Cara Install Ulang Windows 10, Dijamin Aman dan Paling Mudah!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 15 Januari 2024 12:09
Cara Install Ulang Windows 10, Dijamin Aman dan Paling Mudah!
Cara install ulang Windows 10 bisa kamu lakukan dengan menggunakan media penginstalan atau tidak menggunakan media penginstalan

Windows 10 menawarkan banyak fitur yang lebih mempermudah pengguna dalam mengoperasikan PC miliknya. Interface dari Windows 10 juga dinilai sangat bagus, jadi tidak heran jika banyak yang mengupgrade software Windows mereka menjadi Windows 10. Namun ternyata masih banyak yang belum tahu cara install ulang Windows 10.

Apabila kamu mengalami masalah dengan Windows 10 di PC kamu, atau jika kamu ingin membuat salinan Windows 10, install ulang Windows 10 adalah salah satu solusi. Dengan menginstal ulang Windows 10, kamu bisa memperbaiki masalah seperti bug dan error serta mengembalikan PC ke keadaan yang lebih bersih.

Lantas, bagaimana cara install ulang Windows 10? Berikut adalah langkah-langkah untuk install ulang Windows 10 dengan menggunakan media penginstalan atau tidak menggunakan media penginstalan.

1 dari 5 halaman

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Media Penginstalan © Diadona

Media Penginstalan

Image: https://images.app.goo.gl/awrziXkDrtdAUsjb8 

Cara install ulang Windows 10 dengan menggunakan media penginstalan berarti kamu akan menggunakan alat  untuk membuat media penginstalan yang kemudian akan kamu gunakan sepenuhnya untuk menghapus disk dan menginstal salinan baru Windows 10. Sebelum melakukan install ulang Windows 10, pastikan koneksi internet kamu bagus dan kamu memiliki perangkat penyimpanan eksternal seperti kartu SD, drive USB, atau hard drive eksternal dengan terdapat 8GB ruang penyimpanan tersedia.

Media penginstalan akan kamu gunakan untuk  menginstal ulang Windows 10. Berikut adalah cara membuat media penginstalan:

  • Pastikan kamu sudah mencadangkan data dan file di perangkat yang ingin disimpan ke perangkat penyimpanan eksternal seperti drive USB, kartu SD, hard drive eksternal, atau bisa juga kamu unggah ke OneDrive.
  • Unduh media penginstalan Windows 10 ke perangkat penyimpanan eksternal yang terpisah, pastikan perangkat penyimpanan itu setidaknya memiliki 8GB ruang tersedia. Seluruh data yang tersimpan di drive ini akan dihapus untuk menyelesaikan proses pengunduhan, pastikan file kosong sebelum kamu lanjutkan. Berikut langkah-langkahnya:
  • Di perangkat PC kamu lainnya yang berfungsi, buka browser dan kunjungi situs https://www.microsoft.com/en-gb/software-download/windows10ISO. Klik ‘Unduh alat sekarang’.
  • Jika proses pengunduhan sudah selesai, buka melalui desktop kamu, kemudian kamu akan ditanya apakah mengizinkan untuk membuat perubahan pada perangkat, kamu bisa langsung klik ‘Ya’.
  • Panduan penyetelan Windows 10 akan muncul di layar, kamu bisa klik tombol terima syarat dan perjanjian.
  • Pilih ‘Buat media penginstalan (usb flash drive, DVD, atau file ISO) untuk PC lain’, kemudian klik ‘berikutnya’.
  • Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan, edisi, dan arsitektur (64-bit atau 32-bit), kemudian klik ‘Berikutnya’.
  • Pilih ‘USB flash drive’, lalu klik ‘Berikutnya’.
  • Ikuti langkah-langkah untuk membuat media penginstalan yang tertera di layar. Jika sudah, klik ‘Selesai’.

2 dari 5 halaman

Setelah selesai menyiapkan media penginstalan, sambungkan ke PC dan kamu bisa langsung mulai menginstal ulang Windows 10. Berikut cara install ulang Windows 10 dengan menggunakan media penginstalan:

  • Buka menu ‘File Explorer’ di PC kamu dan pilih kandar dengan media penginstalan.
  • Dari direktori akar drive, kamu bisa klik dua kali ‘setup.exe’, kemudian kamu akan ditanya apakah mengizinkan untuk membuat perubahan pada perangkat, kamu bisa langsung klik ‘Ya’.
  • Pilih ‘Ubah’ untuk menentukan apa yang ingin kamu pertahankan. Terdapat tiga pilihan antara lain simpan file dan aplikasi pribadi, simpan file pribadi saja, atau tidak meyimpan apa pun. 
  • Kemudian klik ‘Berikutnya’. Setelah itu, klik tombol ‘Instal’ untuk menyelesaikan proses menginstal ulang Windows 10 di PC kamu.

