Fantastis, Sebotol Wiski Tertua di Dunia ini Harganya Capai Rp1,9 Miliar!

Reporter : Kurnia
Rabu, 21 Juli 2021 08:45
Fantastis, Sebotol Wiski Tertua di Dunia ini Harganya Capai Rp1,9 Miliar!
Menengok wiski termahal di dunia yang usianya hampir tiga abad…

Fantastis, sebotol wiski tertua di dunia berhasil terjual dengan harga miliaran rupiah.

Menjadi botol tertua dengan sejarah panjang, sebotol wiski ini berhasil terjual dengan harga yang mencapai enam kali lipat dari harga aslinya loh.

Botol wiski tertua di dunia berhasil terjual dengan harga yang fantastis dengan sistem lelang. Botol ini terjual dengan harga enam kali lipat dari harga asli, yakni sekitar USD 137.000 atau sekitar 1,9 miliar rupiah.

1 dari 5 halaman

Termahal di Dunia

Ilustrasi wiski © Diadona

Botol wiski termahal di dunia ini diyakini telah disuling sejak 250 tahun yang lalu. Dikutip dari India.com pada Rabu, 21 Juli 2021, wiski Old Ingledew ini dibotolkan pada tahun 1860-an.

Dengan harga mencapai USD 137.000 atau setara dengan Rp1,9 miliar, cairan wiski termahal ini diyakini telah disuling satu abad lebih dulu dari proses pembotolannya.

2 dari 5 halaman

Lelang

Dijual melalui lelang yang diselenggarakan oleh rumah lelang Skinner Inc pada bulan Juni 2021 lalu, wiski tertua ini mulanya diperkiran akan terjual sekitar harga USD 20.000 hingga USD 40.000.

Jauh dari perkiraan, botol wiski ini justru laku dengan harga USD 130.000 setelah ditawarkan ke museum lembaga penelitian The Morgan Library, Manhattan yang berakhir pada 30 Juni 2021.

3 dari 5 halaman

Milik JP Morgan

Wiski milik JP Morgan © Diadona

Botol Wiski Old Ingledew ini merupakan milik Jon Pierpoint Morgan, seorang pemodal penting di jaman Perang Dunia II.

Beberapa ahli meyakini jika JP Morgan membeli botol itu sekitar tahun 1900-an dalam perjalanannya menuju Georgia.

Botol itu lalu diteruskan ke putranya, lalu diberikan ke Gubernur Carolina Selatan James Byrnes antara tahun 1942 dan 1944.

Pada bagian belakang label botol itu tertulis " Bourbon ini mungkin dibuat sebelum tahun 1865 dan berada di ruang bawah tanah tuan John Pierpoint Morgan yang tanah miliknya diperoleh setelah kematiannya."

4 dari 5 halaman

Diserahkan Bergilir

Setelah James Byrnes meninggalkan kantornya pada 1955, ia kemudian menyerahkan botol yang belum dibuka itu ke teman dan perwira angkatan laut Inggris Francis Drake.

Selanjutnya, Francis Drake menyimpan botol kecil wiski termahal ini selama tiga generasi karena keluarganya hanya minum Scotch. 

Dua botol saudara perempuan itu diyakini juga telah diserahkan kepada sepupu jauh JP Morgan, yakni mantan presiden Harry Truman dan Franklin Roosevelt dalam waktu yang hampir bersamaan.

5 dari 5 halaman

Hampir Berusia Tiga Abad

Mengingat usianya yang mencapai 250 tahun, wiski dalam botol kecil ini kemungkinan besar tidak dapat dikonsumsi. Pada umumnya wiski bersegel hanya bertahan hingga 10 tahun untuk aman dikonsumsi.

Oleh para ahli, wiski ini ditentukan sebagai Bourbon dengan 53 persen kemungkinan diproduksi antara tahun 1763 dan 1803.

Perkiraan tahun pembuatan wiski itu mengingatkan para ahli dengan sejarah Perang Revolusi pada tahun 1770-an dan Pemberontakan Wiski yang terjadi pada tahun 1790-an.

Beri Komentar