Resep Cara Membuat Kue Tart Kukus Mini, Brownies, dan Coklat Sederhana untuk Ulang Tahun

Reporter : Ayu
Rabu, 15 Januari 2020 16:01
Resep Cara Membuat Kue Tart Kukus Mini, Brownies, dan Coklat Sederhana untuk Ulang Tahun
Dengan bahan dan alat yang ada, kamu tentunya bisa membuat kue tart di rumah tentunya dengan cara sederhana. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini!

Sejak abad ke-13 tradisi kue tart ternyata sudah ada. Pada umumnya kue tart memiliki bentuk bulat, namum sesuai perkembangan zaman modern kue tart kini lebih memiliki banyak variasi bentuk dan rasa.

Banyak sekali kedai roti dan kue yang menjual produk olahan kue tart dari berbagai bentuk, rasa dan ukuran berbeda. Harganya pun dibandrol cukup mahal karena kerumitan dan waktu proses pembuatannya.

Bagi kamu yang ingin berkreasi sendiri dengan membuat kue tart di rumah juga bisa kok. Dengan bahan dan alat yang ada, kamu tentunya bisa membuat di rumah dengan cara sederhana. Langsung saja simak resep cara membuat kue tart di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Tart Kukus

Ilustrasi Kue TartIlustrasi Kue Tart © Dream.co.id

Bagi kamu yang tidak memiliki oven di rumah, cara membuat kue tart bisa kamu lakukan dengan dikukus. Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini dalam cara membuat kue tart kukus.

Bahan:

- 125 gram tepung terigu
- 125 gram gula pasir
- 100 gram margarin
- 125 gram dark chocolate
- 4 butir telur ayam
- 1 sdt vanila bubuk
- 1/2 sdm baking powder
- 2 sdm tepung maizena
- 1 sdm cake emulsifier
- 1 sdm cokelat bubuk

Bahan untuk topping:
- Selai
- Cherrywhipped cream secukupnya

Cara membuat kue tart kukus:

  1. Siapkan wadah atau baskom bersih ukuran sedang. Masukkan telur ayam, gula pasir, cake emulsifier dan vanilla bubuk. Mixer semua bahan hingga kaku dan mengembang. Gunakan kecepatan tinggi agar hasil adonan menjadi maksimal.
  2. Tambahkan bahan kering berupa tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan tepung maizena ke dalam adonan telur dan gula. Ayak semua bahan kering agar hasil kue lebih halus dan lembut. Aduk secara perlahan agar semua bahan menyatu sempurna.
  3. Tim atau cairkan dark coklat hingga meleleh. Tambahkan margarin dan aduk rata bersama coklat, masak sampai coklat serta margarin menyatu sempurna, matikan api dan biarkan sampai hangat kuku.
  4. Masukan lelehan coklat dan margarin tadi pada adonan tepung dan telur. Aduk-aduk perlahan dan aduk rata kembali, sisihkan sejenak.
  5. Siapkan loyang dan olesi bagian dalamnya dengan mentega. Jangan lupa juga untuk memanaskan kukusan dengan api sedang sampai airnya benar-benar mendidih.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang kemudian kukus sampai matang kira-kira 20 sampai 25 menit. Angkat dan kue tart kukus siap untuk dihias sesuai selera.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Tart Mini

Ilustrasi Kue TartIlustrasi Kue Tart © Merdeka.com

Resep di bawah ini adalah resep cara membuat kue ulang tahun blackforest mini bites. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 3 butir kuning telur
- 3 butir telur utuh
- 85 gram gula pasir
- 1/2 sdt emusilfier
- 50 gram tepung terigu protein rendah
- 10 gram maizena
- 25 gram cokelat bubuk
- 2 sdm susu kental manis
- 1/2 sdt pasta blackforest
- 1 sdt rhum (sesuai selera)
- 75 gram butter (lelehkan)

