9 Cara Mengatasi Sinyal GPS HP yang Hilang dan Tidak Bisa Digunakan

Reporter : Yoyok
Rabu, 24 April 2024 10:45
9 Cara Mengatasi Sinyal GPS HP yang Hilang dan Tidak Bisa Digunakan
GPS sudah menjadi salah satu fitur penting pada HP zaman sekarang.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal GPS pada yang hilang pada HP. Seperti kita semua sadari, HP sudah menjadi salah satu gadget bersifat pokok yang penting di zaman sekarang.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan bermodalkan HP doang di zaman sekarang. Salah satu fitur di HP yang hampir setiap orang gunakan atau bahkan selalu aktif adalah GPS. GPS berfungsi untuk menunjukkan lokasi device serta mengaktifkan aplikasi maps pada HP.

Namun, tidak jarang sinyal GPS pada HP tidak berfungsi atau hilang. Ada beberapa faktor hal ini bisa terjadi. Namun, kamu jangan khawatir, tim Diadona telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi sinyal GPS yang hilang. Yuk disimak Diazens.

1 dari 5 halaman

Cek HP

Cara pertama untuk mengatasi sinyal GPS yang hilang yaitu dengan memeriksa device alaias HP. HP terbaru zaman sekarang duah memiliki fitur GPS. Namun, untuk tidak untuk beberapa HP keluaran lawas. Kamu bisa cek spesifikasi pada HP atau menggunakan aplikasi pendeteksi GPS yang bisa kamu dapatkan di Play Store.

Cara Mengatasi Sinyal GPS Hilang © Diadona© shutterstock.com

GPS Aktif

Hal berikutnya yang mesti kamu cek atau periksa adalah fitur GPS di HP. Pastikan sebelum digunakan, GPS pada HP sudah aktif. Kamu bisa memeriksanya di bagian Settings atau di bagian notifikasi.

2 dari 5 halaman

Airplane Mode

Cara ketiga untuk mengatasi sinyal GPS hilang pada HP yaitu dengan memeriksa airplane mode atau mode pesawat. Jika aktif, mode satu ini akan mematikan berbagai sinyal dan memutus segala koneksi di HP, termasuk GPS. Cek airplane mode apakah aktif atau tidak pada HP jika sinyal GPS hilang.

Cara Mengatasi Sinyal GPS Hilang © Diadona© shutterstock.com

Update Google Maps

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan update pada Google Maps. Google Maps versi terbaru tentunya akan lebih baik untuk memaksimalkan GPS di HP. Kamu bisa melakukan update Google Maps di Play Store.

3 dari 5 halaman

Delete Cache

Cache yang menumpuk pada HP bisa bikin lemot. Cache juga akan memberi pengaruh pada GPS dan bisa bikin kehilangan sinyal. Hapus atau delete secara rutin cache yang menumpuk di HP. Tidak hanya efektif untuk melancarkan pengoperasian GPS, rutin menghapus cache juga bisa bikin HP tidak lemot.

Cara Mengatasi Sinyal GPS Hilang © Diadona© shutterstock.com/tangguhpro

High Accuracy Mode

Membuat HP dalam High Accuracy Mode bisa menjadi cara mengatasi sinyal GPS yang hilang. Mode satu ini akan membuat HP mendapatkan sinyal terbaik. Mode ini bisa kamu aktifkan pada bagian Settings di Google Maps.

4 dari 5 halaman

Update Android

Android versi terbaru akan membuat HP jadi jauh lebih maksimal untuk digunakan. Fitur-fitur juga akan jadi lebih mudah dimaksimalkan, termasuk GPS. Cak jika HP membutuhkan update pada Android di bagian Settings atau notifikasi.

Cara Mengatasi Sinyal GPS Hilang © Diadona© shutterstock.com/tomeqs

Restart HP

Melakukan restart pada HP bisa menjadi cara mudah untuk mengatasi sinyal GPS yang hilang. Restart HP juga bisa menjadi solusi berbagai error yang terjadi pada HP. Jika sinyal GPS tiba-tiba hilang, mungkin solusinya mudahnya yaitu dengan mer-restart HP.

5 dari 5 halaman

GPS Eksternal

Jika HP sudah tidak memiliki sinyal GPS, maka kamu perlu menggunakan GPS eksternal. GPS eksternal merupakan sebuah device yang akan memberikan sinyal GPS pada HP. Device satu ini umumnya dapat terkoneksi dengan HP via bluetooth dan dapat diisi ulang.

Cara Mengatasi Sinyal GPS Hilang © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara mengatasi sinyal GPS yang hilang pada HP. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar