Udang Selingkuh yang Bikin Ketagihan, ini Resep Kuliner Nusantara Khas Papua

Reporter : Kurnia
Kamis, 29 Juli 2021 08:28
Udang Selingkuh yang Bikin Ketagihan, ini Resep Kuliner Nusantara Khas Papua
Cicipi nikmatnya perselingkuhan udang dan kepiting yuk

Hy, Diazens.

Selamat datang di halaman resep Diadona. Kali ini, mari cicipi nikmatnya perselingkuhan udang dan kepiting yang nikmat banget.

Perselingkuhan memang nikmat sih. Tapi perselingkuhan udang dan kepiting aja yang nikmat, kalo kamu jangan ya.

Well, tapi kenapa udangnya selingkuh sama kepiting?

1 dari 5 halaman

Udang Selingkuh

Udang selingkuhUdang selingkuh © Instagram.com/kitaina.id

Makanan khas nusantara ini disebut dengan udang selingkh karena hewan yang jadi bahan baku hidangan ini bertubuh seperti udang kebanyakan, tapi punya capit besar layaknya kepiting.

Bentuk dan kecantikannya itu konon disebut sebagai hasil perselingkuhan udang dan kepiting.

2 dari 5 halaman

Kuliner Langka

Udang selingkuh ini nggak selalu ada di semua wilayah Papua lho, Diazens. Makanan khas nusantara ini bisa dikatakan cukup langka mengingat bahan bakunya gak selalu ada.

Kuliner unik dengan harga Rp300 ribu sampai Rp400 ribu, namun juga bisa mencapai Rp1 jutaan. Udang selingkuh ini hanya bisa kamu temui di Goa Togece Kampung Parema, Distrik Wesaput, Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

3 dari 5 halaman

Bentuk Udang Selingkuh

Dilansir dari berbagai sumber pada 29 Juli 2021, udang selingkuh ini memiliki warna asli biru yang agak transparan. Seperti kepiting dan lobster, udang ini akan berubah menjadi warna kejinggan setelah dimasak.

Teksturnya pun tak jauh berbeda dengan udang pada umumnya. Meskipun dia udah berselingkuh, tapi rasanya jauh lebih lembut dan lebih manis lho.

Rasanya yang begitu luar biasa, membuat udang selingkuh ini tak membutuhkan banyak bahan untuk memasaknya menjadi olahan nikmat yang bakal menggoyang lidahmu.

Daripada semakin penasaran intip bahan dan cara pembuatan udang selingkuh yang meresahkan ini yuk.

4 dari 5 halaman

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

- 8 ekor udang selingkuh

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok makan air jeruk nipis

- 1 siung bawang putih, parut

- 1 sendok makan margarin, lelehkan

Bumbu

100 ml kecap manis

2 sendok makan saus cabai sesuai selera

1 sendok makan bawang merah goreng dan haluskan

1 sendok makan air jeruk nipis

½ sendok teh merica

5 dari 5 halaman

Cara Membuat

- Cuci dan bersihkan udang selingkuh.

- Lumuri udang dengan garam, air jeruk nipis, dan bawang putih hingga merata.

- Diamkan selama 30 menit.

- Aduk margarin leleh dengan bumbu olesan hingga rata. Kemudian oleskan pada udang secara merata.

- Bakar di atas bara api hingga matang sambil diolesi bumbu.

- Angkat dan sajikan selagi hangat.

Selamat menikmati perselingkuhan mereka!

Beri Komentar