14 Situs Terpercaya untuk Pantau Persebaran Corona di Indonesia

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 26 Mei 2020 13:40
14 Situs Terpercaya untuk Pantau Persebaran Corona di Indonesia
Deretan situs yang memuat informasi lengkap dan terpercaya dari berbagai daerah terkait persebaran COVID-19.

Pandemi COVID-19 masih menjangkiti banyak wilayah di Indonesia. Masyarakat pun dituntut untuk lebih waspada terhadap situasi sekitar.

Untuk memfasilitasinya, beberapa situs yang menyediakan informasi terkait COVID-19 di Indonesia telah tersedia, baik yang dibuat resmi oleh pemerintah maupun yang merupakan karya relawan.

Situs-situs tersebut memuat data-data mendetil terkait angka pengidap, pasien sembuh, dan informasi lain yang dibutuhkan untuk mengetahui lebih lanjut tentang persebaran virus corona di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar situs yang memuat informasi terpercaya terkait penyebaran virus corona penyebab COVID-19 di Indonesia.

1 dari 6 halaman

1. DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan situs https://corona.jakarta.go.id untuk informasi terkait persebaran COVID-19 di dalam Jakarta.

2. Banten
Untuk warga Banten, pemantauan penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan mengakses situs https://infocorona.bantenprov.go.id yang disediakan resmi oleh pemerintah provinsi.

3. Jawa Barat
Warga Jawa Barat bisa mengakses situs yang sudah disiapkan oleh pemerintah provinsi untuk memantau angka persebaran COVID-19 melalui situs https://pikobar.jabarprov.go.id.

2 dari 6 halaman

4. Kota Bogor

Kendati masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun pemerintah Kota Bogor juga menyediakan informasi yang lebih mendetil lewat situs yang dikelola oleh pemerintah kota. Situs pantau virus corona di wilayah Kota Bogor bisa diakses melalui https://corona.kotabogor.go.id.

5. Kota Bekasi
Seperti Kota Bogor, pemerintah Kota Bekasi juga menyediakan situs yang memuat informasi terkait penyebaran COVID-19 di dalam kota. Informasi bisa diakses di situs https://corona.bekasikota.go.id.

3 dari 6 halaman

6. Jawa Tengah

Warga Jawa Tengah bisa memantau informasi penyebaran virus corona melalui situs https://corona.jatengprov.go.id yang diupdate secara berkala.

7. D.I. Yogyakarta
Pemantauan penyebaran virus corona di Yogyakarta bisa dilakukan lewat situs https://corona.jogjaprov.go.id.

8. Jawa Timur
Saat ini Provinsi Jawa Timur masih menjadi provinsi dengan angka pengidap COVID-19 tertinggi di Indonesia. Warga Jawa Timur bisa memantau penyebaran virus corona lewat situs https://infocovid19.jatimprov.go.id.

4 dari 6 halaman

9. Kota Malang

Pemerintah Kota Malang memang tidak menyediakan secara resmi situs untuk memantau penyebaran virus corona karena masih berada dalam lingkup pantauan Provinsi Jawa Timur. Meski begitu, komunitas kreatif di Kota Malang berinisiatif untuk membuat portal media onine yang memuat informasi COVID-19 di Malang Raya. Informasi bisa diakses di akun Twitter @covid19mlg dan situs covid19malang.com.

10. Kota Surabaya
Berbeda dengan Kota Malang, warga Kota Surabaya bisa mendapatkan informasi persebaran COVID-19 yang dikelola resmi oleh pemerintah kota. Informasi bisa diakses di situs lawancovid-19.surabaya.go.id.

11. Papua
Masyarakat yang berada di Provinsi Papua juga bisa tetap waspada dengan menyimak informasi update terkait penyebaran virus corona yang dikelola resmi oleh pemerintah melalui situs https://covid19.papua.go.id/.

5 dari 6 halaman

12. Kementerian Kesehatan

Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan juga turut menyediakan informasi lengkap tentang penyebaran COVID-19 di seluruh daerah di Indonesia. Informasi tersebut bisa diakses melalui situs infeksiemerging.kemkes.go.id.

13. Badan Nasional Penanggulangan Bencana
BNPB mengelola sebuah situs pantau virus corona yang bisa diakses di covid19.go.id. Situs ini dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19 yang terdiri dari pemerintah bersama Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional. serta organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.

14. KawalCOVID19
Berawal dari relawan yang mengelola aksi KawalPemilu, kemudian mereka berinisatif untuk membuat situs serupa yang mengawal penyebaran COVID-19 di Indonesia. Informasi bisa diakses lewat media sosial Twitter (@KawalCOVID19) dan Facebook serta website kawalcovid19.id.

Beri Komentar