Cara membuat kue tart mini:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 160 derajat Celcius.
  2. Campurkan bahan telur, gula pasir dan SP. Mixer bahn dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental. Masukkan campuran terigu, cokelat bubuk dan maizena yang sudah diayak, mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
  3. Matikan mixer, tuang susu kental manis, rhum, pasta blackforest, dan mentega cair, aduk dengan teknik melipat dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan ke loyang berukuran 22x22x5 cm yang sudah dioles margarin kemudian alasi dengan baking paper. Oleskan margarin di bagian pinggirnya juga dan tabur tipis dengan terigu. Masukkan ke dalam oven dan panggang hingga matang.
  5. Dinginkan kue di atas cooling rack, setelah itu oles dengan butter cream, potong dan hias sesuai selera.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Tart Sederhana

Ilustrasi Kue TartIlustrasi Kue Tart © Fimela.com

Sebenarnya cara membuat kue tart terbilang cukup sederhana. Dengan bahan dasar tepung, gula, telur, dan beberapa penyedap serta pengembang kamu bisa membuatnya di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat kue tart sederhana di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram tepung terigu (segitiga biru)
- 25 gram coklat bubuk
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt vanili5 butir telur
- 125 gram gula pasir
- 1 sdt emulsifier (sp/ovalet/tbm)
- 250 gram mentega putih

Bahan buttercream:
- 100 gram mentega (cairkan)
- 75 ml susu kental manis warna putih
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat kue tart sederhana:

  1. Ayak semua bahan tepung berupa tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan vanili kemudian sisihkan. Kocok telur, gula, dan emulsifier sampai mengembang di wadah lainnya.
  2. Masukkan campuran tepung ayakan tadi dengan mentega cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dengan spatula. Tambahkan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega.
  3. Panggang selama kurang lebih 35 menit atau sampai matang. Cek tingkat kematangan bolu menggunakan tusuk lidi. Jika tidak ada adonan lengket yang menempel pada lidi, berarti sudah matang. Keluarkan dari loyang untuk didinginkan.
  4. Buat buttercream dengan mengocok mentega putih dengan mixer sampai lembut lalu tambahkan SKM. Kocok lagi sampai lembut dan mengembang.
  5. Beri pewarna makanan sesuai selera kemudian masukkan ke plastik segitiga. Gunting ujung plastik dan buttercream siap digunakan untuk menghias. Hias kue yang telah dingin dengan butter cream yang baru saja dibuat sesuai selera.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Tart Ulang Tahun

Ilustrasi Kue TartIlustrasi Kue Tart © Dream.co.id

Tidak lengkap rasanya jika perayaan acara ulang tahun sekali dalam setahun ini tidak ada menu kue tart yang cantik dan menggugah selera. Kamu tidak perlu selalu membeli di toko kue dan roti, karena kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat kue tart ulang tahun di bawah ini.

Bahan:

- 4 butir telur
- 150 gram gula pasir
- 1 sdt Sp/tbm/ovalet
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 30 gram cokelat bubuk
- 60 gram dark cooking chocolate
- 20 gram butter/margarin
- 80 ml minyak sayur/minyak goreng
- Loyang bulat diameter 18 cm

Olesan: 
- Butter cream secukupnya

Topping:
- Secukupnya compound lemon parut

Cara membuat kue tart ulang tahun:

  1. Lelehkan dark cokelat dan butter kemudian angkat dan tambahkan minyak. Aduk hingga merata dan sisihkan. Campurkan bahan terigu dan cokelat bubuk lalu aduk hingga rata kemudian sisihkan. Panaskan alat kukusan.
  2. Siapkan wadah kemudian mixer telur, gula pasir dan SP dengan kecepatan tinggi hingga menjadi putih kental berjejak selama kurang lebih 10 menit. Matikan mixer. Tambahkan campuran tepung sebanyak dua tahap sambil diayak, aduk menggunakan spatula hingga merata. Masukkan lelehan cokelat dan aduk dengan teknik lipat secara merata hingga tercampur sempurna.
  3. Olesi loyang menggunakan margarin atau gunakan kertas baking. Tuangkan adonan cokelat ke dalamnya. Kukus dengan api sedang cendrung kecil selama kurang lebih 30 menit lamanya.
  4. Lakukan tes tusuk, angkat, keluarkan dari loyang. Tunggu kue hingga dingin sempurna. Olesi permukaan kue dengan butter cream, dan hias dengan memberi topping sesuai selera.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Tart Brownies

Ilustrasi Kue TartIlustrasi Kue Tart © Liputan6.com

Kue tart brownies ini juga cocok untuk menjadi pilihan hidangan atau acara tiup lilin bagi kamu yang bingung memilih menu kue tart yang berbeda. Yuk langsung saja simak resep cara membuat kue tart brownies di bawah ini.

