Masak Daging Pakai Parasetamol Lagi Ngetren di Afrika Barat, Biar Nggak Pusing Mikirin Utang Gitu?

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 21 Maret 2020 08:52
Masak Daging Pakai Parasetamol Lagi Ngetren di Afrika Barat, Biar Nggak Pusing Mikirin Utang Gitu?
Nggak bahaya apa ya?

Memasak memang erat kaitanya dengan bumbu masakan dan rempah-rempah. Bumbu masakan dan rempah-rempah adalah bahan pelengkap makanan utama untuk menunjang rasa. Tapi bagaimana jika makanan utama seperti daging diolah dengan obat parasetamol?

Dilansir dari berbagai sumber, cara masak daging menggunakan parasetamol atau obat sakit kepala lainnya itu sudah ada di dalam negeri. Ternyata, ini juga nggak dilakukan di dalam negeri, cara masak daging dengan mencampurkan obat sakit kepala atau obat dengan kandungan parasetamol juga dilakukan di Afrika Barat sebagai bumbu masakan. Emang apa sih faedahnya?

1 dari 2 halaman

Membuat daging menjadi empuk lebih cepat

Ilustrasi DagingIlustrasi Daging © unsplash.com/@victoriakosmo

Mereka percaya bahwa masakan yang dicampur dengan parasetamol akan membuat daging menjadi lebih empuk dalam waktu yang singkat. Dengan waktu yang singkat ini akan memangkas biaya masak di rumah tangga maupun restoran. Bener nggak sih? Gimana menurut para ahli?

2 dari 2 halaman

Pendapat Ahli

ParasetamolParasetamol © tokopedia.com

Dikutip dari NAFDAC, Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC), parasetamol memang bukan bahan tambahan untuk pangan dan sangat berisiko bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi sebagai masakan.

Dalam tulisannya juga mengatakan, saat digunakan untuk memasak, parasetamol akan dipecah menjadi zat beracun. Zat ini pada akhirnya bisa merusak hati, ginjal dan organ lainnya.

Jadi, masih mau masak menggunakan parasetamol biar cepet empuk? Udahlah, yang normal-normal aja. Chef Arnold menangis melihat ini :(.

Beri Komentar