Cara Membuat Kopi Hijau Bubuk Sendiri untuk Diet, Praktis dan Nikmat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 16 Desember 2020 12:56
Cara Membuat Kopi Hijau Bubuk Sendiri untuk Diet, Praktis dan Nikmat
Terlihat mudah,tapi ada beberapa tips yang kudu kamu perhatiann dalam cara membuat kopi hijau biar rasanya lebih nikmat dan punya manfaat yang maksimal untuk tubuh

Cara membuat kopi hijau sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai teknik tergantung pada tujuan dan keberadaan peralatan yang kamu miliki. Bisa dengan cara tradisional atau manual, bisa juga dengan teknik drip, Arab atau French.

Kopi hijau adalah biji dari buah kopi yang belum dipanggang seperti kopi biasa. Sama halnya dengan teh hijau, kopi hijau dikenal karena punya manfaat sebagai penurun berat badan tanpa menekan nafsu makan.

Secara rasa, kopi hijau ini beda dengan kopi panggang yang biasa kita minum. Rasanya jauh lebih lembut, bahkan lebih menyerupai teh hijau ketimbang kopi. Dikutip dari Healthline, profil kimia dari kopi hijau ini juga beda jauh dengan kopi panggang, meskipun asal-usulnya sama.

Dalam kopi hijau terdapat kandungan asam korogenat yang melimpah. Senyawa ini merupakan antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dengan banyak manfaat.

Zat ini dipercaya bisa mengendalikan tekanan darah, membantu pelangsingan dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Setidaknya hal tersebut terbukti pada penelitian yang dilakukan pada tikus. Sayangnya, belum ada bukti pasti yang menunjukkan keefektifannya.

Meski begitu, nggak adal salahnya nih kita tahu dulu gimana cara membuat kopi hijau untuk diet. Karena meskipun fungsinya sebagai penurun berat badan masih belum bisa dibuktikan, setidaknya kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya sangat berguna bagi tubuh.

Kopi hijau di pasaran dapat ditemukan dalam beberapa jenis. Ada yang masih berbentuk biji, bubuk, hingga kapsul. Kalau kamu nggak pengen repot-repot mengolahnya, kamu bisa membelinya dalam bentuk yang sudah siap seduh atau kapsul siap minum.

Tapi kalau kamu ingin tahu gimana cara membuat kopi hijau sendiri, yuk pantengi rangkuman Diadona dari berbagai sumber berikut ini

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau untuk Diet

Cara Membuat Kopi Hijau © Diadona

Kopi hijau memang belum terbukti secara ilmiah dapat digunakan sebagai minuman diet atau penurun berat badan. Namun nggak ada salahnya nih memanfaatkan kandungan asam klorogenatnya sebagai sumber antioksidan dan antiinflamasi untuk tubuh.

Cara membuat kopi hijau untuk diet bisa dilakukan secara tradisional atau manusal. Bisa juga dengan berbagai metode dan teknologi.

Cara membuat kopi hijau secara tradisioanl dilakukan dilakukan dengan manual. Kayak gini nih caranya.

Pertama, siapkan biji kopi hijau yang masih mentah dan kering. Bila diperlukan, dalam cara membuat kopi hijau ini lakukan perendaman biji kopi dalam air semalaman dengan proporsi sekitar 20 biji kopi dengan 300 ml air. Besok paginya, didihkan campuran dengan api besar selama kurang lebih 15 menit. Aduk sesekali sambil mendidih.

Dinginkan sebentar kira-kira 12 menit, trus baru deh keluarkan biji kopi dari campruan tersebut menggunakan penyaring. Tambahkan madu untuk rasa yang makin nikmati. Cara membuat kopi hijau yang sangat sederhana, kan?

Selain cara membuat kopi hijau dengan metode yang manual tersebut, kamu juga bisa nih dengan drip method. Tekniknya mudah dan efisien sehingga banyak yang menerapkannya.

Pertama, kopi hijau bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas corong kopi.

Kemudian tuang air panas di atas kopi.

Selanjutnya rendam menggunakan air panas dengan memanaskan bejana tersebut. Kelar deh, kopi hijau siap disajikan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau Bubuk

Cara Membuat Kopi Hijau © Diadona

Nah kalau kamu ngerasa cara membuat kopi hijau yang barusan Diadona share tersebut kerasa ribet karena harus melakukannya tiap kamu ingin menikmati secangkir kopi, kamu bisa lho membuat sediaannya dalam bentuk bubuk. Layaknya kopi bubuk lainnya, kopi hijau bubuk ini bisa kamu simpan selama beberapa waktu. Asalkan, kamu menyimpannya dengan cara yang tepat.

Dalam cara membuat kopi hijau bubuk, biji kopi kudu digiling terlebih dahulu. Sayangnya nih karena biji kopi ini nggak digoreng, maka biji kopi cenderung lebih keras sehingga kamu membutuhkan penggiling kopi yang kuat juga.

Hal pertama yang dilakukan dalam cara membuat kopi hijau bubuk ini menggiling kopi bubuk. Trus letakkan kopi hijau bubuk tersebut di cangkir, beri air yang sudah dididihkan sampai suhu 90 derajat.

Selanjutnya, racikan ini diaduk trus didiamkan. Ulangi proses pengadukan dan pendiaman tersebut sampai tiga kali. Atau diamkan selama 10 menit trus saring menggunakan saringan halus. Kalau kamu suka, tambahkan dengan madu atau gula sesuai selera.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau Sendiri di Rumah

Cara Membuat Kopi Hijau © Diadona

Cara membuat kopi hijau di atas tersebut mudah banget lho sehingga bisa kamu praktekkan di rumah. Namun ada beberapa hal yang kudu kamu perhatikan nih.

Dikutip dari Royal Coffee, untuk menghasilkan kopi hijau yang kuat maka gunakan perbandingan kopi dan air sebesar 1:4. Merebus biji kopi lebih lama bakalan menghasilkan minuman yang lebih pekat.

Kopi hijau ini paling bak dikonsumsi 24 jam setelah diekstrak, tapi masih bisa disimpan di kulkas selama beberapa hari. Tapi kalau udah ada perubahan warna dan terjadi kekeruhan, sebaiknya segera buang kopi tersebut.

Cara membuat kopi hijau sederhana banget kan? Yuk coba bikin untuk program diet yang kamu.

Beri Komentar