2 Tahun Sejak Diperkenalkan, Akhirnya Kamera Android Zeiss ZX1 Siap Dirilis

Reporter : Yoyok
Minggu, 1 November 2020 07:50
2 Tahun Sejak Diperkenalkan, Akhirnya Kamera Android Zeiss ZX1 Siap Dirilis
Dikatakan, kamera ini memiliki sistem canggih karena menggunakan OS Android

Android merupakan teknologi yang akrab dengan smartphone. Karena Android merupakan OS atau sistem operasi, makanya sebuah handphone dikatakan smartphone.

Ternyata, tidak hanya hape lho yang menggunakan sistem Android ini. Kamera mirrorless juga bisa dipasangai sistem operasi Android ini lho.

Kamera canggih tersebut bernama Zeiss ZX1 yang sudah diperkenalkan tahun 2018. Dua tahun diperkenalkan, baru tahun ini kamera tersebut dipasarkan.

1 dari 5 halaman

Zeiss ZX1

Dikutip dari The Verge, informasi ini datang dari distributor kamera B&H Photo yang mengirimkan email kepada DPREview bahwa Zeiss ZX1 sudah bisa dipesan dengan harga yang fantastis. Harga kamera tersebut yaitu 6.000 Dollar atau setarqa dengan Rp 88,5 juta.

Tentu saja dengan harga sefantastis itu, spesifikasi kamera satu ini juga mumpuni.

Zeiss ZX1 © Diadona

2 dari 5 halaman

Spesifikasi

Zeiss ZX1 memiliki sensor full frame 37 MP, lensa FIX 35 mm f/2, jendela bidik elektronik, dan juga tiga dial untuk mengontrol aperture, kecepatan rana, dan ISO.

Zeiss ZX1 memiliki layar touch screen sebesar 4,3 inci dan menjalankan sistem operasi Android. Terdapat pula versi built-in Adobe Lightroom pada kamera tersebut sehingga kamu dapat langsung mengedit foto yang kamu ambil.

3 dari 5 halaman

Adobe Lightroom

Zeiss ZX1 menggunakan koneksi Wi-Fi, USB-C, dan memiliki internal storage sebesar 512 GB. Zeiss ZX1 dikatakan setara dengan kamera pocket Sony RX1, yang juga dilengkapi dengan snsor full-frame dan lensa 35 mm f/2 bermerek Zeiss.

Sony RX1 dirilis pada tahun 2015 dengan harga 3.300 Dollar atau sekitar Rp 49 juta. tetapi, Sony RX1 tidak dilengkapi dengan Adobe Lightroom, dan dimensinya jauh lebih kecil. Perbandingan lain dalam segmen kamera compact full-frame premium adalah Leica Q2. Leica Q2 dipatok dengan harga 4.995 Dollar atau setara dengan Rp 73,6 juta.

4 dari 5 halaman

Leica Q2

Zeiss merupakan penguasa dalam hal optik dan performa ZX1 tentunya sudah tidak diragukan lagi. Namun, kamera ini terbilang terlalu mahal dan membuat Leica Q2 terkesan lebih murah.

Namun, semuanya akan bergantung pada UX kamera tersebut, seberapa efektif software di dalamnya bekerja.

Beri Komentar