3 dari 5 halaman

Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa Media Penginstalan

Cara Update Windows 10 © Diadona

Sebelum kamu mulai menginstal Windows 10 tanpa media penginstalan, sebaiknya kamu melakukan back up data terlebih dahulu. Meskipun semua data yang kamu simpan di PC tidak akan hilang karena instal ulang Windows 10 tanpa media penginstalan, namun sebaiknya kamu berjaga-jaga dengan melakukan salinan dan back up data.

Semua aplikasi yang kamu miliki di PC  akan terhapus, jadi sebaiknya kamu melakukan langkah di bawah ini terlebih dahulu:

  • Batalkan pendaftaran aplikasi apa pun yang perlu diaktifkan kembali setelah kamu menginstalnya kembali.
  • Cari tau cara mencadangkan progress dalam game yang kamu mainkan sehingga kamu tidak perlu memulainya lagi dari awal.
  • Simpan bookmark web, kamu bisa masuk ke Chrome atau Firefox agar dapat disimpan ke cloud.
  • Cari kunci aktivasi apa pun yang mungkin akan kamu perlukan untuk menginstal ulang aplikasi setelah Windows berhasil diinstal ulang
  • Unduh dan simpan driver untuk adaptor jaringan (baik Ethernet atau Wi-Fi) untuk memastikan PC kamu bisa terhubung kembali ke internet.

4 dari 5 halaman

Setelah itu, kamu perlu menautkan kunci Windows 10 dengan akun Microsoft kamu. Jika kamu tidak melakukan ini, Windows 10 mungkin tidak dapat diaktifkan kembali setelah kamu menginstalnya. Namun tidak semua Windows 10 memiliki product key, jika sebelumnya kamu pernah melakukan upgrade dari Windows 7 atau 8 pasti kamu tidak akan memilikinya.

Cara untuk mengecek apakah kamu memiliki product key Windows 10 atau tidak adalah dengan buka Pengaturan, kemudian pilih ‘Update & Security’, kemudian klik ‘Aktivasi’. Apabila statusnya mengatakan “ Windows diaktifkan dengan lisensi digital” namun tidak menyatakan apa-apa lagi, maka status tersebut tidak tertaut ke akun Microsoft kamu.

Berikut cara install ulang Windows 10 tanpa menggunakan media penginstalan:

  • Buka menu Pengaturan di PC kamu.
  • Kemudian klik ‘Update & Security’
  • Setelah itu klik ‘Recovery’ lalu klik ‘Get Started’.
  • Selanjutnya akan muncul pop up, kamu bisa klik opsi ‘Keep my files’.
  • Di halaman berikutnya, kamu bisa memilih apakah kamu ingin mengunduh dan menginstal ulang Windows 10 dari Cloud, atau berdasarkan file yang sudah ada sebelumnya di PC kamu. Menginstal ulang melalui Cloud akan mengkonsumsi lebih banyak data, namun menginstal dari file yang sudah ada biasanya membutuhkan waktu lebih lama.
  • Pada halaman berikutnya, klik ‘Change settings’.
  • Kemudian klik tombol toggle di bawah ‘Restore pre installed apps?’ untuk pilih ‘No’. Klik ‘Confirm’ untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu kamu akan kembali ke layar sebelumnya, namun poin pertama akan berbunyi ‘Do not restore apps and settings that came with this PC’. Jika iya, klik ‘Next’.
  • Setelah beberapa detik, akan terlihat ringkasan penyetelan ulang yang akan kamu lakukan. Jika kamu sudah puas dengan itu, klik ‘Reset’ untuk memulai proses.

5 dari 5 halaman

Setelah 20-40 menit, Windows akan mulai diinstal ulang dan setelah itu akan muncul layar login. Ikuti petunjuk yang tertera di layar PC baru untuk memilih wilayah, bahasa, tata letak keyboard, kata sandi, dan informasi lain yang diperlukan Windows 10.

Proses instal ulang ini adalah proses instalasi yang bersih, tidak ada driver yang akan diinstal untuk perangkat keras kamu. Hal ini tidak menjadi masalah karena Windows 10 dapat menginstal dan mengkonfigurasi semuanya secara otomatis selama masih terhubung ke internet.

Jika kamu sudah menyelesaikan prosesnya, periksa device manager. Apabila semuanya baik-baik saja maka tidak akan ada tanda seru berwarna kuning di sebelah perangkat.

Jadi, itu tadi ya cara install ulang Windows 10 dengan menggunakan media penginstalan atau tidak menggunakan media penginstalan. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar