Dari Porsi Hingga Harga, Inilah Perbedaan Mencolok McDonald di Amerika dan Jepang

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 24 Februari 2020 12:51
Dari Porsi Hingga Harga, Inilah Perbedaan Mencolok McDonald di Amerika dan Jepang
Beda budaya, beda juga cara McDonald menyajikan makanannya kepada customer.

McDonald memang menjadi restoran cepat saji yang berada di berbagai negara. Namun, meskipun McDonald berada di berbagai negara ternyata cara penyajian, menu, bahkan budaya masyarakat sangat berbeda di berbagai negara. Apa saja sih perbedaannya? Yuk kita simak.

1 dari 9 halaman

Di Jepang McDonald Adalah Tempat Nongkrong

Masyarakat di Jepang orang menghabiskan waktu untuk ngobrol dengan teman-temannya di McDonald. Bahkan mereka ke sana bukan untuk makan makanan berat.

Hal ini tidak akan kamu temukan di Amerika, yang mana di sana menganggap McDonald adalah tempat kamu mencari makanan ketika lagi nggak ada duit. Bahkan di Amerika lebih banyak membawa makanan pulang untuk dimakan di rumah.

2 dari 9 halaman

Di Amerika McDonald Lebih Ramai Saat Pagi

McDonald © Diadona

Di Amerika, McDonald lebih sebagai tempat untuk sarapan. Karena penyajiannya yang cepat, orang di Amerika yang buru-buru dalam bekerja bisa langsung menikmati sarapannya secara cepat dan tidak menyita banyak waktu di pagi hari. Menunya antara lain pancake, kentang goreng, dan McMuffins telur.

Ini nggak akan kamu temukan di Jepang karena mereka punya budaya sarapan yang berbeda dengan di Amerika. Bahkan menu sarapan seperti McMuffin dan lain-lain tidak akan kamu temukan di McDonald Jepang.

3 dari 9 halaman

Porsi Berbeda

McDonald © Diadona

Di Amerika, semua cenderung lebih besar. Bahkan porsi kecil di Amerika masih lebih besar daripada di Jepang. Hal ini karena budaya orang Jepang yang terbiasa makan dengan porsi yang lebihg kecil daripada orang Amerika.

4 dari 9 halaman

Di Amerika, Gratis Isi Ulang untuk Semua Orang

Di Amerika kamu bisa mendapat isi  ulang gratis untuk minuman atau saus di McDonald. Namun, kamu nggak akan menemukan ini di Jepang. Dari point sebelumnya yang mana orang Jepang memang terbiasa dengan porsi makan yang lebih kecil. 

5 dari 9 halaman

Di Jepang, Karyawan Akan Dituntut Lebih Ramah

Dilansir dari therichest, karyawan di Jepang memang lebih ramah daripada di Amerika. Karyawan McDonald di Amerika cenderung kurang ramah. Namun berbeda dengan di Jepang. Di layanan drive through Jepang, karyawannya akan menunduk ketika kamu selesai mendapatkan makananmu. 

6 dari 9 halaman

Harga di Amerika Lebih Murah

Seperti di point awal, di Amerika, McDonald memang tempat makanan murah dibandingkan dengan makanan lainnya. Di Jepang, McDonald cenderung lebih mahal meskipun menunya sama. 

7 dari 9 halaman

Kesalahan Lebih Sedikit di Jepang

Berbeda dengan di Amerika, di Jepang bekerja memang benar-benar diupayakan untuk sangat berhati-hati. Sehingga kesalahan yang dibuat pun lebih sedikit. 

8 dari 9 halaman

Custom Pesanan Lebih Gampang di Amerika

Jika kamu ingin mengurangi atau menambah sesuatu dalam menu burger misalnya, di Amerika ini akan lebih mudah. Sementara di Jepang jauh lebih sulit. Sebagian besar orang Jepang hanya memesan apa yang ada di menu dan tidak meminta pesanan diubah atau ditambahkan sesuatu dalam makanannya. 

9 dari 9 halaman

Di Amerka Jarang Ada Iklan McDonald

McDonald © Diadona

McDonald memiliki reputasi restoran yang ramah keluarga. Ini menjadi image tersendiri di Amerika. Oleh karena itu kamu akan jarang melihat iklan McDonald di Amerika. Karena restoran ini ramah keluarga, mereka nggak ingin menyinggung siapapun atau menampilkan iklan yang nggak pantes.

Berbeda di Jepang di mana mereka punya banyak iklan yang cukup kontroversial. Bahkan ada beberapa iklan yang sempat diturunkan.

Itulah beberapa perbedaan antara McDonald yang ada di Amerika dengan Jepang. Bahkan mungkin akan berbeda pula di Indonesia. Kalau di Indonesia gimana ya? Silahkan tulis di kolom komentar.

Beri Komentar