Makanan Ini Ternyata Mampu Membuat Anak Cepat Tertidur Pulas

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 12:36
Makanan Ini Ternyata Mampu Membuat Anak Cepat Tertidur Pulas
Tidur adalah istirahat yang penting bagi semua manusia, tidak terkecuali anak-anak.

Tidak ada istirahat yang terbaik selain tidur. Tidur adalah saat dimana tubuh bumbuh, kulit bergenerasi, otak lebih terstruktur dan lain sebagainya. Tidur adalah istirahat yang penting bagi semua manusia, tidak terkecuali anak-anak.

Seorang anak yang tidurnya cukup memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes dan kelebihan berat badan. Selain itu, tidur yang cukup juga membantu dalam konsentrasi belajar yang lebih baik.

Sayangnya, beberapa gaya hidup membuat anak sulit untuk tidur. Orang tua mungkin sudah mencoba beberapa metode yang membuat anak bisa tertidur seperti pijatan, membacakan dongeng, dan lain sebagainya. Namun, cara tersebut belum tentu ampuh untuk setiap orang.

Cobalah mengganti pola makan dengan makanan yang dapat membantu anak tidur nyenyek. Dikutip dari Boldsky (3/1), inilah makanan yang membuat anak tertidur pulas.

1 dari 8 halaman

Susu

Segelas susu seringkali diberikan pada anak sebelum tidur. Pemberian susu sebelum tidur bukanlah tanpa alasan. Susu mengandung asam amino bernama tryptophan yang membantu anak untuk tertidur. Selain itu susu yang hangat juga memberikan efek berupa naiknya temperatur suhu tubuh pada anak sehingga anak cepat mengantuk.

27 Manfaat Kefir Susu Kambing Etawa Untuk Kecantikan dan Kesehatan © Diadona

2 dari 8 halaman

Pisang

Pisang mengandung magnesium yang berperan untuk merilekskan otot pada seluruh tubuh. Pisang juga mengandung zat yang dapat membuat anak tertidur pulas, yaitu melatonin dan serotonin.

Ilustrasi pisang © Diadona

3 dari 8 halaman

Salmon

Salah satu makanan laut yang memiliki banyak manfaat adalah salmon. Salmon yang dihidangkan pada makan malam, dapat membantu tubuh untuk rileks dan cepat mengantuk. Hal ini karena salmon mengandung zat melatonin dan serotonin.

Ilustrasi Salmon © Diadona

4 dari 8 halaman

Gandum

Gandum dikenal dengan fungsinya yaitu untuk menyehatkan jantung. Gandum mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan sistem saraf. Selain itu gandum juga memiliki zat melatonin yang tinggi, yang membuat anak mudah tertidur.

5 dari 8 halaman

Bayam

Selain kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan seluruh tubuh, bayam juga kaya akan asam amino typtophan yang membantu anak tertidur pulas. Jika anak tidak suka bayam dalam bentuk utuh, kamu bisa membuatnya menjadi jus dengan menambahkan madu agar rasanya manis.

Ilustrasi sayur bayam © Diadona

6 dari 8 halaman

Kacang Kenari

Selain untuk menurunkan berat badan, kacang yang berbentuk otak ini juga dapat membuat anak tertidur pulas. Hal ini dikarenakan kandungan tryptophan pada kacang kenari.

7 dari 8 halaman

Nanas

Meskipun tidak diketahui banyak orang, tapi ternyata nanas memiliki kapasitas untuk meningkatkan melatonin lebih tinggi daripada gandum dan pisang.

Nanas © Diadona

8 dari 8 halaman

Anggur

Zat melatonin juga terdapat pada anggur. Oleh karena itu anggur dapat menjadi makanan pilihan untuk membantu anak yang susah tidur.

Itu tadi beberapa makanan yang membantu anak yang susah tidur. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Beri Komentar