Ternyata Keripik Kentang Mulanya Dibuat Sama Chef yang Balas Dendam Sama Pelanggannya, Kok Bisa?

Reporter : Nasa
Minggu, 1 Maret 2020 08:00
Ternyata Keripik Kentang Mulanya Dibuat Sama Chef yang Balas Dendam Sama Pelanggannya, Kok Bisa?
Menurut sejarah, keripik kentang tercipta karena seorang chef yang balas dendam pada pelanggannya yang cerewet.

Siapa sih di dunia ini yang nggak tahu keripik kentang. Kayaknya keripik kentang bisa ditemukan di hampir seluruh bagian di seluruh dunia. Tapi ternyata nih, keripik kentang merupakan salah satu makanan yang tercipta karena ketidak sengajaan loh.

Wah kok bisa nggak sengaja ya? Kalau menurut konten video yang diunggah sama channel youtube Great Big Story, ternya keripik kentang pertama kali tercipta ketika seorang chef balas dendam sama pelanggannya yang cerewet. Sekitar tahun 1853, ada seorang chef yang bekerja di Moo's Lake House, New York, bernama George Crum.

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Keripik Kentang © Diadona

Suatu ketika resto tersebut kedatangan pelanggan yang memesan kentang goreng. Kala itu kentang goreng memang menjadi hidangan yang tersedia di hampir seluruh resto di Amerika maupun Eropa. Pelanggan tersebut ternyata tidak suka dengan kentang goreng buata Crum.

Kemudian mengembalikannya ke dapur dan meminta dibuatkan ulang. Ketika kembali dibuatkan kentang goreng baru, pelanggan tersebut juga masih tidak suka dengan kentang goreng buatan Crum. Katanya kentang goreng tersebut terasa kurang gurih dan kurang krisipi.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Keripik Kentang © Diadona

Hingga kesekian kalianya pelanggan tersebut mengembalikan kentang goreng buatan Crum ke dapur. Saking kesalnya sama pelanggan tersebut, Crum akhirnya membuat kentang goreng dengan irisan sangat tipis yang memberikannya ke pelanggan tersebut dengan sedikit kasar.

Namun ternyata kentang goreng tipis tersebut sangat disukai sama pelanggan tersebut. Bahkan karena kentang goreng tipis atau keripik kentang tersebut tidak bisa dimakan menggunakan sendok dan garpu, sang pelanggan tak sungkan menggunakan tangannya langsung.

3 dari 3 halaman

Padahal ketika itu, penggunaan sendok dan garpu untuk makan menjadi manner paten di sana. Setelah itu menu keripik kentang jadi sangat disukai, hingga menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Gitu loh ternyata sejarah terciptanya keripik kentang, nggak nyangka kan ya?

Beri Komentar