Ini lho Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar, Agar Tidak Tertipu Pedagang Nakal

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 5 Januari 2021 10:10
Ini lho Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar, Agar Tidak Tertipu Pedagang Nakal
Awas, manisnya kata-kata si penjual belum tentu bikin durian manis, lho.

Siapa nih yang gak suka durian? Mungkin sebagian dari kalian tidak begitu antusias saat melihat buah yang memiliki duri ini. Tapi, tak sedikit juga yang tak sabar untuk menyantap durian.

Namun, kadang kala ada yang membuat kesal pembeli saat mencicipi buah durian yang di jual oleh penjual di pinggir jalan lantaran rasanya yang tak sebagus fisiknya.

Nah, biar kamu tidak tertipu pedagang nakal lagi, berikut kami berikan beberapa cara memilih dan membelah durian yang benar.

1 dari 7 halaman

1. Cium Aroma Durian

Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar © Diadona

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membeli durian ialah mencium aroma dari durian tersebut. Pasalnya, durian matang punya aroma yang harum, walaupun kulitnya masih tertutup rapat. Untuk itu, jauhkan dulu buah yang kamu pilih dari tumpukan durian agar tidak tertipu. Jika aroma manisnya tetap terasa, maka sudah dipastikan durian pilihanmu itu matang.

2 dari 7 halaman

2. Perhatikan Bentuk Durian dengan Seksama

Ilustrasi durian © Diadona

Setelah mencium aroma dari durian, cara memilih dan membelah durian yang benar selanjutnya adalah perhatikan dengan seksama dari buah tersebut. Umumnya, durian punya banyak warna, seperti hijau, kuning, oranye, cokelat, dan sebagainya. Nah, hal ini tidak bisa kamu jadikan patokan untuk memilih durian yang matang.

Maka dari itu, usahakan memilih durian yang bulat, bukan lonjong. Sebab, buah yang berbentuk bulat menandakan dagingnya pasti melimpah. Sementara, kalau bentuknya lonjong, isi daging durian cenderung lebih sedikit.

3 dari 7 halaman

3. Lihat Tangkai Durian

Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar © Diadona

Perlu diketahui, bahwa durian matang di pohon atau tidak, bisa dibedakan dari tangkainya. Singkatnya, jika ada tanda bekas potongan, maka durian tersebut tidak masak pohon. Ya, walaupun sama-sama lezat, namun durian masak pohon akan terasa lebih sedap.

Tak hanya itu saja, tangkai durian juga bisa menunjukkan kualitas daging di dalamnya, lho. Sehingga cara memilih dan membelah durian yang benar sebaiknya pilih tangkai yang tebal serta pendek. Sebab, biasanya daging duriannya tebal dan banyak.

4 dari 7 halaman

4. Perhatikan Duri Durian

Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar © Diadona

Bentuk fisik yang bisa kamu perhatikan berikutnya saat membeli durian ialah durinya. Durian yang manis punya duri pendek dan jarang, sementara kalau duri masih rapat, itu tandanya buah tersebut belum matang.

5 dari 7 halaman

5. Ketuk dan Dengar Bunyi Durian

Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar © Diadona

Mungkin sering kamu pertanyakan, mengapa penjual mengetuk durian dengan pisaunya. Ternyata hal itu dilakukan untuk menguji durian sudah matang atau belum lho, guys. Kalau suaranya terdengar nyaring, jangan mau membelah durian tersebut. Sebab jika durian sudah matang, maka bunyinya akan sedikit teredam.

6 dari 7 halaman

6. Jangan Pilih Durian yang Sudah Terbelah

Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar © Diadona

Ini dia salah satu cara memilih dan membelah durian yang benar adalah kulit durian sudah terbelah atau belum. Meski sudah pasti manis, daging durian tidak akan sesegar yang masih tertutup rapat. Hal ini dikarenakan daging durian sudah terkontaminasi debu atau udara kotor.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membelah Durian

Cara Memilih dan Membelah Durian yang Benar © Diadona

Nah, buat kamu yang membeli durian untuk dibawa pulang, berikut cara membelahnya dengan mudah. Pertama, letakkan durian di lantai. Kemudian, goreskan pisau tajam pada kulit durian dengan mengikuti bagian seratnya.

Gak usah dalam-dalam memotongnya, cukup sekitar 10 inci saja. Setelah itu, tahan duriannya supaya tidak goyang dengan telapak tangan atau dengkul. Saat posisi ini disarankan menggunakan sarung tangan atau celana jins biar tidak terluka, ya.

Setelah kulit durian sudah terbuka, selanjutnya gunakan kedua tanganmu untuk menarik bagian luarnya. Ohiya, pakai pisaumu untuk membuka bagian daging buah yang tersembunyi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan telapak tangan dengan mendorong bagian seratnya ke bawah.

Itu dia cara memilih dan membelah durian yang benar, semoga kamu tidak tertipu pedagang nakal lagi, ya.

Beri Komentar