6 Teknologi Smartphone yang Diharapkan Hadir di Tahun 2021

Reporter : Yoyok
Selasa, 5 Januari 2021 16:50
6 Teknologi Smartphone yang Diharapkan Hadir di Tahun 2021
Kamu pengen salah satu apa semuanya nih gaes?

Smartphone sudah menjadi salah satu perangkat yang digunakan banyak oraang. Bahkan, tidak sedikit juga yang menggantungkan hidup mereka dengan sebuah smartphone, contohnya seperti ojek online.

Maka dari itu, update atau pembaharuan teknologi pada smartphone semakin dibutuhkan. Apalagi di tahun 2021 ini, di mana kita masih berkutat dengan pandemi covid-19.

Dikutip dari Selular, Berikut ini adalah enam teknologi yang diharapkan hadir di tahun 2021 ini.

1 dari 7 halaman

Kamera di Bawah Layar

Kamera di bawah layar nampaknya akan semakin booming di tahun 2021 Teknologi baru ini mengandalkan lapisan transparan untuk memungkinkan kamera mengambil gambar dari layar. Inovasi ini untuk menyembunyikan kamera sedemikian rupa sehingga menghilangkan desain notch atau punch hole, menciptakan pengalaman layar yang lebih mulus.

Smartphone pertama yang menggunakan teknologi ini adalah ZTE Axon 20 5G. Xiaomi pun juga terang-terangan akan mengadopsi teknologi ini di tahun 2021. Namun, sepertinya tidak hanya ZTE dan Xiaomi vendor smartphone yang akan menggunakan teknologi kamera di bawah layar ini.

2 dari 7 halaman

Rekam Video 8K di Smartphone Murah

Ilustrasi Smartphone Diangkat Tinggi-tinggi © Diadona

Teknologi perekaman video 8K menjadi pusat perhatian pada di tahun 2020 kemarin di smartphone Xiaomi Mi 10 Pro dan Samsung Galaxy S20. Fitur tersebut kemudian hadir di LG V60 ThinQ dan sejumlah flagships lainnya sepanjang tahun.

Ada kabar baik yaitu rangkaian prosesor atau chip dapat mendukung perekaman video 8K, yang memungkinkan akan banyak smartphone di berbagai harga yang memiliki teknologi ini. Terlebih lagi, sekarang TV 8K (hampir) terjangkau, jadi akan ada perangkat untuk benar-benar menonton rekaman 8K itu.

3 dari 7 halaman

Smartphone Lipat dengan Harga Terjangkau

Smartphone lipat di tahun 2020 memang bisa dibilang primadona di sebuah pesta. Teknologi baru ini terdapat pada Samsung Galaxy Z Flip dan Flip 5G, Galaxy Z Fold 2, dan Motorola Razr 5G.

Namun sayangnya, harga smartphone lipat di tahun 2020 sangat mahal, yaitu mencapai puluhan juta. Tidak heran jika kami menjuluki smartphone lipat di tahun 2020 adalah primadona sebuah pesta.

Pastinya smartphone lipat dengan harga yang lebih terjangkau hadir di tahun 2021.

4 dari 7 halaman

5G di Semua Segmen

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Samsung merupakan salah satu vendor smartphone yaang membawa teknologi 5G ke seluruh perangkat teratas maupun menengah mereka. Setelah itu, Apple, Google, Nokia, mulai mengikuti Samsung untuk menambah teknologi 5G di perangkat mereka. Adopsi teknologiv 5G di tahun 2020 memang benar-benar meningkat.

Di tahun 2021, diperkirakan bakal banyak smartphone yang menggunakan teknologi 5G. Dengan adanya prosesor Qualcomm Snapdragon 700 yang membawa standar konektivitas baru di kelas menengah, wajar saja jika kita berharap banyak smartphone kelas menengah yang akan mengadopsi teknologi 5G ini.

5 dari 7 halaman

Refresh Rate Tinggi

Kita juga berharap semakin banyak smartphone yang memiliki refresh rate yang tinggi. Karena dengan begitu smartphone akan semakin lancar untuk digunakan, terutama untuk kamu yang sering menggunakan smartphone untuk bermain game.

Smartphone Redmi kabarnya di tahun 2021 akan menghadirkan refresh rate sebesar 120HZ. Lebih penting lagi, seri chip MediaTek Dimensity 700 dibuat untuk mendukung 90Hz. Ini akan membawa layar cepat ke handset yang lebih murah.

6 dari 7 halaman

Augmented Reality

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Teknologi Augmented Reality atau AR nampaknya akan booming di tahun 2021. Apple dan Google menjadi satu-satunya perusahaan teknologi yang tertarik dengan AR ini.

Apple bahkan tengah mengerjakan kacamatan AR mereka sendiri. Kita tunggu saja nih teknologi AR seperti apa yang akan muncul di tahun 2021.

Beri Komentar