Malware adalah Software Perusak, Apa Bedanya dengan Virus? ini Penjelasannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 20 April 2021 15:28
Malware adalah Software Perusak, Apa Bedanya dengan Virus? ini Penjelasannya
Malware adalah software yang merusak. Malware bisa masuk hanya karena kamu nggak update antivirus atau sembarang meng-klik tautan, dan malware bisa merusak sampai mengambil informasi pribadimu.

Malware adalah kependekan dari 'malicious software' atau perangkat lunak yang berbahaya. Malware biasanya terdiri dari kode yang dikembangkan oleh seseorang, diciptakan untuk mengganggu operasi normal komputer, mengumpulkan informasi sensitif, atau mendapatkan akses ke sistem komputer pribadi.

Malware bisa berbentuk virus komputer, worm, trojan horse, spyware, atau adware. Malware bisa masuk ke dalam komputer atau laptop kamu saat kamu mengunduh sesuatu dari internet yang sudah disisipin malware. Memencet link atau membuka file malware membuat kamu menjalankan malware di komputer kamu.

Dan tanda-tanda komputer kamu sedang disusupi malware adalah:

  • Muncul iklan pop-up setiap saat
  • Pengaturan telah berubah dan tidak dapat diubah kembali ke pengaturan sebelumnya
  • Ada komponen tambahan di dalam browser web yang nggak disadari sebelumnyya
  • Komputer jadi lemot

1 dari 3 halaman

Virus Malware

Malware Adalah © Diadona

Kayak yang udah Diadona jelaskan bahwa adalah beragam jenis malware dan salah satunya adalah virus.

Virus malware adalah jenis malware yang paling umum. Dikutip dari Forcepoint, virus ini akan melampirkan kode berbahaya mereka trus membersihkan kode dalam komputer. Trus virus malware ini bakalan menunggu pengguna yang tidak curiga atau melakukan eksekusi dalam proses otomatis.

Virus malware akan menyebabkan kerusakan pada fungsi inti sistem, merusak file, dan mengunci user sehingga mereka nggak bisa masuk ke komputer mereka sendiri

Sama halnya dengan virus biologi, virus malware menyebar dengan cepat dan luas. Mereka biasanya ada dalam file yang bisa dieksekusi dan masuk saat kita mengunduh sesuatu secara ilegal dari internet.

Atau bisa juga lewat tautan email. Parahnya lagi nih, penyebaran virus malware sangat canggih. Biasanya di dalam email tersebut kita juga disuruh buat meneruskan isi email tersebut ke orang-orang. Dan masalah dimulai ketika kita percaya dan meneruskannya ke orang-orang dan orang-orang tersebut juga meng-klik tautan tersebut.

Sebagain besar virus malware adalah virus yang berasal dari kenis skrip visual basic (VBS). Virus jenis ini bekerja dengan menjalankan skrip VBS yang melakukan aktivitas berbahaya di komputer. Ada beragam cara menghindarinya, yakni:

Nggak menggunakan klien email Microsoft Outlook untuk menjalankan Gmail.

Ini karena walaupun skrip VBS dapat berjalan di berbagai aplikasi Microsoft seperti Word, virus email VBS terutama menargetkan klien email Microsoft Outlook.

Nggak Membuka Lampiran Email yang Tidak Kamu Kenal

Karena siapa tahu itu adalah tipuan dan memencetnya berarti mempersilahkan virus malware untuk masuk.

2 dari 3 halaman

Malware adalah Virus?

Malware Adalah © Diadona

Apakah malware selalu dalam bentuk virus? Tidak. Malware adalah semua software yang merusak dan salah satu jenisnya adalah virus. Sedangkan, virus adalah salah satu jenis malware. Singkatnya nih, virus adaalh malware tapi tidak semua malware adalah virus.

Dan jenis-jenis lain dari malware adalah:

Worm

Yang bila diterjemahkan ma aartinya adalah cacing. Istilah ini juga berhubungan dengan gimana mereka menginfeksi sistem, yakni dimulai dati satu mesin yang terinfeksi trus membuat jalan melalui jaringan trus terhubung ke mesin yang berurutan untuk melanjutkan penyebaran infeksi. Worm malware adalah jenis malware yang bisa menginfeksi seluruh jaringan perangkat dengan sangat cepat.

Spyware

Seperti namanya, spyware malware adalah malware yang didesain untuk memata-matai apa yang dilakukan pengguna. Mereka bersembunyi di background komputer lalu mengumpulkan informasi tanpa sepengetahuan pengguna, seperti detail kartu kredit, sandi, dan informasi sensitif lainnya. Wah, ngeri banget deh!

Trojan

Trojan berasal dari istilah kuda Troya, sebuah kuda raksasa dari kayu yang dibangun pada perang Troya di Yunani untuk melakukan tipu daya. Di dalam kud atersebut ternyata telah bersembunyi para tentara Yunani. Dan ini berlaku juga dengan trojan malware ini.

Malware jenis ini bersembunyi di dalam atau menyamar sebagai perangkat lunak yang sah. Trus mereka bertindak diam-diam, melanggar keamanan dan membuat pintu belakang yang memberikan akses mudah kepada varian malware lainnya.

Ransomware

Ransomware malware adalah jenis yang harus dibayar tinggi oleh penggunanya karena malware ini bisa mengunci jaringan dan pengguna untuk mengakses komputernya. Kunci ini akan terus dilakukan sampai user melakukan apa yang hacker inginkan.

Dan karena itu, jenis malware ini adalah bentuk serangan yang biasa menargetkan perusahaan dan organisasi besar dunia.

3 dari 3 halaman

Melindungi Komputer dari Malware

Malware Adalah © Diadona

Setiap jenis malware memiliki cara uniknya sendiri untuk menyebabkan malapetaka, dan sebagian besar bergantung pada tindakan pengguna. Maka, cara melindungi dari malware bisa dilakukan dengan dua langkah, yakni:

Kewaspadaan Pengguna

Kecerobohan pengguna adalah salah satu jalan mudah bagi malware untuk menyusup masuk ke dalam komputer. Biasanya, lewat link-linbk yang emnarik perhatian sehingga pengguna tergoda untuk melakukan klik. Atau malah bsia juga lho malware menyamar menjadi bentuk antivirus.

Alat pelindung atau Antivirus

Perlindungan terhadap malware ini udah biasa banget dilakukan, hanya saja kita sering tak sadar ketika antivirus sudah expired.

Malware adalah perangkat lunak yang nggak cuman mengganggu dan merusak komputer. Pastikan kamu menggunakan internet dengan aman dan memasang antivirus guna menghindari serangan dari malware.

Beri Komentar