Sarabba, Minuman Penangkal Virus Warisan Leluhur, Bisa Tangkal Virus Corona?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 16 Maret 2020 11:34
Sarabba, Minuman Penangkal Virus Warisan Leluhur, Bisa Tangkal Virus Corona?
Masyarakat Sulawesi Selatan rutin minum sarabba untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Virus corona benar-benar telah menggegerkan dunia. Virus yang berawal dari Wuhan-China ini sudah membuat beberapa negara di dunia mengisolasi diri atau menerapkan sistem lockdown. Di Indonesia sendiri, virus ini sudah mulai masuk pada akhir Februari 2020.

Hingga saat ini, suspect virus corona terus bertambah. Beberapa daerah di Indonesia mengikuti imbauan pemerintah untuk menggunakan masker jika mengalami gejala flu demam. Salah satunya Sulawesi Selatan, masyarakat tak hanya membekali diri dengan masker, tetapi ada juga yang mulai rutin mengonsumsi minuman yang berbahan baku rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1 dari 3 halaman

Melansir dari laman liputan6.com, sejak merebaknya isu virus corona, masyarakat di Sulawesi Selatan pada umumnya lebih kepada menjaga kesehatan dengan rutin konsumsi Sarabba. Sebuah minuman tradisional warisan leluhur suku Bugis Makassar yang sejak dahulu diyakini sebagai obat stamina dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sarabba terbuat dari rempah-rempah yang berupa jahe, serei, kayu manis, dan juga tambahan gula merah. Sarabba cukup mujarab mengobati flu, batuk, dan demam. Masyarakat Sulawesi Selatan percaya bahwa mengkonsumsi minuman berbahan baku rempah-rempah akan meningkatkan kekebalan tubuh di tengah maraknya kasus virus corona.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan dari Sarabba ini antara lain adalah jahe, serai, bubuk merica, kayu manis, gula merah dan santan. Sarabba ini bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Ya itung-itung untuk antisipasi penyebaran virus corona.

3 dari 3 halaman

Pertama-tama, siapkan bahan rempah-rempahnya yang terdiri dari 200 gram jahe yang telah dimemarkan, 250 gram gula merah yang telah ditumbuk kasar, 1 batang serai yang telah memarkan, 1 batang kecil kayu manis, 1 sendok merica bubuk, garam, 200 ml santan segar, dan 1 liter air.

Setelah seluruh bahan rempah terkumpul,masukkan 1 liter air ke dalam panci lalu didihkan. Selanjutnya, setelah air tampak mendidih, masukkan bahan rempah satu persatu. Diawali memasukkan gula merah kemudian lanjut memasukkan serai, kayu manis, merica bubuk, dan garam secukupnya. Aduk hingga seluruh bahan rempah yang telah tercampur tadi hingga rasanya betul-betul menyatu. Setelah itu, jangan lupa memasukkan santan.

Tunggu hingga 5 menit kemudian angkat panci, dan khasiat Sarabba pun siap dirasakan.

Beri Komentar