, ada cara mengetahui HP disadap biar kamu bisa was-was.

Cara mengetahui HP disadap sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, masih banyak orang yang masih bingung gimana cara mengindentifikasikan jika HP mereka disadap. Apalagi, kadang program hacker bisa memanipulasi tampilan layar kamu seakan baik-baik saja.

Nah setelah mengathui HP kamu disadap, kamu bisa menerapkan cara-cara menanganinya adan mencegah agar HP tidak disadap lagi.

Berikut Diadona telah mengulas lengkap terkait berbagai cara mengetahui HP disadap. Simak sampai habis ya, Diazens!

 

1 dari 4 halaman

Cara Mengetahui HP Disadap © Diadona

1. Performa Menjadi Lemot

Cara mengetahui HP disadap yang pertama adalah performa HP kamu menjadi sangat lemot secara tiba-tiba. Hal ini bisa jadi karena program yang dibobol ke HP kamu memberatkan kinerja RAM dan prosesor HP-mu, sehingga membuatnya menjadi lemot.

Apabila HP kamu tiba-tiba menjadi begitu lemot dan tidak seperti biasanya, kamu perlu mencurigai bahwa HP kamu telah disadap oleh orang lain. 

2. Baterai Cepat Habis

Selanjutnya, cara mengetahui HP disadap bisa kamu diindentifikasi melalui baterai. Jika daya baterai kamu sangat cepat terkuras secara tiba-tiba, bisa jadi HP kamu disadap oleh orang lain. Hal ini karena penyadap bisa saja mengakses dan mengotak-atik HP kamu, sehingga sistem akan terus menerus bekerja.

Biasanya, baterai HP akan otomatis habis walaupun kamu tidak sedang menggunakannya. Untuk itu, kalau kamu merasa ada yang menyadap HP kamu, kamu bisa mematikannya saat tidak menggunakannya sebagai cara preventif.

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengetahui HP Disadap © Diadona

3. Muncul Aplikasi Random

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya yaitu muncul banyak aplikasi random dan tidak jelas secara tiba-tiba. Dilansir dari malwarebytes, hacker bisa saja menginstall aplikasi tertentu yang berisi malware yang juga disebut trojan. 

Aplikasi-aplikasi ini dibuat khusus untuk mengakses sistem HP kamu dan mendapatkan seluruh informasi dari perangkat kamu. Aplikasi-aplikasi trojan seperti ini sangat mungkin kamu dapatkan saat mengakses situs-situs tertentu, apalagi yang ilegal. Aplikasi tersebut sangat mungkin mengandung malware dan virus yang dapat merusak HP kamu.

4. Muncul Banyak Iklan Pop Up

Salah satu ciri HP disadap adalah muncul banyak iklan pop up secara tiba-tiba. Hal ini merupakan salah satu cara mengetahui HP disadap yang paling terlihat. Karena, iklan-iklan ini biasanya akan muncul di layar beranda HP kamu.

Kalau terdapat banyak iklan random dan aneh secara tiba-tiba di HP kamu, kemungkinan besar HP kamu telah disadap oleh orang lain. Program yang dipasang oleh penyadap terkadan memunculkan banyak program random di HP kamu dan membuat lemot, termasuk iklan-iklan aneh.

3 dari 4 halaman

Cara Mengetahui HP Disadap © Diadona

5. Muncul Aktivitas yang Tidak Diinginkan

Cara mengetahui HP disadap berikutnya bisa dilihat dari aktivitas HP kamu yang tidak diinginkan atau mencurigakan. Aktivitas yang dimaksud misalnya menginstal aplikasi sendiri, membuka pesan aplikasi, mati dan hidup sendiri, dan sebagainya.

Kalau HP kamu menunjukkan berbagai aktivitas yang tidak kamu konfirmasi, bisa jadi HP kamu sudah disadap oleh orang lain. Penyadap mungkin saja mengakses HP kamu secara sembarangan, termasuk membuka pesan, menginstall aplikasi, dan lain sebagainya.

6. Muncul Bunyi Aneh dan Tidak Wajar

Selanjutnya, cara mengetahui HP disadap bisa dicirikan dengan munculnya suara atau bunyi aneh yang tidak wajar di HP kamu. Misalnya, bunyi tik, bel, bip, klik, dan lain sebagainya. Khususnya, bunyi-bunyi yang sebelumnya tidak pernah kamu dengar di HP kamu.

Jika ini terjadi, mungkin saja HP kamu sudah disadap oleh orang lain. Bunyi ini bisa saja muncul saat kamu melakukan telepon dengan orang lain, jadi harus diwaspadai obrolan kamu disadap. Namun, bunyi-bunyi ini juga bisa muncul. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengetahui HP Disadap © Diadona

7. Saldo e-Wallet dan Bank Berkurang

Salah satu akibat HP disadap yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah pembobolan rekening bank atau dompet digital di HP. Sebenarnya, banyak penyadap yang bertujuan untuk membobol ini demi mendapatkan uang dari targetnya.

Jadi, apabila saldo rekening atau e-wallet kamu tiba-tiba berkurang atau habis tanpa kamu ketahui, sangat mungkin bahwa HP kamu sudah disadap. Cara mengetahui HP disadap ini mungkin sedikit terlambat karena saldo kamu sudah terlanjut diambil.

8. Data Pribadi Kamu Terbesar

Apabila data pribadi kamu tersebar secara online secara tiba-tiba, bisa jadi HP kamu telah disadap oleh orang lain. Hacker biasanya membajak HP target untuk mendapatkan data-data yang kemudian dibagikan secara online untuk tujuan tertentu. 

Untuk itu, kamu harus lebih waspada dari awal agar para pembajak tidak terlanjur menyebarkan data pribadi kamu secara online. Apalagi, kalau HP kamu berisi data-data pribadi penting.

9. Muncul Berbagai Pesan Aneh

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya adalah ketika HP kamu tiba-tiba terdapa berbagai pesan aneh berisi kode-kode tertentu. Hal ini karena beberapa program pembajakan mengirimkan perintahnya melalui kode pesan.

Jadi, kalau tiba-tiba banyak pesan aneh yang berisi kode atau ikon aneh ke HP kamu, bisa jadi HP kamu sedang disadap. 

Gimana Diazens? Udah paham kan gimana cara mengetahui HP disadap. Pastikan kamu selalu berwaspada terhadap pembajakan ya, biar nggak menimbulkan risiko-risiko berbahaya yang tidak diinginkan.

Penulis: Starky

 

Beri Komentar