Bahan:

- 6 butir telur
- 225 gram gula pasir
- 1/2 sdt emulsifier
- 125 gram tepung terigu
- 50 gram cokelat bubuk
- 175 gram minyak sayur
- 100 gram DCC (cincang dan dilelehkan)
- 75 gram susu kental manis cokelat

Cara membuat kue tart brownies:

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu. Jika kamu menggunakan dandang biasa, bungkus tutup dandang dengan kain bersih.
  2. Siapkan loyang berukuran 20x20 cm lalu olesi dengan margarin dan alasi kertas baking dan oles kembali. Sisihkan loyang terlebih dahulu.
  3. Campur dan ayak tepung terigu serta cokelat bubuk, kemudian sisihkan. Campurkan minyak sayur dan DCC lekeh, kemudian sisihkan.
  4. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga memiliki tekstur yang mengembang dan kental. Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk, aduk secara merata atau kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  5. Tuangkan campuran minyak sayur dan DCC leleh ke dalam adonan. Aduklah kembali dengan spatula hingga tercampur sempurna. Ambil sedikit adonan sekitar 100 gram, kemudian campurkan dengan susu kental manis, sisihkan.
  6. Tuang setengah adonan sisa ke dalam loyang, kukus selama sekitar 10-15 menit, gunakan api sedang agar brownies tak menggelombang. Buka tutup kukusan dan tuang adonan yang sudah dicampur susu kental manis. Kukus dengan waktu selama 5 menit.
  7. Tuang sisa adonan dan kukus hingga matang sekitar 25 menit, lakukan tes dengan menusuknya. Angkat dan kue ulang tahun siap dihias.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Tart Coklat

Ilustrasi Kue TartIlustrasi Kue Tart © Fimela.com

Bahan coklat memang menjadi andalan setiap resep masakan kue dan roti. Begitu pula kue tart coklat ini yang selalu menjadi primadona dan pilihan umum untuk merayakan acara setahun sekali atau sekedar untuk camilan. Berikut resep selengkapnya cara membuat kue tart coklat. Selamat mencoba!

Bahan:

- 125 gram tepung terigu
- 125 gram gula pasir
- 100 gram margarine
- 125 gram dark coklat
- 4 butir telur
- 2 bungkus vannila bubuk
- 1/2 sdm baking powder
- 2 sdm tepung maizena
- 2 sdm TBM
- 1 sdm coklat bubuk

Untuk bahan Topping:

- Selai
- Buah cherry
- Whipped cream

Cara membuat kue tart coklat:

  1. Siapkan wadah atau basko ukuran sedang dan masukan gula pasir, telur, TBM dan juga bubuk vanila lalu aduk memakai mixer dengan kecepatan sedang dan biarkan aduk sampai menjadi putih warnanya.
  2. Ayak tepung, lalu masukkan ke adonan bersama vanila, baking powder, coklat bubuk, maizena. Aduk kembali hingga merata.
  3. Cairkan coklat dan juga margarine denga air panas lalu diarkan dingin. Jika cokelat sudah dingin, masukkan ke dalam adonan tadi dan aduk kembali sampai semuanya benar-benar merata.
  4. Siapkan loyang dan olesi permukaannya memakai margarine, lalu masukan adonan pada loyang dan masukan pada oven sekitar 20 menit. Angkat kue dan hiasi dengan menggunakan cream dan topping sesuai selera.

Demikian resep cara membuat kue tart yang telah Diadona rangkum. Kue tart manis dan lembut memang menjadi olahan dan camilan yang selalu dinanti setiap orang. Berbagai rasa dan varian bentuk kue tart pun kian bertambah dan beragam. Bagaimana menurut pendapat kamu tentang variasi dan rasa dari kue tart? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar